Review, Lokasi, Dan Harga Tiket Masuk Candi Sewu Jogja

0

Yogyakarta

merupakan salah satu kota wisata yang bersejarah. Di Yogyakarta terdapat berbagai macam objek wisata diantaranya yaitu candi, museum, dan lain sebagainya. Salah satu objek tempat wisata candi yang sangat tepat dikunjungi bagi penikmat senja di Jogja yaitu Candi Sewu yang berada di Kalasan, Sleman. Pemandangan yang di suguhkan oleh Candi ini sangat menawan hati. Berikut akan kami ulas mengenai objek tempat wisata Candi Sewu Jogja ini, mulai dari lokasi hingga harga tiket.

 

 

Mengenal Candi Sewu Jogja

candi sewu
Photo By : @shalsanabillaa

 

Candi Sewu merupakan destinasi wisata yang sering banyak di kunjungi oleh para wisatawan baik itu wisatawan dari dalam negeri maupun luar negeri. Candi Sewu merupakan kumpulan candi Buddha terbesar di kawasan sekitar Candi Prambanan. Kompleks candi ini memiliki bentang ukuran utara-selatan 185 meter dan timur-barat 165 meter.  Pintu masuk utama ke Candi ini terletak di sebelah timur. Namun, pintu masuk ke candi ini terletak di semua sudut mata angin. Candi sewu terdiri dari 249 bangunan candi, yang disusun membentuk mandala wajradhatu, perwujudan alam semesta dalam kosmologi Buddha Mahayana.

 

Pada setiap penjuru mata angin terdapat masing-masing sepasang candi penjuru yang saling berhadapan. Candi Sewu bagian utama ini di kelilingi oleh candi-candi kecil, namun saat ini sudah tak utuh lagi.
Candi utama dari candi Sewu ini memiliki denah poligon bersudut 20 yang menyerupai tanda silang yang berdiameter 29 meter dan tinggi bangunan mencapai 30 meter. Pada tiap penjuru mata angin terdapat struktur bangunan yang menjorok ke luar, masing-masing dengan tangga dan ruangan tersendiri dan dimahkotai susunan stupa.

 

Bangunan candi Sewu ini terbuat dari batu andesit. Ruangan utama di tengah lebih besar dengan atap yang lebih tinggi, dan dapat dimasuki melalui ruang timur.  Nama asli candi ini adalah ”Prasada Vajrasana Manjusrigrha”. Istilah Prasadabermakna candi atau kuil. Sementara Vajrajasana bermakna tempat Wajra (intan atau halilintar) bertakhta, sedangkan Manjusri-grha bermakna Rumah Manjusri. Manjusri adalah salah satu Boddhisatwa dalam ajaran buddha.  Posisi Candi Sewu yang bercorak buddha berdampingan dengan candi Prambanan yang bercorak hindu. Kedekatan kedua bangunan keagamaan ini menunjukkan zaman itu di Jawa umat Hindu dan Buddha hidup berdampingan secara harmonis dan saling menghargai.

 

BACA JUGA : Candi Prambanan – Review, Lokasi, Dan Harga Tiket Masuk

 

Daya Tarik Candi Sewu Jogja

candi sewu
Photo By : @liza_angow

 

Candi Sewu memiliki banyak keistimewaan, baik dalam segi arsitektur bangunan maupun nilai seni dan budaya yang terkandung di dalamnya. Semua keistimewaan yang dimiliki oleh Candi Sewu menjadi potensi pariwisata yang baik dalam meningkatkan kunjungan wisata. Dan berikut ada beberapa daya tarik yang di miliki oleh Candi Sewu.

 

– Audio Visual

 

Candi Sewu memiliki studio audio visual yang bertujuan agar para wisatawan yang berkunjung mengerti sejarah dari candi-candi yang ada di Jawa Tengah dan dijelaskan juga bagaimana awal mulanya candi bisa ditemukan hingga di pugarkan. Banyak potensi-potensi wisata yang ada pada Candi Sewu yang membuat meningkatnya kunjungan wisatawan lokal maupun asing.

 

– Nilai Sejarah dan Budaya

 

Didalam potensi Candi Sewu terdapat nilai-nilai berupa sejarah dan budaya. Nilai sejarah dan budaya pada Candi Sewu terdiri dari pengetahuan sejarah perjalanan agama Budha, serta jenis arsitektur dan karakter/identitas dari budaya awal di pulau jawa.

 

– Simulasi Pemugaran Candi

 

Candi Sewu juga memiliki simulasi pemugaran candi yang bertujuan agar pengunjung mengerti bagaimana cara pemugaran dan pelestarian candi, mulai dari penemuan, pemugaran dan pelestarian. Itu semua akan menambah pengetahuan dan wawasan pengunjung, aktivitas dan kegiatan pengunjung juga menjadi lebih menarik.

