5 Tempat Belanja Batik di Jogja Yang Paling Populer

0

Batik

merupakan sebuah kain yang di kasih corak atau gambar dengan metode pembuatannya secara khusus. Menuliskan atau menerakan pola pada kain tersebut menggunakan malam atau ada juga Batik Cap, kemudian pengolahannya diproses dengan cara tertentu yang memiliki ke khasan daerah masing-masing. Sudah puas bertualang ke tempat wisata di Jogja yang tidak terhitung saking banyaknya, sekarang saatnya kalian menutup kunjungan dengan berburu batik khas yang paling terkenal di Jogja. Kota Jogja juga selain di juluki kota Gudeg, kota Jogja ini juga di juluki sebagai Kota Batik. Di kota Jogja ini sangat banyak sekali Model Batik mulai dari batik yang sangat sederhana corak dan harganya hingga yang rumit dengan harga selangit bisa kalian temukan di Yogyakarta, salah satunya yaitu Hamzah Batik.

 

Dan berikut ini saya akan membagikan daftar – daftar tempat belanja batik khas Jogja yang paling populer di Yogyakarta, diantaranya:

 

 

5 Tempat Belaja Batik Paling Terkenal Di Jogja

 

 

1. Pasar Beringharjo

Batik jogja
Photo By : @rainaaw99

 

Tempat yang pertama ada Pasar Beringharjo, lokasi Pasar Beringharjo ini salah satu pasar yang paling terkenal dan sangat mudah di temukan, karena Pasar Beringharjo ini berada tepat di pusat kota. Pasar Beringharjo ini selalu ramai setiap harinya, transaksi dengan cepat bergulir dari sekedar grosir hingga eceran. Los paling bawah bagian depan di pasar ini menawarkan berbagai macam model dan corak batik dengan harga yang sangat terjangkau.

 

Di pasar ini kalian harus pandai menawar, jika kalian sudah mendapatkan harga sebuah Batik di pasar ini, kalian coba tawar dulu separuh harganya, kemudian naik sedikit demi sedikit sampai ketemu titik sepakat. Di Pasar Beringharjo ini bukan hanya ada batik untuk baju, tas batik, sepatu batik, dan kain batik, bahkan jarik pun ada di Pasar ini. Sebelum kalian membeli jangan lupa cermati jenis kain dan kerapihan jahitannya. Harga yang ditawarkan di pasar ini tentu berbeda-beda, di mulai dari harga Rp 10.000, 00- sampai dengan ratusan ribu. Untuk alamat lokasi Pasar Beringharjo ini berada di Jalan Jendral Ahmad Yani 6 atau Jalan Malioboro. Sedangkan untuk Jam buka pasar ini Yaitu pada jam 07.00 – 17.00 WIB.

 

BACA JUGA : Jalan Malioboro, Tempat yang penuh cerita di Yogyakarta

 

2. Hamzah Batik

Batik jogja
Photo By : @google

 

Tempat yang ke dua ada Hamzah Batik, tempat Hamzah Batik atau Mirota Batik ini berada tepat di seberang Pasar Beringharjo. Di Hamzah Batik ini kalian tidak hanya menemukan batik saja, di tempat yang satu ini kalin juga akan menemukan kain atau baju berbahan batik namun juga souvenir khas Jogja lainya seperti blangkon, aneka kelom, panel kayu berisi iklan jaman dulu, dan masih banyak lahi. Hamzah Batik juga menyediakan batik yang sederhana dengan harga terjangkau hingga yang ekslusif.

 

Berbeda dengan Pasar Beringharjo, Hamzah Batik ini merupakan sebuah toko souvenir khas Jogja yang tidak memungkinkan tawar menawar. Tetapi tentang kualitas barangnya tidak perlu diragukan lagi, karena barang yang di pajang di sini sudah lulus kontrol kualitasnya. Harga yang di tawarkan di Hamzah Batik ini mulai dari Rp 35.000,00- hingga jutaan rupiah. Selain itu kalian juga akan mendapatkan kualitas barang sesuai dengan uang yang kalian keluarkan. Untuk alamat lokasi Hamzah Batik ini berada di Jalan Margo Mulyo No. 9 atau Jalan Malioboro. Sedangkan untuk Jam bukanya yaitu pada jam 08.00 – 21.00 WIB.

 

BACA JUGA : Indahnya Pesona Alam di Pantai Parangtritis Yogyakarta

 

3. Batik Giriloyo, Imogiri, Bantul

Photo By : @google

 

Tempat yang ke tiga ada Batik Giriloyo, Imogiri, Bantul. Di tempat ini kalian akan mendapatkan batik tulis maupun batik cap langsung dari pembuatnya. Lokasi tempat ini sekitar 30 menit sampai 60 menit dari pusat kota untuk sampai di Giriloyo, Imogiri. Selain itu, kalian juga akan mendapat batik dengan kualitas tinggi, bahkan kalian juga bisa merasakan pengalaman membatik langsung di tempat belanja batik yang ada di Jogja ini.

