Review, Lokasi, Dan Tiket Masuk Desa Adat Ratenggaro

0

Sumba

merupakan salah satu pulau di Provinsi Nusa Tenggara Timur  mana lokasinya berbatasan dengan Sumbawa di sebelah barat laut dan Flores di timur laut.  Pulau Sumba ini juga merupakan pulau wisata yang cukup populer dikunjungi wisatawan. Karena di pulau Sumba ini sob, terdapat banyak sekali objek tempat wisata yang begitu menarik untuk dikunjungi. Dan salah satu objek tempat wisata di Sumba yang menarik tersebut sob yaitu Desa Adat Ratenggaro. Berikut kami bagikan informasinya, mulai dari daya tarik, lokasi, hingga harga tiket masuk ke Desa Adat Ratenggaro Sumba ini.

 

 

Mengenal Desa Adat Ratenggaro

Desa Adat Ratenggaro
Photo By : @_aaaallll

 

Desa Adat Ratenggaro merupakan salah satu objek tempat wisata di Sumba yang cukup menarik. Dimana ketika kalian mengunjungi kawasan objek wisata yang satu ini, kalian serasa kembali ke jaman megalithikum sekitar 4.500 tahu yang lalu. Desa yang satu ini sob masih memegang teguh dan melestarikan adat dan tradisi peninggalan leluhurnya. Hal ini terbukti dari masyarakatnya yang masih menganut tradisi Marapu sama seperti kampung-kampung lain di Kabupaten Sumba Barat Daya pada umumnya. Kampung adat ini memiliki keunikan pada rumah adatnya (Uma Kelada) yang memiliki ciri khas menara menjulang tinggi mencapai 15 meter.  Atapnya menggunakan bahan dasar jerami dan tinggi rendahnya atap didasarkan atas status sosial mereka.

 

BACA JUGA : Indahnya Pesona Dan Panorama Di Pantai Walakiri Sumba

 

Daya Tarik Desa Adat Ratenggaro

wisata sumba
Photo By : @anjanitrip

 

Objek tempat wisata Desa Adat Ratenggaro Sumba ini sob tentu memiliki daya tarik tersendiri. Bahkan karena daya tarik ini pula, banyak wisatawan yang tertarik untuk berkunjung ke tempat ini. Adapun daya tarik yang dimiliki oleh objek tempat wisata yang satu ini yaitu :

 

  • Rumah Adat

 

Daya tarik yang pertama sob tentu saja yaitu rumah adat nya. Rumah adat di desan ini sob disebut dengan Uma Kelada. Uma Kelada memiliki ciri khas berupa menara menjulang tinggi mencapai 15-20 meter. Atapnya berbahan dasar jerami dan tinggi rendah atapnya didasarkan atas status sosial mereka.

 

  • Rumah Adat Sakral

 

Nah dari beberapa rumah adat nya sob, ada setidak nya 4 buah rumah khusus yang sangat disakralkan penduduk setempat, yaitu Uma Katoda Kataku dan Uma Kalama, sebagai simbol dari ibu. Serta Uma Katoda Kuri dan Uma Katoda Amahu, sebagai simbol dari saudara ayah dan ibu. Posisi rumah-rumah ini mewakili empat penjuru mata angin dan letaknya saling berhadapan.

 

  • Kubur Batu

 

Daya tarik yang selanjutnya sob yaitu kubur batu. Disini terdapat 304 buah kubur batu dan 3 di antaranya berbentuk unik dan terletak di pinggiran laut.

 

  • Pantai Rantenggaro
Desa Adat Ratenggaro
Photo By : @nabilacdita

 

Dan daya tarik yang terakhir sob, yaitu adanya pantai yang begitu memanjakan mata yaitu Pantai Ratenggaro. Pantai yang satu ini sob, suasananya masih alami dan sangat bersih. Garis pantai ditandai oleh pasir putih hingga air kristal.

 

BACA JUGA : Cantiknya Pesona Objek Wisata Air Terjun Tanggedu

 

Lokasi

Desa Adat Ratenggaro
Photo By : @aullfw

 

Nah sob, bagi kalian yang tertarik untuk berkunjung ke objek tempat wisata yang satu ini, kalian dapat mengunjungi lokasinya yang terletak di Desa Umbu Ngedo, Kecamatan Kodi Bangedo, Kabupaten Sumba Barat Daya, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Jika kalian memulai perjalanan dari Tambolaka, maka kalian akan menempuh perjalanan dengan waktu tempuh sekitar 40 km perjalanan.

 

BACA JUGA : Review, Lokasi, Dan Harga Tiket Masuk Pantai Mandorak

 

Jam Operasional

wisata sumba
Photo By : @ntagitatanzielia

 

Sobat juga yang ingin berkunjung ke objek wisata yang satu ini, tentu tak perlu khawatir mengenai jam operasionalnya. Karena objek wisata yang satu ini buka setiap hari selama 24 jam. Jadi sobat dapat berkunjung kapanpun yang kalian inginkan.

 

BACA JUGA : Review, Lokasi, Dan Harga Tiket Masuk Air Terjun Lapopu

 

Harga Tiket Masuk

wisata sumba
Photo By : @dewiprast

 

Adapun mengenai harga tiket masuk nya, juga kalian tak perlu khawatir karena kalian tidak akan dikenakan biaya tiket masuk alias gratis.

 

 

Demikian itulah informasi mengenai objek tempat wisata Desa Adat Ratenggaro Sumba. Jika ada tambahan, kalian dapat menambahkannya di kolom komentar. Jangan lupa juga untuk share artikel ini ya sob.

 

Selamat berwisata 🙂
Comments
Loading...