Danau Kelimutu, Danau Yang Unik Di Nusa Tenggara Timur

0

Nusa Tenggara Timur

merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang ibukotanya adalah Kupang. Provinsi Nusa Tenggara Timur ini meliputi bagian timur kepulauan Nusa Tenggara yang mana memiliki sekitar 22 kabupaten/ kota. Terlepas dari itu, Nusa Tenggara Timur ini memiliki salah satu tempat wisata terbaik yang paling terkenal yaitu Pulau Komodo. Pulau Komodo ini bisa di katakan ikonnya Nusa Tenggara Timur bahkan Indonesia. Tapi, perlu kamu ketahui bahwa Nusa Tenggara Timur ini juga tak hanya memiliki pulau komodo saja. Nusa Tenggara Timur memiliki wisata alam yang begitu mempesona dan menakjubkan salah satunya yaitu Danau Kalimutu. Berikut akan kami bagikan hal-hal mengenai Objek tempat wisata Danau Kelimutu di Nusa Tenggara Timur mulai dari Lokasi hingga harga tiket.

 

 

Mengenal Danau Kelimutu

Photo By : @fahmiadimara

 

Danau Kelimutu merupakan danau tiga warna yang sangat mengesankan dan membuat kita terkagum melihatnya. Danau ini merupakan danau yang paling eksotis di Nusa Tenggara. Danau ini memiliki ciri khas dengan warna danau-nya yang bisa berubah-ubah, Danau ini memiliki tiga warna yaitu Merah, Biru dan Putih. Dimana ketiga warna ini berpengaruh besar dengan mikroba dan juga suhu gas yang ada disekitaran danau. Keunikan tersebut akan membuat kamu merasa betah ketika berada di sana.

 

Nama kelimutu sendiri diambil dari dua nama yang berbeda. Pertama adalah keli yang artinya adalah gunung. kemudian, Mutu yang artinya adalah mendidih. Jadi, jika kedua kata ini digabungkan maka akan menjadi gunung yang mendidih. Danau Kelimutu ini di temukan pada tahun 1915 oleh seorang warga Belanda yaitu Van Such. Lalu danau ini di lukis oleh Y.Bournan pada tahun 1929. Setelah lukisan nya banyak yang mengetahui, danau Kelimutu pun banyak di kunjungi oleh para wisatawan bahkan ilmuwan. Sehingga pada tanggal  26 Februari 1992. Kawasan ini ditetapkan sebagai kawasan konservasi alam nasional. Suhu yang di suguhkan oleh danau ini sangat menyejukkan karena keberadaan nya yang ada di ketinggian kurang lebih 1.639 mdpl.

 

Kawasan danau Kelimutu ini 3 buah danau yang mempunyai nama, serta kedalaman yang berbeda-beda. Ada nama Tiwu Nuwa Muri Kofai dengan kedalam kurang lebih 127 meter memiliki luas 5,5 ha dengan warna hijau lumut. Lalu, Tiwu Ata Polo dengan kedalaman kurang lebih 64 meter, memiliki luas kurang lebih 4,5 ha dengan warna hijau. Nah, bagian dari danau ini sering kali berubah-ubah warnanya.  Merupakan salah satu sumber mata air sungai Ria Mbuli yang berada di Gunung Kelimutu. Dan, terakhir adalah Tiwu Ata Mbupu dengan kedalaman kurang lebih 67 meter mempunyai luas 4 ha.

 

BACA JUGA : 9 Wisata yang Wajib Dikunjungi di Nusa Tenggara Timur

 

Mitos Danau Kelimutu

danau kelimutu
Photo By : @chlara_esperansa

 

Danau Kalimutu ini juga tak lepas dari mitos-mitos atau cerita rakyat yang beredar, konon katanya Gunung Kelimutu tinggallah konde ratu dengan rakyat-rakyatnya. Dari rakyatnya inilah ada dua orang yang mempunyai kekuatan yaitu Ata Polo. Dia adalah seorang penyihir yang jahat dan sukanya membuat manusia menderita. Ada juga, Ata Bupu, dimana penyihir ini selalu menangkal hal-hal jahat yang selalu di buat oleh Ata Polo. Dan benar saja, kedua anak tersebut akan di mangsa oleh Ata Polo, Namun Atau Bupu menyarankan Ata Polo untuk memangsanya ketika dewasa nanti.

 

Setelah dewasa, Ata Bupu pun berlari untuk menyelamatkan kedua anak kalo. Dengan kabur ke perut bumi. Begitu pula dengan Ata Polo dan kedua anak kalo tersebut. Saat ke perut bumi, Ata Bupu mengeluarkan air berwana hijau, Ata polo mengeluarkan air berwarna merah. Sementara, kedua anak kalo tadi mengeluarkan air berwana hijau.

