7 Tempat Wisata di Dieng Yang Wajib Untuk Dikunjungi

0

Dieng

merupakan sebuah desa di kecamatan kejajar, Kabupaten Wonosobo, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Dataran Tinggi Dieng adalah kawasan vulkanik aktif di Jawa Tengah, yang masuk wilayah Kabupaten Banjarnegara dan Kabupaten Wonosobo. Dieng ini merupakan tempat untuk menikmati keindahan alam dataran ketinggian. Kawasan ini memiliki puncak dan kepundan kawah yang sangat menarik untuk dikunjungi. Selain wisata alam, beberapa tempat di Dieng juga sarat akan kisah sejarah dan budaya. Dieng banyak memiliki kawasan wisata yang sudah sangat terkenal. Berikut akan kami ulas beberapa Objek tempat wisata di Dieng Wonosobo Jawa Tengah yang menyuguhkan pemandangan indah. Berikut diantaranya :

 

 

1. Sumur Jalatunda

Photo By : @elzfajar

 

Sumur Jalatunda merupakan destinasi wisata yang menyuguhkan pemandangan alam yang memukau. Wilayahnya masih asri, penuh pepohonan hijau. Danau Jalatunda ini lebih seperti rawa atau kolam besar alami dalam sekali dengan genangan air berwarna hijau pekat. Di sekitar tempat wisata ini kamu juga akan di suguhkan oleh indahnya keeksotisan alam yang terdiri dari barisan bukit-bukit hijau, ladang-ladang tanaman kentang subuh, serta beragam jenis tanaman liar.

 

Disini kamu akan merasakan suasana yang sangat sejuk khas pedesaan yang mampu membuat kamu akan merasakan sensasi yang menakjubkan serta akan betah berlama-lama di sana. Untuk lokasinya, tempat wisata yang satu ini terletak di Sidomulyo, Pekasiran, Batur, Banjarnegara, Jawa Tengah. Adapun untuk harga tiket masuknya, teman – teman hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp.5000.

 

2. Kawah Sileri

Photo By : @qyu.kikiyo

 

Objek tempat wisata di Dieng Wonosobo Jawa Tengah yang selanjutnya adalah Kawah Sileri. Kawah Sileri merupakan kawah terluas di Dieng. Kawah Sileri ini selalu di kunjungi oleh para wisatawan. Disini kamu akan di suguhkan oleh pemandangan alam yang menakjubkan. Kawah ini di kelilingi oleh Bukit Bima Sakti, Bukit Semancar, Bukit Gajah Mungkur, dan Bukit Penglimuran. Kawah ini memiliki air yang berwarna keruh seperti air bekas pencucian beras.  Di kawasan ini kamu bisa berfoto dengan background yang sangat bagus. Untuk lokasinya, tempat wisata yang satu ini terletak di Desa Kepakisan, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.

 

BACA JUGA : 5 Wisata Kuliner Khas Banjarnegara yang Lezat

 

3. Telaga Merdada

wisata dieng wonosobo jawa tengah
Photo By : @evvaant

 

Objek tempat wisata di Dieng Wonosobo Jawa Tengah yang selanjutnya adalah Telaga Merdada. Telaga Medarda merupakan danau terluas yang ada di Dataran Tinggi Dieng. Telaga Merdada namanya. Walau merupakan telaga terluas, telaga ini tidak memiliki sumber mata air. Seluruh air yang menggenangi telaga ini merupakan tampungan air hujan. Luas telaga ini sekitar 25 hektare. Telaga ini di kelilingi oleh dua bukit yaitu bukit pangonan dan bukit semurup. Bukit semurup, dulunya bernama Summer Up karena tanahnya berwarna merah dan kerap terjadi kebakaran.

 

Luasnya telaga ini menjadi alasan diberikan nama “merdada”. “Merdada” merujuk pada “dada”, yang mengandung makna lapang atau luas. Untuk lokasinya, tempat wisata yang satu ini terletak di Pauan, Karangtengah, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. Adapun untuk harga tiket masuk nya yaitu Rp.5.000.

 

BACA JUGA : 8 Tempat Wisata Yang Menarik di Wonosobo

 

4. Kompleks Candi Arjuna

Photo By : @febryanti6296

 

Objek tempat wisata di Dieng Wonosobo Jawa Tengah yang selanjutnya adalah Kompleks Candi Arjuna. Candi Arjuna ini berada di atas ketinggian 2093 mdpl yang mana sering disebut juga sebagai Candi tertinggi di Indonesia.Berbicara mengenai Candi Arjuna Dieng , Komplek candi ini pertama kali ditemukan pada tahun 1814 oleh seorang tentara Belanda yang bernama Thedorf van Elf. Candi Arjuna ini merupakan candi tertua dan candi utama, terdapat empat candi lain, Candi Semar, Candi Srikandi, Candi Puntadewa, dan Candi Sembadra.

