5 Wisata Kuliner Tradisional di Riau Yang Unik dan Lezat

0

Riau

merupakan sebuah kabupaten di provinsi yang terletak di bagian tengah pulau Sumatra. Riau merupakan salah satu provinsi terkaya di Indonesia, dan sumber dayanya didominasi oleh sumber alam, terutama minyak bumi, gas alam, karet, kelapa sawit dan perkebunan serat. Selain terkaya soal sumberdaya alam, riau juga memiliki benyak tempat pariwisata. Baik itu wisata alam, religi maupun kuliner. Yang saya akan bahas sekarang yaitu makanan khas atau kuliner tradisional riau yang mampu membuat anda ketagihan. Berikut Objek wisata kuliner di Riau, diantaranya :

 

 

1. Gulai Ikan Patin

wisata kuliner riau
Photo By : @dapur_sederhanavina

 

Wisata kuliner tradisional di Riau yang unik dan lezat pertama adalah adsadad. Bagi kalian pecinta ikan tentunya tau dong gulai ikan patin. Terutama gulai ikan patin riau. Gulai ikan patin riau sangat terkenal dan tak pernah kehabisan penggemar. Citarasanya yang khas dan sangat lezat membuat gulai ikan patin ini selalu kebanjiran pembeli setiap harinya.

Gulai ikan patin khas riau mempunyai kuah berwarna kuning pekat sebagai rendaman potongan-potongan besar ikan patin. Warga Pekanbaru biasanya tak hanya menyantap gulai ikan patin sendirian. Ada menu pendamping yang biasa disajikan saat menikmati gulai ikan patin, yakni nasi hangat, lauk pelengkap, dan beberapa jenis sayuran seperti pucuk daun ubi rebus. Cita rasa gulai ikan patin akan semakin nikmat apabila saat pembuatannya ditambahkan dengan bunga kecombrang yang berfungsi sebagai penyedap rasa.

 

BACA JUGA : 6 Tempat Makan Keluarga Yang Populer di Pekanbaru

 

2. Asam Pedas Ikan Baung

wisata kuliner riau
Photo By : @bolanalahasang

 

Objek wisata kuliner di Riau yang unik dan lezat selanjutnya adalah adsadad. Makanan khas riau yang ke-2 ada Asam pedas ikan baung. Asam pedas ikan baung ini juga sangat terkenal di riau. Asam pedas ikan baung yaitu ikan laut yang diberi kuah asam pedas, dipadu dengan rempah-rempah tradisional seperti bawang putih, bawang merah, jahe, kunyit, lengkuas, serai. Tekstur dagingnya yang lembut padat tanpa duri halus berwarna putih.

Asam pedas ikan baung juga selalu menjadi menu andalan di setiap acara-acara pernikahan, upacara adat dan acara lainya. Rasanya yang sangat enak dan khas yang menjadikan menu ini di jadikan sebagai makanan favorit.
Harga sajian satu porsi asam pedas berkisar mulai dari 100 ribu hingga 350 ribu rupiah. Kelangkaan ikan baung saat ini menjadi alasan untuk harga tersebut. Pasalnya untuk menjaga cita rasanya, ikan baung yang diolah bukan berasal dari kerambah, melainkan ikan baung yang hidup liar di sungai besar di Riau.

 

BACA JUGA : 6 Tempat Wisata Kuliner Di Batam Yang Terfavorit

 

3. Mieso

wisata kuliner riau
Photo By : @meiso_mieso

 

Objek wisata kuliner di Riau yang unik dan lezat selanjutnya adalah adsadad. Mie eso yaitu mie yang terbuat dari bahan utama mie hokian, mie berwarna kuning dengan tekstur kenyal dan tebal. Semangkuk miso khas Pekanbaru, berisi campuran mi kuning, mi putih, tahu, tauge dan diberi taburan kerupuk merah di atasnya. Yang menjadi ciri khas adalah siraman kuah kaldu yang gurih dan kaya akan bumbu. Rempah khas yang digunakan antara lain kapulaga, kayumanis dan cengkeh. Harga 1 porsi mieso pun terbilang murah, hanya Rp.15.000 saja. Soal rasa tak perlu ditanya, rasaya enak, gurih, kenyal dan nikmat.

 

BACA JUGA : 5 Hotel Terbaik Harga Dibawah 1 Juta di batam

 

4. Roti Jala

Photo By : @claudiathe70

 

Objek wisata kuliner di Riau yang unik dan lezat selanjutnya adalah adsadad. Roti jala sudah tidak asing lagi di telinga. Roti ini sudah sangat terkenal. Roti jala yaitu roti yang berbahan tepung. Kalau biasanya kita makan roti hanya pakai susu atau keju, berbeda dengan roti jala ini, roti jala ini dihidangkan bersama saus durian dan pas banget untuk yang suka manis, untuk anda yang gak suka manis biasanya roti jalan ini dimakan dengan kari daging ayam atau kambing. Tentunya roti ini sangat banyak di gemari dan banyak di minati karena cara penyajianya yang berbeda.

 

Roti jala memiliki bentuk yang tidak sama dengan roti padsa umumnya. Hal ini dikarenakan ciri khas dari roti jala khas Riau ini memiliki bentuk yang tipis, berongga atau berlubang-lubang layaknya sebuah jala atau jaring yang biasa dipakai para nelayan untuk menangkap ikan. Roti Jala terdiri dari 2 dua jenis, yaitu roti jala asin dan roti jala manis. Roti jala asin biasanya disajikan dengan kuah kari ayam atau kuah kari daging sapi, sedangkan roti jala manis dilengkapi dengan saus kuah durian/duren dan ada juga dimakan dengan pisang (with banana) dan ada juga variasi macam macam jenis roti jala aneka isi, seperti roti jala isi pisang, roti jala isi srikaya, roti jala isi coklat, roti jala keju, roti jala isi lainnya.

 

BACA JUGA : 7 Air Terjun Yang Terbaik dan Terfavorit di Riau

 

5. Es Laksamana Mengamuk

Photo By : @sabatheawisnuwati

 

Objek wisata kuliner di Riau yang unik dan lezat selanjutnya adalah adsadad. Es laksamana mengamuk merupakan sajian segar yang terbuat buah ambacang atau kuini yang dicacah, dicampur dengan santan serta gula merah dan dihidangkan dengan es. Dengan aroma kuini yang cukup terasa sudah memberikan nuansa segar dari minuman ini. Minuman ini selalu dijadikan minuman favorit, apalagi kalau siang hari.
Jika anda ingin mencicipi minuman ini, anda cukup datang ke Pondok Patin HM Yunus, yang terletak di Jalan KH Nasution, Pekanbaru.

 

 

Nah itulah beberapa makanan khas riau yang wajib anda cicipi jika anda sedang berada di riau. Jika ada tambahan, kamu dapat menambahkannya di kolom komentar. Jangan lupa juga untuk membagikan artikel ini.

 

Semoga bermanfaat ^_^
Comments