Review, Lokasi, Dan Tiket Masuk Candi Mendut Magelang

0

Magelang

merupakan salah satu Kabupaten di Provinsi Jawa Tengah yang mana berbatasan dengan Jogja. Magelang ini terkenal akan objek wisata candinya yaitu Candi Borobudur. Tapi selain itu, ada lagi objek tempat wisata di Magelang yang berupa candi yang menarik untuk di kunjungi yaitu Candi Mendut. Berikut ini kami akan membagikan informasinya, mulai dari fasilitas, lokasi, hingga harga tiket masuk ke objek tempat wisata Candi Mendut Magelang ini.

 

 

Mengenal Candi Mendut Magelang

candi mendut
Photo By : @vauzi86

 

Candi Mendut merupakan peninggalan jaman dulu yang sampai saat ini masih berdiri kokoh walaupun, pernah mengalami berbagai macam renovasi.  Candi ini usianya lebih tua dibandingkan dengan candi bororbudur.  Candi Mendut berbentuk persegi dengan tinggi keseluruhan mencapai 26,4 meter. Bagian tubuh candi berdiri di atas batu dengan tinggi 2 meter. Terdapat kurang lebih 31 panel yang menampilkan relief berbentuk makhluk-makhluk kahyangan.

 

Dinding candi juga dipenuhi degan relief Boddhisattva. Di bagian dalam candi induk terdapat arca Buddha yang berukuran besar. Jumlahnya ada tiga buah. Arca pertama adalah Bodhisattva Vajravani dengan posisi mudra, Budha Sakyamuni dengan posisi duduk bersila dan tangan memutar roda dharma dan Bodhisattva Avalokitesvara yang memegang bunga teratai di atas tanganya.

 

Di halaman candi, ada pohon Bodhi besar tumbuh dengan gagahnya. Umat Buddha meyakini pohon tersebut merupakan tempat Siddharta Gautama mencapai penerangan sempurna. Candi Mendut ini memiliki peranan yang sangat penting bagi umat Budha terutama pada saat perayaan Waisak. Rangkaian upacara Waisak selalu dimulai dari Candi Mendut saat purnama.

 

Air suci merupakan salah satu yang terpenting dalam perayaan Waisak. Penggunaan air dalam upacara Waisak sebagai lambang untuk mengalirkan kebaikan. Air ini diambil dari sumber mata air murni di Temanggung lalu disimpan di Candi Mendut. Setidaknya ada 10.000 botol dan 70 kendi di sana. Obor waisak yang diambil dari Gunung Mrapen juga disimpan terlebih dulu di sana sebelum dibawa ke Candi Borobudur. Para biksu dan jamaah Buddha akan berkumpul di Candi ini, lalu akan berjalan bersama-sama ke Candi Borobudur. Tak hanya dijadikan tempat ibadah, Candi ini juga dijadikan tempat berkumpul dan belajar para biksu karena banyaknya vihara di sana.

 

BACA JUGA : 8 Wisata Curug Di Magelang Yang Indah dan Cantik

 

Legenda Candi Mendut Magelang

candi mendut
Photo By : @ris_ang_gara

 

Mungkin bagi kamu sudah mengetahui tentang legenda Candi Mendut ini. Candi ini sangat terkenal dengan kisah Roro Mendut nya. Roro Mendut ini adalah seorang perempuan dari sebuah dusun yang mendapatkan nasib kurang bagus lantaran mempunyai wajah cantik jelita. Dia dijadikan selir oleh Adipati Pragola seorang penguasa di kerajaan pati. Kemudian, kerajaan mataram melalui sultan agung menyerang kerajaan pati dan hancurlah kerajaan tersebut.

 

Di bawalah roro mendut oleh sultan agung ke kerajaan mataram. Awalnya roro mendut ingin dipersunting oleh Tumenggung Wiroguno. Tetapi, karena beliau sudah tua roro mendut pun tak mau dan meminta agar bisa bekerja untuk menebus dirinya dari wiroguno.  Seiring berjalannya waktu roro mendut pun bertemu dengan seorang lelaki yang mencintainya dan begitu pula dengan dirinya. Tetapi, hubungan asmara tersebut di ketahui oleh tumenggung wiroguno hingga pada akhirnya mereka pun di bunuh dan konon katanya mayat mereka di jadikan candi yang saat ini berdiri kokoh yaitu candi mendut.

