Review, Lokasi, Dan Harga Tiket Taman Sriwedari Solo

0

Solo

atau juga Surakarta merupakan salah satu Kota di Provinsi Jawa Tengah. Indonesia memiliki banyak sekali potensi wisata yang begitu menarik di tiap daerahnya tak terkecuali di Solo ini. Teman – teman kala berkunjung ke tempat yang dikenal sebagai Kota Budaya ini, akan menemukan banyak sekali destinasi wisata yang begitu menarik, salah satunya yaitu Taman Sriwedari. Berikut ini kami akan bagikan informasinya, mulai dari lokasi, daya tarik hingga harga tiket masuk ke objek tempat wisata Taman Sriwedari Solo ini.

 

 

Mengenal Taman Sriwedari Solo

taman sriwedari
Photo By : @fheyra

 

Taman sriwedari merupakan taman hiburan rakyat yang cukup menarik di kota Solo ini. Objek tempat wisata yang satu ini menjadi tempat diselenggarakannya tradisi hiburan Malam Selikuran. Taman ini telah ada sejak puluhan tahun yang lalu. Tak lengkap rasanya jika kamu liburan ke Solo tanpa memasuki kawasan taman sriwedari ini. Disini kamu akan mengenal kebudayaan solo dari dekat dan secara langsung. Selain itu, kamu disini bisa menghabiskan waktu bersama keluarga untuk nongkrong maupun menikmati fasilitas serta berbagai pertunjukanya.

 

BACA JUGA : 8 Tempat Wisata Kuliner di Solo Yang Murah dan Populer

 

Daya Tarik Taman Sriwedari Solo

taman sriwedari
Photo By : @antonisapulete

 

Taman Sriwedari ini memiliki beberapa daya tarik yang selalu membuat pengunjung berdatangan. Daya tarik tersebut antara lain :

 

‌1. Telah Ada Sejak Lama

 

Taman Sriwedari sudah dibangun dari era Sultan Pakubuwono X pada tanggal 1 Januari 1902. Pada awalnya, taman ini dibangun sebagai tempat rekreasi dan hiburan para keluarga kerajaan. Konsep pembangunannya pun tak sembarangan karena terinspirasi dari kisah adanya taman surga, itulah mengapa disebut sebagai Taman Sriwedari. Objek tempat wisata yang satu ini mengalami berbagai perombakan atau renovasi. Fungsinya pun beralih dari tempat rekreasi dan peristirahatan keluarga kerajaan menjadi pusat hiburan masyarakat Solo dan sekitarnya. Kemudian di dalamnya juga dilengkapi berbagai fasilitas dan wahana yang menunjang. Masyarakat dapat dengan leluasa menikmatinya.

 

‌2. Gedung Wayang Orang (GWO)

 

Gedung Wayang Orang merupakan tempat melakukan pertunjukan wayang orang yang berada di dalam kompleks Taman Sriwedari. Biasanya cerita pertunjukan diambil dari kisah Ramayanan dan Mahabarata.
Namun, moment atau event pertunjukan juga sering di kolaborasikan dengan banyak seniman atau komunitas wayang seperti RRI Surakarta bahkan sampai luar kota seperti Semarang, Jakarta dan Surabaya.

 

GWO ini memiliki ornamen unik yang menjadikan GWO ini semakin cantik yaitu berupa Lukisan besar yang di letakan di atas dinding seLukah kanan dan kiri atas. Lukisan tersebut menhisahkan tentang Dewaruci. Tokoh tersebut masih berkaitan dengan salah satu Pandawa Lima, yakni Werkudara. Sementara di sisi kiri dinding gedung terdapat lukisan yang menggambarkan tokoh Kresno Duto dari kisah Mahabarata. GWO ini juga bisa di pergunakan untuk pentas seni anak-anak sekolah.

 

‌3. Malam Selikuran

 

Malam Selikuran merupakan kegiatan keagamaan yang rutin di lakukan setiap bulan Ramadhan, yaitu pada malam ke 21. Malam Selikuran ini merupakan bagian dari tradisi Keraton Kasunanan dan warga Surakarta guna menyambut Lailatul Qadr.  Acara tersebut dimulai dengan kirab 1000 tumpeng yang dimulai dari Keraton menuju Taman Sriwedari. Setelah itu diakhiri dengan doa bersama.

 

‌4. Wahana Bermain

wisata solo
Photo By : @nikokeren

 

Objek tempat wisata yang satu ini memiliki banyak wahana bermain baik itu untuk anak maupun dewasa. Disini kamu bisa mencoba wahana yang tersedia dengan sangat menyenangkan. Kamu bosa mencoba wahana permainan, ketangakasan, dan kuliner. Ada juga wahana air yang di sediakan untuk anak-anak.

 

BACA JUGA : Review, Lokasi, Dan Harga Tiket Taman Balekambang Solo

 

Lokasi

taman sriwedari
Photo By : @hendro_yoewono

 

Nah bagi teman – teman yang tertarik untuk berkunjung ke objek tempat wisata yang satu ini, teman – teman dapat menemukan lokasinya yang terletak di Jalan Brigjend Slamet Riyadi No. 275, Kecamatan Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

 

BACA JUGA : Liburan Bersama Keluarga Di Taman Satwa Taru Jurug

 

Harga Tiket Masuk Taman Sriwedari Solo

wisata solo
Photo By : @chand_kelvin

 

Untuk memasuki kawasan objek tempat wisata yang satu ini kamu hanya perlu membayar tiker sebesar 7.000 rupiah saja. Dan jika kamu ingin menyaksikan pertunjukan di dalam GWO kamu juga perlu membayar tiket masuk GWO sebesar 3.000 rupiah.

 

BACA JUGA : Menikmati Pesona Pemandangan Indah di Puncak Merbabu

 

Jam Operasional

wisata solo
Photo By : @deekaapriyanti

 

Objek wisata di Solo ini buka setiap hari dari pukul 10 pagi sampai 10 malam. Dan jika kamu ingin menonton pertunjukan di GWO, jam bukanya dari pukul 8 – 11 malam saja dan khusus hari minggu tutup.

 

 

Demikian itulah informasi mengenai objek tempat wisata Taman Sriwedari Solo. Jika ada kekurangan, teman – teman dapat menambahkannya di kolom komentar.

 

Semoga bermanfaat
Comments
Loading...