7 Tempat Wisata Populer dan Favorit Di Ubud & Sekitarnya

0

Bali Ubud

merupakan salah satu desa di Bali tepatnya di Kabupaten Gianyar yang terkenal sebagai desa wisata populer di Bali. Ubud ini memiliki pemandangan yang begitu indah dan mempesona, mulai dari pesawahan hingga perbukitan. Wajar saja jika banyak wisatawan yang berkunjung ke Bali selalu menyempatkan diri untuk berkunjung ke Ubud terutama wisatawan asing. Tidak hanya 1 atau 2 tempat wisata di Ubud ini yang menyita perhatian, tetapi banyak sekali. Berikut kami bagikan daftar – daftar objek tempat wisata di Ubud Bali dan Sekitarnya, yang diantaranya :

 

 

1.Bukit Campuhan

wisata ubud bali
Photo By : @adi_kusuma__

 

Bukit campuhuan ubud Bali ini merupakan tempat wisata yang mempunyai keindahan dan pemandangan alam yang sangat eksotis. Bukit campuhan ini menyuguhkan pemandangan yang hijau asri dengan suasana yang sejuk dan juga masih sangat alami. Bukit campuhan juga memiliki lembah dan padang ilalang yang membuat bukit ini semakin indah. Terdapat juga sungai-sungai yang airnya masih sangat jernih. Bukit ini berada diantara dua aliran sungai di Ubud Bali, yaitu sungai Oos dan sungai Cerik. Jika kalian ingin berwisata ke tempat ini kalian hanya perlu datang ke alamat Jalan Bangkiang Sidem, Kelusa, Payangan, Ubud, Kabupaten Gianyar. Tempat wisata ini buka 24 jam dan tidak memungut biaya sepeserpun untuk masuk (Gratis)

 

2. Istana Ubud / Puri Saren Agung

wisata ubud bali
Photo By : @setiawan_awesome

 

Objek tempat wisata di Ubud Bali yang kedua yaitu Istana Ubud/Puri Saren Agung. Istana ubud ini merupakan tempat wisata yang recomended banget karena disini tak hanya menyguhkan pemandangan yang indah saja tetapi kalian juga bisa mengenal sejarah pada saat pemerintahan kerajaan yang berkuasa pada masanya. Istana Ubud ini memiliki bangunan yang megah dan juga bersih. Ketika kalian memasuki gapura paduraksa Istana tempat wisata Ubud ini, kalian akan disuguhkan dengan kemegahan dinding tembok bangunan yang terbuat dari batu bata merah setebal 1 meter.

 

Selain itu, terdapat juga berbagai ornamen yang menghiasi dinding puri seperti berbagai ukiran dan berbagai relief. Istana ubud ini memiliki bebrapa pintu masuk yang diapit oleh patung-patung yang kokoh dan berdiri tegak. Selain itu, cat yang digunakan istana ini sangatlah indah apalagi di iringi dengan adanya ukiran tradisional yang tepat berada di atasnya.

 

Disini kalian bisa menikmati indahnya pemandangan sembari bersantai di bale-bale. Berbgai pemandangan akan memanjakan mata dan akan membuat kalian terkagum-kagum. Tak hanya menikmati pemandangan istana saja, tetapi kalian juga bisa menikmati dan menyaksikan langsung pamentasan seni tari yang dilaksanakan bergantian. Seni tari ini di pentaskan mulai pukul 19.30 WITA. Setiap hari pamentasan seni tari ini tidak hanya itu saja, tetapi ada pamentasan yang lain seperti tari Legong Mahabarata yang di pentaskan hari minggu, Hari Senin tari Legong, Hari Selasa Tarian Ramayana Ballet, Rabu tari Legong dan Barong, Kamis tari Legong, Jumat tari Barong dan Keris lalu Sabtu tarian Legong. Jika kalian ingin berwisata ke Istana Ubud ini kalian hanya perlu datang ke Jalan Raya Ubud, No 8, Ubud, Gianyar Bali. Tempat wisata ini buka dari jam 08.00-19.00.

 

BACA JUGA : 8 Tempat Wisata Terbaik di Gianyar Bali

 

3. Monkey Forest Ubud

wisata ubud bali
Photo By : @anchiiick

 

Objek tempat wisata ke tiga di ubud Bali yang berasa di Luar Negeri yaitu Monkey Forest Ubud. monkey forest ubud ini merupakan hutan habitat monyet yang dihuni oleh 340 ekor monyet. Monyet yang tinggal di hutan ini merupakan monyet ekor panjang yang mempunyai nama latin Macaca fascicularis.monyet-monyet ini tinggal secara berkelompok, terdapat 4 kelompok monyet di hutan ini.