 

Dari ketiga warna ini dinilai menjadi sebagai pertanda. Bila berwarna merah, penduduk sekitar yakin akan ada bahaya yang terjadi. Jika, sudah begini warga sekitar danau kelimutu akan mengadakan acara ritual untuk menangkal musibah yang akan terjadi.

 

Begitu pula dengan LIPI yang menjadikan warna danau ini sebagai petunjuk aktiftas vulkanis Gunung kelimutu. Mengingat, Gunung ini masih memiliki status aktif.

 

BACA JUGA : 10 Tempat Wisata di Pulau Sumba Yang Wajib Dikunjungi

 

Daya Tarik Danau Kelimutu

danau kelimutu
Photo By : @aldiansyahgunawan

 

Ada beberapa daya tarik dari Danau Kelimutu ini yang selalu menarik para wisatawan, berikut diantaranya :

 

1. Keunikan Tiga Warna Wisata Danau Kelimutu

 

Pemandangan yang di suguhkan oleh danau ini sangatlah mempesona dan menakjubkan, dimana tiga kawah tersebut memiliki warna air yang berbeda-beda dan bisa berubah-ubah menjadi warna Merah, Biru dan Putih. Warna masing-masing danau dapat berubah-ubah secara tidak teratur karena kandungan material di dasarnya. Misalnya danau Ata Polo yang pernah berubah warna dari cokelat dan hijau tua menjadi merah hati. Atau di danau Ata Mbupu, warnanya bisa berubah dari cokelat tua menjadi hijau kecokelatan, sedangkan Nuwa Muri Koo Fai dari biru dan hijau muda berubah menjadi biru telur asin.

 

2. Tempat Perlindungan Flora dan Fauna Langka

 

Tak hanya menyuguhkan pemandangan yang sangat indah saja, Danau Kelimutu ini juga merupakan tempat perlindungan bagi Flora dan Fauna yang langka. Di dalam Taman Nasional Kelimutu ini, terdapat sebuah tempat bernama arboretum. Arboretum sendiri adalah sebuah hutan dengan luas 4,5 hektare yang berfungsi sebagai kawasan koleksi ragam flora dan fauna. Keragaman flora yang tersimpan di sini setidaknya ada sekitar 100 spesies dalam 36 family dan dua diantaranya merupakan jenis endemik Kelimutu, yaitu uta onga (Begonia kelimutunesis) dan turuwara (Rhondodenron renschianum).

 

Selain flora, ada juga beberapa satwa endemik Flores di kawasan ini, seperti burung gerugiwa (Monarcha sp). Burung ini memiliki 11 suara kicauan yang berbeda dan sering disebut sebagai burung arwah karena jarang terlihat. Hewan endemik lainnya yang ada di kawasan ini diantaranya adalah jenis mamalia seperti tikus lawo, tikus gunung, deke, dan wawi ndua. Ada juga ayam hutan, banteng, kijang, rusa, babi hutan, elang, srigunting, luwak, trenggiling, landak, kancil, dan lain sebagainya.

 

BACA JUGA : Review, Lokasi, Dan Harga Tiket Masuk Pantai Kolbano

 

Fasilitas Di Danau Kelimutu

wisata nusa tenggara timur
Photo By : @faroukhatta

 

Sebagai tempat wisata yang sudah mendunia, tentunya danau Kelimutu ini sudah memiliki beberapa fasilitas yang cukup lengkap, seperti :

 

  • Area parkir
  • Tempat beristirahat/gazebo
  • Toilet
  • Spot foto menarik
  • Warung makan dan minum

 

BACA JUGA : 7 Tempat Wisata Yang Cantik Dan Indah Di Labuan Bajo

 

Lokasi

wisata nusa tenggara timur
Photo By : @yosiannaliska

 

Untuk kamu yang ingin berwisata ke Danau Kelimutu tentunya kamu harus mengetahui terlebih dahulu lokasinya. Objek tempat wisata Danau Kelimutu ini berada di Desa Woloara, Kecamatan Kelimutu, Kabupaten Ende, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

 

Harga Tiket Masuk

wisata nusa tenggara timur
Photo By : @ticka_pizzela

 

Untuk memasuki kawasan objek tempat wisata di Nusa Tenggara Timur ini kamu di kenakan biaya masuk sebesar Rp.150.000 – Rp.250.000

 

Jam Operasional

 

Adapun untuk jam operasionalnya, tempat wisata yang satu ini dibuka mulai pukul 05.00 hingga 18.00 WITA.

 

 

Demikian itulah informasi mengenai objek tempat wisata Danau Kelimutu. Jika ada kekurangan, teman – teman dapat menambahkannya di kolom komentar.

 

Semoga artikel ini dapat bermanfaat.
Comments
Loading...