 

Candi Arjuna ini masih sangat kental dengan gaya-gaya candi di India. Candi Arjuna, Candi Puntadewa, dan Candi Sembadra dibangun untuk menyembah Dewa Siwa, sedangkan Candi Srikandi dibangun untuk menyembah trimurti Siwa, Brahma, dan Wisnu. Untuk lokasinya, tempat wisata yang satu ini terletak di Karangsari, Dieng Kulon, Batur, Banjarnegara, Jawa tengah. Adapun untuk harga tiket masuknya yaitu hanya Rp.10.000.

 

5. Bukit Sikunir Golden Sunrise

wisata dieng wonosobo jawa tengah
Photo By : @wildaaaae

 

Bukit Sikunir Golden Sunrise merupakan destinasi wisata yang selalu ramai oleh para wisatawan baik itu wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara. Bukit ini sudah sangat terkenal dengan golden sunrisenya. Bukit Sikunir merupakan salah satu spot terbaik untuk menyaksikan terbitnya mentari di ufuk timur. Ada 2 tempat yang bisa digunakan untuk menyaksikan sunrise dari Sikunir. Yang pertama berjarak sekitar 20 menit dari Telaga Cebong jika berjalan pelan. Pemberhentian ini dilengkapi dengan gazebo dan kursi dari batang-batang pohon yang bisa digunakan untuk duduk. Biasanya, wisatawan yang tak sanggup untuk naik ke puncak memilih menyaksikan sunrise dari tempat ini.  Gunung sikunir mempunyai ketinggian 2463 mdpl.

 

BACA JUGA : 7 Tempat Wisata Yang Begitu Menarik di Banjarnegara

 

6. Gardu Pemandangan

wisata dieng wonosobo jawa tengah
Photo By : @naufalindotransjaya.com_

 

Objek tempat wisata di Dieng Wonosobo Jawa Tengah yang selanjutnya adalah Gardu Pemandangan. Gardu pemandangan Dieng merupakan area favorit bagi para wisatawan. Disini kamu bisa beristirahat sambil menikmati indahnya pemandangan yang menawan dan mempesona. Terletak pada ketinggian 1789 Mdpl, lokasi ini merupakan lokasi yang paling tepat untuk menyaksikan terbitnya matahari dan menjadi lokasi alternatif bagi yang ingin melihat golden sunrise tapi tidak sempat naik ke bukit Sikunir. Hampir setiap pagi sehabis subuh sudah ada orang yang berada dilokasi ini untuk menikmati keindahan terbitnya matahari tanpa penghalang apapun. Ketika kamu berada di atas gardu kamu akan di suguhkan dengan pemandangan yang sangat menakjubkan. Untuk lokasinya, tempat yang satu ini terletak di Siderejo, Tieng, Kejajar, Wonosobo, Jawa tengah. Adapun untuk harga tiket masuk nya yaitu hanya Rp.8.000 saja per orangnya.

 

BACA JUGA : Review, Lokasi, Dan Harga Tiket Masuk Candi Cetho

 

7. Telaga Warna Dieng

wisata dieng wonosobo jawa tengah
Photo By : @atinahusnul

 

Yang terakhir yaitu Telaga Warna Dieng. Telaga warna Dieng merupakan telaga yang tak kalah indahnya oleh telaga-telaga lain. Telaga yang berada di atas ketinggian 2000 MDPL ini memiliki keunikan dan kecantikan tersendiri. Keunikan telaga Warna Dieng ini adalah terletak pada warna air yang sering berubah ubah, kadang berwarna merah, hijau, biru, putih, dan lembayung. Fenomena alam yang unik di Telaga Warna Dieng ini kaena di telaga ini mengandung sulfur yang cukup tinggi. Sulfur ini apabila terkena cahaya matahari maka akan menimbulkan warna yang lain.

 

Telaga warna juga merupakan telaga terluas yang ada di dataran tinggi diantara telaga telaga yang lain seperti telaga pengilon, telaga merdada dan masih banyak lagi. Telaga warna sendiri mempunyai luas kira 3 kali lapangan sepak bola.  Telaga tersebut juga dikelilingi oleh bukit bukit yang indah yang cocok sebagai tempat untuk refreshing. Jika kamu ingin mendapat sensai keindahan yang lebih, kamu bisa menaiki salah satu bukit yang ada di telaga warana.  Untuk lokasinya, telaga yang satu ini terletak di Kalilembu, Dieng, Kejajar, Wonosobo, Jawa tengah. Adapun untuk harga tiket masuk nya yaitu hanya Rp.7.000 saja per orangnya.

 

 

Demikian itulah informasi mengenai objek tempat wisata yang ada di Dieng. Jika ada kekurangan, teman – teman dapat menambahkannya di kolom komentar.

 

Semoga artikel ini dapat bermanfaat.
Comments