 

BACA JUGA : Review, Lokasi, Dan Tiket Masuk Candi Ratu Boko Jogja

 

Aktifitas Menarik di Candi Sewu Jogja

candi sewu
Photo By : @ridwan_arfani

 

Jika kamu beibur ke Candi Sewu ini, kamu tak hanya menikmati keindahannya saja. Kamu juga bisa melakukan aktifitas lain dengan sangat ceria. Aktifitas tersebut diantaranya :

 

– Menikmati Sunrise Dan Sunset

wisata jogja
Photo By : @agoes_hm

 

Moment yang paling banyak di tunggu-tunggu dan di nikmati keindahannya oleh banyak orang yaitu keindahan Sunrise dan Sunset. Di candi ini kamu akan menikmati pemandangan sunrise ataupun sunset dengan sangat sempurna. Pemandangan alam nya sangat memanjakan mata. Dan bagi kamu yang suka berfoto dengan background yang Instagramable maka moment inilah yang paling cocok dan paling ok.

 

-Berburu Foto Cantik

wisata jogja
Photo By : @roh_kyt

 

Di kawasan candi ini kamu akan menemukan banyak spot foto yang sangat indah dan menakjubkan. Mulai dari pepohonan yang berjajar rapi membetuk garis, bagian candi, Langit, dan masih banyak lagi.

 

– Bersepeda

Photo By : @wh.nugroho

 

Selain menikmati keindahan pemandangannya yang sangat cantik dengan berjalan kaki, kamu juga bisa berkeliling kawasan candi dengan bersepeda. Disini telah di sediakan jasa sewa sepeda bagi kamu yang ingin mencobanya.

 

– Belajar Sejarah Dan Budaya

Photo By : @meisia_lg

 

Di sini kamu juga bisa belajar sejarah dan budaya tentang candi Sewu. Berbagai relief di badan candi ini memiliki informasi terpendam mengenai kejadian kejadian di masa lalu. Baik itu kejadian sejarah sosial, maupun sejarah pandangan hidup. Relief candi sewu sebagian besar berkisah mengenai simbol agama budha.

 

– Menonton Sendratari Ramayana Prambanan

 

Di kawasan kompleks Taman Wisata Candi Prambanan ini selalu di adakan pagelaran Sendratari Ramayana yang di gelar pada hari Kamis, dan Jumat. Pertunjukan ini memadukan seni tari, drama, dan musik jawa dan tanpa dialog. Jika kamu ingin menyaksikan pertunjukan nya, tentunya kamu harus membayar tiket untuk masuk ke pagelaran ini ya. Pagelaran kolosal nan indah ini dimulai pada pukul 19.30 – 21.30 WIB. Saat cuaca cerah di musim kemarau pertunjukan dilangsungkan di open theater. Namun pada musim penghujan pertunjukan dilaksanakan di Gedung Trimurti.

 

– Mengunjungi Museum Candi Sewu

 

Belum lengkap rasanya jika kamu berlibur ke candi Sewu tanpa mengunjungi Museum Candi Sewu ini. Museum ini berada di utara Kompleks Candi Sewu. Museum dilengkapi dengan ruang audio visual. Melalui pemnutaran film, kamu bisa menggali pengetahuan tentang candi-candi yang terletak di kawasan lereng selatan Merapi.
Pada salah satau display, Museum Candi Sewu bercerita tentang proses pemugaran candi. Sampai sampai saat ini upaya pemugaran telah berhasil memugar satu candi induk, Candi Apit dan beberapa Candi perwara.

 

BACA JUGA : Review, Lokasi, Dan Harga Tiket Upside Down World Jogja

 

Lokasi

wisata jogja
Photo By : @lenyykumala

 

Bagi kamu yang ingin mengunjungi kawasan objek tempat wisata Candi Sewu Jogja ini tentunya kamu harus mengetahui alamat nya terlebih dahulu. Candi Sewu ini terletak di komplek Candi Prambanan Yogyakarta. Tepatnya di Jl. Raya Solo KM. 16 Klurakbaru, Tlogo, Kalasan Sleman.

 

BACA JUGA : review-candi-ijo-yogyakarta

 

Harga Tiket Masuk Candi Sewu Jogja

wisata jogja
Photo By : @jenya.hasibuan

 

Bagi kalian yang ingin memasuki kawasan Objek tempat wisata di Jogja yang satu ini kamu hanya perlu membayar tiket sebesar Rp.40.000 untuk dewasa dan Rp.20.000 untuk anak-anak.  Tiket tersebut sudah termasuk dengan tiket masuk ke Candi Prambanan.

 

Jam operasional Candi Sewu Jogja

Jam buka Candi Sewu dibuka dari pagi hari jam 06.00 dan akan ditutp sore hari jam 17.00.

 

 

Demikian itulah informasi mengenai objek tempat wisata Candi Sewu. Jika ada kekurangan, teman – teman dapat menambahkannya di kolom komentar.

 

Semoga artikel ini dapat bermanfaat
Comments