 

BACA JUGA : 4 Wisata Candi di Magelang Yang Favorit dan Populer

 

Daya Tarik Candi Mendut Magelang

candi mendut
Photo By : @krisna.asfiz_

 

Candi ini memiliki beberapa daya tarik yang membuat para pengunjung selalu berdatangan baik itu wisatawan lokal maupun wisatawan asing. Candi ini menyuguhkan suasana yang cukup indah. Selain itu, ada beberapa hal lain yang menyita perhatian para wisatawan. Berikut diantaranya :

 

– Candi ini merupakan tiga rangkaian Candi Buddha yang secara histori serta simbolis-nya terkait satu dengan yang lain. Ketiga rangkaian tersebut yaitu Candi Mendut, Candi Pawon dan juga Candi Borobudur.

 

– Di halaman candi mendut terdapat sebuah pohon Bodhi rindang. Jenis pohon ini diyakini umat Buddha sebagai tempat di mana Soddharta Gautama mencapai penerangan sempurna. Nuansa Buddha juga kental banget ketika sebuah kompleks vihara berdiri di sebelahnya. Vihara itu nama lain dari Vihara Buddha Mendut, yang merupakan tempat bagi biksu dan juga biksuni untuk berkumpul dan belajar mengenai Agama Buddha.

 

– Candi ini memiliki bentuk yang hampir meneyrupai persegi panjang dengan berbagai hiasan di beberapa stupa yang bisa kamu temui saat berkunjung ke Objek wisata Candi Mendut Magelang .

BACA JUGA : Review, Lokasi, Dan Tiket Masuk Ketep Pass Magelang

 

Filosofi di Balik Candi Mendut Magelang

wisata magelang
Photo By : @bimaminion_

 

Candi ini menyimpan pelajaran kehidupan yang disematkan dalam relief-relief. Ajaran yang di sematkan oleh candi ini mengandung unsur kehidupan dan kedekatan antara umat manusia dengan para dewa. Ajaran tersebut di beri nama pancatantra yang artinya adalah lima ajaran. Pancatantra ini menggunakan tokoh binatang. Sehingga, jumlah relief binatang berjumlah 31. Ada juga berbagai macam tema, seperti angsa dan kura-kura, brahmana dan kepiting, Dharmabuddhi dan Dustabuddhi, serta dua burung betet yang berbeda.

 

BACA JUGA : Menikmati Pesona Pemandangan Indah di Puncak Merbabu

 

Fasilitas Di Candi Mendut Magelang

wisata magelang
Photo By : @mmechn_

 

Bagi kalian yang berkunjung kesini tentu tak perlu khawatir mengenai fasilitasnya, karena fasilitasnya cukup lengkap. Diantaranya :

-Warung
-Area Parkir
-Toilet
-Mushola
-Penginapan

 

Lokasi

 

Bagi kalian yang ingin mengunjungi objek tempat wisata di Magelang yang satu ini , kalian dapat mengunjungi lokasi ini di Jl Mayor kusem, desa mendut, Kota mungkid, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

 

Harga Tiket Masuk

wisata magelang
Photo By : @metameilenia_

 

Bagi kalian yang ingin menikmati suasana di objek tempat wisata di Magelang yang satu ini, tentu kalian harus membayar tiket masuk yang cukup terjangkau yaitu sekitar 5.000 Rupiah. Selain itu, kamu juga harus membayar biaya parkir 10.000 rupiah untuk Mobil dan 5.000 rupiah untuk motor.

 

Jam Operasional

Jam operasional objek tempat wisata di Magelang yang satu ini buka dari pukul 7 pagi dan tutup pukul 6 sore.

 

 

Demikian itulah informasi mengenai objek tempat wisata Candi Mendut. Jika ada kekurangan, teman – teman dapat menambahkannya di kolom komentar.

 

Semoga artikel ini dapat bermanfaat
Comments