Istana Maimun, Peninggalan Kerajaan Deli Yang Megah

0

Sumatera Utara

merupakan salah satu Provinsi di Indonesia yang mana ibu kotanya adalah Medan. Provinsi yang satu ini selain menyimpan potensi alam yang begitu indah dan mempesona, ternyata ada juga objek wisata sejarahnya berupa kerajaan yang mana sampai saat ini peninggalan kerajaan tersebut masih bisa disaksikan. Salah satu objek wisata tersebut yang dapat di kunjungi adalah Kerajaan Deli yang mana peninggalannya adalah Istana Maimun. Berikut in kami bagikan informasinya, mulai dari lokasi, daya tarik, hingga harga tiket masuk ke objek tempat wisata Istana Maimun di Medan ini.

 

 

Sejarah dan Asal-Usul Istana Maimun

istana maimun
Photo By : @pegipegi.com

 

Objek tempat wisata Istana Maimun di Medan Sumatera Utara yang satu ini di bangun pada tanggal 28 agustus 1888 yang mana, pembangunannya di pimpin langsung oleh sultan Mahmud al rasyid dan selesei pada 18 mei 1891. Istana Maimun ini memiliki 2 lantai dan  3 bagian. Bangunan induknya digunakan untuk  singgasana raja termasuk pula bagian sayap kanan dan kirinya. Sejak tahun 1946 kawasan Istana Maimun di huni oleh para ahli waris dari kerajaan deli. Luas kawasan objek wisata yang satu ini yaitu sekitar 2.722 meter persegi.

 

BACA JUGA : The Le Hu Garden, Wisata Romantis & Kekinian di Medan

 

Daya Tarik Istana Maimun

istana maimun
Photo By : @hasnanhabibharahap

 

Ketika kalian berkunjung ke objek tempat wisata Istana Maimun di Medan ini, tentu saja kalian akan disuguhkan dengan daya tarik nya yang akan selalu kalian ingat. Dimana warnanya yang khas yang berwarna kuning. Lalu kalian juga sob akan disuguhkan dengan desain arsitekturnya  yang mengesankan. Dan perlu kalian ketahui sob, bahwa arsitektur Istana Maimun ini merupakan perpaduan kuat antara budaya melayu dengan islami yang mana seakan membuat tempat ini terlihat mewah dan juga megah.

 

Selain itu sob, disini juga kalian akan menemukan beberapa ornament yang merupakan perpaduan bangsa eropa seperti italia, spanyol, dan juga india. Tempat ini dahulu di sebut dengan dengan istana putri hijau. Lantaran ada legenda dan cerita mengenai seorang putri yang konon katanya ada di salah satu bagian istana.

 

Objek wisata ini memiliki kurang lebih 30 ruangan setiap ruangannya terdiri dari perpaduan budaya belanda. Nah didalamnya sob, kalian akan menemukan berbagai hal yang menarik salah satunya yaitu seperti prasasti dengan tulisan bahasa belanda.

 

Selain itu juga sob, disini juga kalian dapat berkesempatan untuk menyaksikan pertunjukan musik tradisional khas medan yang mana disuguhkan pada hari minggu pukul 10 pagi hingga 12 siang.

 

BACA JUGA : Review, Lokasi , dan Harga Tiket Hairos Waterpark Medan

 

Misteri dan Mitos Di Istana Maimun

Photo By : @nurulhidayati_enha

 

Selain dapat menyaksikan kemegahan bangunannya, disini juga sob kita akan mengenal mitos dan misteri nya. Yang mana, konon katanya dahulu di kerajaan timur raya hiduplah seorang putri cantik jelita bernama putri hijau. Dan kemudian suatu hari Raja aceh datang dan hendak meminang sang putri hijau yang membuatnya tergila-gila. Namun sang raja tersebut di tolak mentah-mentah oleh kedua saudara putri hijau. Karena sang raja tidak terima dengan perlakuan tersebut, kemudian sang raja pun menyerang kerajaan timur raya. Namun kejadian yang aneh terjadi saat putri hijau masuk keistana kala hendak diculik. Saudara sang putri pun berubah menjadi meriam dan menembak raja aceh berserta prajuritnya. Sementara putri hijau, menjelma menjadi senjata meriam.

 

BACA JUGA : 6 Wisata Pantai Yang Cantik dan Menawan di Medan

 

Lokasi

wisata medan
Photo By : @hafizona

 

Nah bagi kalian yang tertarik untuk berkunjung ke objek tempat wisata yang satu ini, kalian dapat mengunjungi lokasinya yang terletak  di sultan ma’moen al rasyid no.66 A U R, medan maimun, Kota Medan, Sumatera Utara. Kalian hanya perlu menempuh jarak 7km saja dari alun – alun kota medan.

 

BACA JUGA : 5 Tempat Makan Yang Romantis Di Medan

 

Jam Operasional

wisata medan
Photo By : @nikmafadhila

 

Namun perlu diketahui juga sob, alangkah baiknya kita mengetahui jam operasionalnya terlebih dahulu kala hendak berkunjung kesini. Untuk jam operasionalnya, tempa wisata ini di buka pada hari senin sampai dengan minggu pada pukul 8 pagi hingga pukul 12 siang. Kemudian, akan istirahat selama 1 jam. Lalu, akan buka kembali pada pukul 1 siang hingga 5 sore.

 

Harga Tiket Masuk

 

 

Adapun untuk dapat memasuki kawasan objek wisata yang satu ini, tentu kita harus membayar tiket masuk terlebih dahulu. Namun kalian jangan khawatir sob karena harganya cukup murah. Kalian hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp.5.000 saja per orangnya. Dan untuk biaya parkirnya jika kalian membawa kendaraan, kalian akan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp.5.000 untuk motor dan Rp.10.000 untuk mobil.

 

 

Demikian itulah informasi mengenai objek tempat wisata Istana Maimun Medan. Jika ada kekurangan, sobat dapat menambahkannya di kolom komentar. Jangan lupa juga untuk share artikel ini ya…

 

Selamat Berwisata 🙂
Comments
Loading...