5 Wisata Kuliner Yang Khas dan Nikmat di Kendari

0 5

Kendari

merupakan ibu kota di provinsi sulawesi tenggara. Banyak sekali spot-spot keren yang pastinya sayang sayang untuk kamu lewatkan begitu saja. Kemudian sebagian besar dari spot wisata yang ada di Kendari adalah wisata alam dan wisata pantainya. Sebut saja seperti Pulau Labengki yang memiliki kemiripan dengan Raja Ampat dan Air Terjun Moramo yang berundak-undak bak air terjun dalam negeri dongeng. Selain spot wisata, kendari juga memiliki berbagai wisata kuliner yang khas yang sangat enak dan menggugah selera. Makanan khas kendari tersebut antara lain :

 

 

1. Kabuto

kuliner kendari
Photo By : @google

 

Wisata Kuliner Yang Khas dan Nikmat di Kendari adalah Kabuto. Kabuto merupakan makanan yang terbuat dari ubi atau singkong. Proses pembuatan yakni ubi dibersihkan dulu lalu kemudian dibiarkan berjamur. Dibiarkan mengering dalam waktu lama karena dapat menambah cita rasa dan aroma saat disajikan. Kuliner yang satu ini akan lebih lezat jika disajikan bersama kelapa parut atau bahkan dengan lauk ikan goreng dan ikan asin.

 

Kabuto memiliki tekstur yang sangat kenyal tapi ada juga yang lembut seperti kue kering. Jika ingin menyantapnya, kamu harus rela berupaya lebih keras sebab biasanya penjual hanya menjualnya dalam bentuk ubi kering saja. Setelahnya, mungkin kamu bisa mengolahnya sendiri didampingi dengan koki yang ahli membuat kabuto.

 

2. Sinonggi

kuliner kendari
Photo By : @taufiq.sabila

 

Wisata Kuliner Yang Khas dan Nikmat di Kendari adalah Sinonggi. Kalau dilihat-lihat, makanan ini mirip dengan papeda. Meskipun mirip papeda, tapi lauk yang digunakan untuk menikmati kuliner Kendari ini sangat berbeda. Sinonggi sangat enak jika di sajikan dengan sayur kacang panjang atau sayur kangkung yang biasanya dimasak dengan jagung lalu diberi kerang yang telah dibuang kulitnya. Tak lupa sambal merah yang pedas.
Jika anda ingin mencicipi hidangan ini, anda cukup datang ke Rumah Makan Aroma Kendari yang cukup terkenal di kalangan wisatawan.

 

3. Kasoami

kuliner kendari
Photo By : @google

 

Wisata Kuliner Yang Khas dan Nikmat di Kendari adalah Kasoami. Kasaomi merupakan makanan khas kendari selanjutnya yang terbuat dari ubi atau singkong. singkong yang digunakan bukanlah singkong yang umum terdapat di pasar-pasar tradisional. Ubi ini jika direbus ataupun digoreng tanpa melalui proses panjang dan lama bisa menyebabkan racun. Oleh sebab itu, untuk membuat kasoami ubi yang dipilih harus terlebih dahulu diolah. Sangat jauh berbeda dengan singkong pada umumnya yang bisa dengan mudah diolah langsung tanpa perlu fermentasi yang lama.

 

BACA JUGA :

 

13 Wisata Kuliner Yang Paling Favorit Di Kota Bogor

 

20 Tempat Wisata Bandung yang Populer dan Indah

 

11 Gunung Di Jawa Timur Yang Paling Indah dan Populer

 

21 Tempat Wisata di Aceh yang Harus Kamu Kunjungi

 

 

4. Sate Gogos Pokea

Photo By : @kitaina

 

Wisata Kuliner Yang Khas dan Nikmat di Kendari adalah Sate Gogos Pokea. Pada umumnya sajian sate menggunakan sate sapi, ayam maupun kambing. Namun berbeda dengan sate yang 1 ini.Sate gogos pokea adalah sate yang berbahan kerang air tawar yang disusun menjadi sate dan disajikan dengan bumbu kacang. Kuliner Kendari ni biasanya dihidangkan bersama gogos, kuliner mirip lemper tapi tidak memiliki isi abon di dalamnya.Makanan khas Kendari yang satu ini bisa ditemui di Kampung Pohara di Kecamatan Sampara, Kabupaten Konawe, yang sudah buka sejak tahun 1980. Satu porsi sate Pokea harganya Rp10 ribu.

 

5. Karasi

kuliner kendari
Photo By : @google

 

Wisata Kuliner Yang Khas dan Nikmat di Kendari adalah Karasi. Kue karasi merupakan kue yang rasanya manis dengan tekstur renyah yang menggoda. Proses pembuatan kue ini ternyata cukup rumit loh. Dibutuhkan banyaknya kesabaran. Kue kasari dicetak menggunakan cetakan yang berasal dari batok kelapa yang sudah dibuat sedemikian rupa seperti memberikan lubang-lubang kecil di batok kelapa.

 

 

Itulah beberapa makanan khas Kendari yang tidak boleh kamu lewatkan jika sedang berlibur di sana. Jika ada tambahan, kamu dapat menambahkannya di kolom komentar. Jangan lupa juga untuk membagikan artikel ini.

 

Semoga bermanfaat ^_^
Comments