7 Tempat Wisata di Sawahlunto yang Menarik

0

Sawahlunto

merupakan salah satu kota yang letaknya berada di Provinsi Sumatera Barat. Sawahlunto ini juga merupakan kota yang ukurannya tidak begitu luas. Sawahlunto ini  merupakan pusat penambangan batu bara pada zaman penjajahan Belanda. Kini cadangan batubara Sawahlunto telah habis dan menyisakan bangunan serta pesona alam yang penuh sejarah. Jika kamu sedang berwisata ke Kota Padang, tidak ada salahnya mampir ke Sawahlunto, karena di kota ini juga terdapat tempat – tempat wisata yang menarik yang mana sayang jika dilewatkan. Berikut adalah daftar objek tempat wisata di Sawahlunto Sumatera Barat :

 

 

1. Danau Biru Sawahlunto

wisata sumatera barat
Photo By : @riskiadha_

 

Danau Biru Sawahlunto ini layaknya sama seperti Danau Kaolin di Pulau Bangka Belitung yang mana dulunya merupakan bekas tambang, Danau Biru Sawahlunto terbentuk karena bekas galian tambang batubara yang telah ditinggalkan. Lokasi Danau Biru Sawahlunto ini memiliki akses yang cukup menantang dimana kamu harus melakukan perjalanan yang cukup berat. Namun meskipun begitu, tentu rasa lelah mu itu akan langsung terbayar ketika sampai di lokasi dengan pemandangannya yang cantik dan indah yang mana dapat membuatmu terpesona. Danau Biru Sawahlunto terletak di Tumpuak Tangah, Talawi, Kota Sawah Lunto.

 

2. Danau Kandi

wisata sumatera barat
Photo By : @adyyandra

 

Selain danau biru, ada lagi tempat wisata yang cantik dan menarik berupa danau lainnya di Sawahlunto yaitu Danau Kandih. Danau Kandi ini  airnya tidak berwarna biru seperti di danau biru, tapi meskipun begitu panorama alam perbukitan bekas area tambang di sini tidak kalah menarik dan populernya tentunya. Air di danau Kandih ini bersumber dari Sungai Batanghari. Tidak heran bila ada sebagian orang yang memancing di tepian danau. Selain itu, fasilitas yang ada di Danau Kandi ini juga cukup lengkap, dimana kamu dapat menemukan sepeda air, banana boat, serta area outbond. untuk lokasinya, Danau ini terletak di desa Salak, Talawi, Kota Sawahlunto.

 

BACA JUGA : 5 Hotel Murah Dengan Fasilitas Terbaik di Padang

 

3. Lubang Mbah Soero

wisata sumatera barat
Photo By : @aandianto25

 

Objek tempat wisata di Sawahlunto Sumatera Barat yang selanjutnya adalah Lubang Mbah Soero. Lubang Mbah Soero ini memiliki terowongan dengan panjang sekitar 1,5 kilometer. Lubang Mbah Soero ini dulunya merupakan salah satu fasilitas untuk penambangan batu bara. Tempat yang satu ini tak boleh kamu lewatkan kala berkunjung di Sumatera Barat, tepatnya di Sawahlunto ini. Untuk lokasinya, Lubang Mbah Soero ini terletak di Jl. Abdurrahman Hakim, Tanah Lapang, Lembah Segar, Kota SawahLunto.

 

BACA JUGA : 8 Wisata Alam Keren dan Mempesona di Pasaman Barat

 

4. Museum Kereta Api Sawahlunto

wisata sawahlunto
Photo By : @therealjamesnicholas

 

Objek tempat wisata di Sawahlunto Sumatera Barat yang selanjutnya adalah Museum Kereta Api Sawahlunto. Museum Kereta Api Sawahlunto ini  merupakan tempat wisata yang populer dimana  awalnya merupakan stasiun Sawahlunto yang menjadi bagian dari jaringan rel kereta api Sumatera. Museum Kereta Api Sawahlunto adalah museum kereta api tertua kedua di Indonesia setelah Museum Kereta Api Ambarawa. Ketika kamu mengunjungi Museum Kereta Api Sawahlunto ini, kamu dapat menemukan kereta yang ada pada jaman dulu. Lokasi Museum Kereta Api Sawahlunto ini berada di Jalan A. Yani, Lembah Segar, Pasar, SawahLunto.

 

5. Puncak Cemara

wisata sawahlunto
Photo By : @jerlisandra

 

Objek tempat wisata di Sawahlunto Sumatera Barat yang selanjutnya yaitu Puncak Cemara. Puncak Cemara ini merupakan tempat wisata menarik dan populer yang mana lokasinya berada di area perbukitan yang tidak jauh dari pusat Kota Sawahlunto. Di Puncak Cemara ini kamu dapat menikmati pemandangan kota. Selain itu kamu juga dapat bermain di arena playground atau bersantai di gazebo. Untuk lokasinya, Puncak Cemara ini berlokasikan di Saringan, Barangin, Kota Sawahlunto.

 

BACA JUGA : 8 Tempat Wisata Menarik dan Wajib Dikunjungi di Padang

 

6. Taman Satwa Kandi

wisata sawahlunto
Photo By : @pt.wws_

 

Objek tempat wisata di Sawahlunto Sumatera Barat yang selanjutnya adalah Taman Satwa Kandi.  Taman satwa ini ternyata dulunya merupakan areal penambangan PT Bukit Asam. Kini. Ketika kamu mengunjungi Taman Satwa Kandi ini, kamu dapat menemukan berbagai aneka satwa. Selain itu, di Taman Satwa Kandi ini juga kamu juga bisa melakukan berbagai macam aktivitas seru bersama keluarga, mulai dari aneka permainan air, flying fox, hingga paintball. Taman Satwa Kandih sangat cocok dikunjungi bersama keluarga. Lokasi Taman Satwa Kandi ini berada di Jl. Dt. Nan Sambilan, Kolok Nan Tuo, Barangin, Sijantang Koto, Talawi, Sawahlunto.

 

BACA JUGA : 8 Tempat Wisata Yang Menarik di Bukittinggi

 

7. Puncak Polan

Photo By : @deasywardhani

 

Selain Puncak Cemara, ada lagi tempat wisata berupa puncak yang tak kalah indahnya pemandangan di Sawahlunto yaitu Puncak Polan. Di Puncak Polan ini juga kamu dapat menikmati pemandangan kota sama halnya seperti di Puncak Cemara. Di Puncak Polan ini juga kamu dapat  melakukan aktivitas olahraga paralayang. Fasilitas yang ada di Puncak Polan ini juga terbilang lengkap, dimana kamu dapat menginap di tempat ini. Lokasi Puncak Polan ini terletak di Kecamatan Lembah Segar, Kabupaten Sawahlunto.

 

Nah itulah daftar – daftar tempat wisata yang ada di Sawahlunto, Sumatera Barat yang menarik. Jangan lupa untuk berkomentar dan membagikan artikel ini.

 

 

Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan juga dapat menjadi sumber referensi untuk kamu pilih sebagai tujuan berwisata tepatnya di Sawahlunto, Sumatera Barat ini.

 

Selamat Liburan :):)

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Comments
Loading...