 

Batik-batik Yogyakarta yang ada di sini semua asli, dan yang lebih di tempat ini kalian bisa menawar apabila kalian merasa harga yang diberikan terlalu tinggi. Selain itu, kalian juga bisa belajar membatik di tempat yang satu ini. Selain batik berupa kain, beberapa pengrajin batik di Giriloyo juga menyediakan batik dengan kondisi sudah berupa pakaian seperti kemeja, dress, ataupun blus.

 

Harga batik yang ditawarkan untuk sehelai kain batik cap ataupun tulis di Giriloyo ini biasanya di mulai dari Rp 400.000,00- sampai dengan jutaan rupiah tergantung dari tingkat kesulitan corak dan lamanya pembuatan.
Sedangkan untuk belajar membatik, kalian akan dikenakan biaya sekitar Rp 35.000,00-per orangnya. Alat dan bahan sudah disediakan oleh pengelola dan kalian akan diajarkan cara membatik dari proses awal membuat pola hingga pencelupan. Alamat lokasi Batik Giriloyo, Imogiri, Bantul ini berada di Jalan Imogiri TImur Km 14, Wukirsari, Imogiri. Sedangkan untuk jam bukanya yaitu pada Jam 08.00 WIB – 17.00 WIB

 

BACA JUGA : Review, Lokasi Dan Harga Tiket Pantai Indrayanti

 

4. Batik Pajangan, Bantul

Batik jogja
Photo By : @google

 

Tempat yang ke empat ada Batik Panjangan, Bantul. Di tempat ini kalian bisa menemukan batik asli baik cap maupun tulis. Bukan hanya itu, kalian juga bisa melihat langsung proses pembuatan batiknya. Pembeda Batik Panjangan, Bantul dari Giriloyo, di tempat ini kalian bisa belajar membuat batik tanpa harus membayar sedangkan di Giriloyo kalian harus membayar. Tetapi kalian tidak bisa membawa hasil batik yang sudah kalian buat karena biasanya kalian hanya akan mencoret di kain yang sama dengan kain pengrajin sedang kerjakan.

 

Selain kain, batik Yogyakarta yang sudah berbentuk pakaian juga ada di sentra batik ini, kalian akan sangat mudah untuk menemukan blus, dress, kemeja, atau selendang di tempat ini. Karena beberapa pengrajin memang sudaj menyediakan penjahit, sehingga akan memudahkan para pembeli untuk mendapatkan batik yang sesuai dengan ukuran badannya.

 

Harga yang ditawarkan di tempat ini cukup beragam berkisar diantara Rp 300.000,00-sampai dengan jutaan rupiah. Tetapi di tempat ini kalian tidak bisa menawar, kalian hanya akan mendapat potongan harga di akhir pembayaran, tepai kalian juga akan mendapatkan batik yang berkualitas tentunya. Untuk lokasi Batik Panjangan, Bantul ini berada di Jalan Pajangan Bantul. Sedangkan untuk jam bukanya yaitu pada jam  08.00 – 21.00 WIB

 

BACA JUGA : 9 Wisata Kuliner di Yogyakarta yang Berdiri Sejak Lama

 

5. Komplek dalam keraton

Photo By : @google

 

Tempat yang terakhir ada Komplrk Dalam Keraton. Lokasi tempat belanja batik di Jogja yang terakhir ini tidak bergitu jauh dari Keraton, tempat ini tersebar hampir di setiap sudut sisi barat keraton sampai dengan Plasa Ngasem. Di setiap sudut jalan kalian akan melihat banyak berjajar toko batik mulai dari baju sampai dengan tas ataupun pouch.

 

Kualitas batik Yogyakarta yang ditawarkan di komplek ini bisa dikatakan sama dengan yang berada di Pasar Beringharjo, kalian juga tidak harus berdesak-desakan apabila berada di komplek ini. Tetapi kslia harus jeli dan teliti untuk memilih batik di komplek ini dan kalian juga harus pandai menawar.

 

Harga yang ditawarkan di komplek ini mulai dari Rp 35.000,00- hingga ratusan ribu. Apabila kalian membeli dalam jumlah yang cukup banyak, kalian bisa mintalah tambahan diskon atau tambahan bonus berupa produk batik. Karena komplek ini begitu banyak toko yang menyediakan batik, maka persiapkan kondisi fisik anda untuk menjelajahi toko-toko di setiap sudutnya. Untuk lokasi Komplek dalam keraton ini berada di Jalan Rotowijayan Keraton. Sedangkan untuk jam bukanya yaitu pada Jam 08.00 – 21.00 WIB

 

Nah bagaimana? Apa kalian sudah menemukan tempat yang cocok untuk berburu batik? Jangan lupa Like and share agar menjadi lebih bermanfaat, Terima kasih.

 

Selamat berbelanja 🙂
Comments