 

Meskipun di hutan ini banyak monyet, namun hutan ini selalu ramai oleh para wisatawan. Hutan ini tak hanya memiliki monyet, tetapi hutan ini juga menjadi rumah untuk 115 spesies pohon. Selain itu, hutan ini memiliki terdapat pura yang disebut dengan nama Candi Pura Dalem Agung Padangtegal atau disebut juga Sacred Monkey Forest Sanctuary. Disini juga sering dilakukan upacara yang disebut Tumpek Kandang yaitu upacara untuk penghormatan kepada para hewan.

 

Jika kalian berwisata ketempat ini, kalian harus mematuhi beberapa aturan yang sudah dibuat yaitu taruhlah barang-barang berharga kalian di dalam tas seperti anting, hp, kacamata dan yang lainya. Selain itu, jika kalian sedang berswa foto maka pegang eratlah kamera kalian. Aturan itu dibuat untuk keamanan kalian sendiri, karena jika barang-barang berharga tidak disimpan didalam tas maka kera-kera yang ada di hutan tersebut akan mengambilya. Tempat wisata ini berada di Jl. Monkey Forest, Ubud, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Buka dari jam 08.30-17.30. Tiket masuk Monkey Forest ini hanya Rp.40.000.

 

BACA JUGA : 5 Tempat Nongkrong di Ubud Yang Populer

 

4. Hidden Canyon Guwang Beji

wisata ubud bali
Photo By : @ndo_ajja

 

Tempat wisata ke empat di ubud yang berasa di Luar Negeri yaitu Hidden Canyon Guwang Beji. Hidden Canyon Guwang Beji merupakan air terjun yang memiliki pemandangan yang sangat indah dan menyejukan. Tempat wisata yang satu ini merupakan tempat wisata yang terbilang masih tersembunyi sehingga warga setempat menyakralkan dan menjaga kesucian tempat tersebut. Hidden canyon ini terbentuk dari kikisan air sungai, berupa lembah yang dalam dan sempit. Meskipun terbentuk dari kikisan air sungai namun keindahan hidden canyon ini tak terkalahkan dari tempat wisata lain.

 

Hidden canyon ini sering di manfaatkan oleh warga sekitar sebagai tempat memancing. Hidden canyon ini juga memiliki pura beji yang terdapat pancuran air kemudian air tersebut di manfaatkan warga untuk minum. Selain itu, hidden canyon ini sangat sakral sehingga tak boleh sembarangan memasukinya. Air di hidden canyon ini merupakan air suci yang sering juga digunakan untuk upacara keagamaan pura-pura di sekitarnya.

 

Meskipun tempat ini merupakan tempat sakral, namun kalian tetap bisa menikmati keindahanya. Tapi, kalian harus tetap menjaga sikap. Hidden canyon ini menyuguhkan suasana sejuk, alami, pwpohonan hijau dan suasana yang masih asri. Sehingga jika kalian berwisata kesini kalian akan merasa betah dan enggan pulang.
Hidden Canyon Guwang Beji ini teletak di Jalan Sahadewa, Banjar Wangbung, Guwang, Sukawati, Guwang, Kec. Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali. Buka dari jam 08.00-17.30. Tiket masuk hanya Rp.15.000.

 

5. Air Terjun Kanto Lampo

Photo By : @novian_altelucav

 

Tempat wisata ubud selanjutnya yang keindahan serasa di luar negeri yaitu Air Terjun Kato Lampo. Air terjun ini merupakan air terjun terindah yang ada di ubud. Pemandanganya yang indah dan keberadaanya yang dekat dengan pemukiman warga menjadikan air terjun ini ramai oleh para pengunjung baiki itu dari dalam maupun luar daerah. Air tejun kanto lampo ini menyuguhkan panorama yang sangat indah dan kesejukan yang masih sangat alami. Di sekeliling kebun banyak pepohonan hijau yang membuat air terjun ini semakin mempesona. Disini kalian dapat menikmati segarnya air terjun dan indahnya pemandangan.

 

Air terjun ini juga terbilang unik, karena batu-batu nya menyusun dengan rapih dan indah. Air trjun ini memiliki ketinggian 15 meter dan Debit air yang mengalir di air terjun ini terbilang deras. Dan jika di perhatikan, air terjun ini memiliki tebing yang agak miring sehingga air yang mengalir tidak serta merta mengalir ke datar sungai. Air terjun ini terletak di Banjar Kelod Kangin, Desa Beng, Kecamatan Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali. Jika kalian ingin memasuki tempat wisata air terjun ini kalian cukup membayar tiket masuk sebesar Rp.5000,- Air terjun ini buka 24 jam.

 

BACA JUGA : 9 Hotel Di Bali Murah Yang Cocok Untuk Bulan Madu

 

6. Goa Gajah

wisata ubud bali
Photo By : @andurriante

 

Tempat wisata ubud selanjutnya yang menyuguhkan pemandangan serasa di luar negeri yaitu Goa Gajah. Goa gajah ini merupakan sebuah situs candi kuno yang berfungsi sebagai tempat suci umat hindu budha. Goa gajah ini memiliki keindahan dan keuinikan yang tak di miliki oleh candi pada umumnya, jika pada umumnya candi menjulang tinggi keatas namun berbeda dengan candi yang satu ini, candi ini malah dibuat masuk ke dalam tebing. Dengan keunikanya ini, UNESCO pun memasukan goa ini ke dalam daftar tentatif sebagai situs warisan dunia yang harus di lindungi.

 

Banyak pengunjung yang berdatangan setiap harinya ke Goa gajah ini, tidak hanya dari dalam kota tetapi dari luar kota juga bahkan luar daerah. Keunikan goa ini menjadikan goa ini sebagai tempat wisata yang paling banyak di kunjungi di kota ubud. Tak hanya keunikanya, yang menjadikan goa ini selalu banyak pengunjungnya yaitu karena bentuk arsitekturnya yang sangat unik. Goa ini memiliki dua area utama yang terletak di sebelah utara. Kalian dapat menyusuri kompleks pura yang menyuguhkan suasana indah.

 

Di area sebelah utara merupakan lokasi keberadaan warisan ajaran siswa dan menjadi tempat peribadahan umat hindu yang ada di pulau bali. Di area ini terdapat patung Ganesha dan Trilingga. Goa gajah ini terletak di Desa Bedulu, kecamatan Blahbatuh kabupaten Gianyar, Bali. Buka 24 jam. Jika kalian ingin masuk ke Goa gajah ini kalian hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp.30.000-,

 

BACA JUGA : Review, Lokasi, Dan Harga Tiket Masuk Bali Bird Park

 

7. Air Terjun Tegenungan

Photo By : @ray_hands

 

Tempat wisata terakhir di Ubud Bali yang menyuguhkan pemandangan indah yaitu Air Terjun Tegenungan. Air terjun ini merupakan air terjun yang pemandanganya sangat eksotis. Air terjun ini memiliki suasana yang sejuk, asri, pepohonan rindang hijau dan bahkan suasana yang masih sangat alami. Air yang terdapat di air terjun ini sangat jernih dan bening sehingga jika kalian melihatnya kalian akan merasakan kesejukan yang mendalam. Air terjun tegenungan ini memiliki ketinggian sekitar 15 meter dan memiliki debit air yang sangat deras. Air terjun ini di aliri air dari sungai Tukad Petanu.

 

Jika kalian ingin mengunjungi tempat wisata air terjun ini kalian harus turun ke bawah dan melewati anak tangga yang meliuk-liuk. Disini kalian bisa berswa foto dengan spot-spot yang di sediakan di sepanjang perajalanan ketika menuruni anak tangga ini. Banyak spot foto yang bisa kalian nikmati seperti akar berbentuk love dan sangar burung. Dari ketinggian anak tangga ini juga kalian bisa menikmati indahnya air terjun yang mengalir dengan deras.

 

Jika kalian ingin berwisata kesini, kalian datang saja ke Jl. Ir. Sutami, Kemenuh, Kec. Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali. Kalian hanya perlu membayar tiket sebesar Rp.15.000. Jam Buka air terjun ini buka mulai jam 06.30-18.30.

 

 

Nah itulah beberapa tempat wisata di Kota Ubud yang menyuguhkan pemandangan indah seperti di Luar Negeri. Jika kalian sedang berada di kota Ubud, tak ada salahnya jika kalian berkunjung ke salah satu tempat wisata tersebut.

 

Selamat berwisata 🙂
Comments