5 Curug yang Mempesona di Purwokerto

0 17

Purwokerto

merupakan daerah yang banyam menarik para wisatawan. Purwokerto murupakan pusat pemerintahan dan juga ekonomi. Para wisatawan yang berdatangan ke Purwokerto kebanyakan adalah wisatawan yang mencari tempat wisata. Banyak tempat wisata di purwokerto yang terkenal indah, salah satunya adalah air terjun atau curug yang begitu mempesona.

 

Barikut saya akan membahas beberapa air terjun di Purwokerto yang membuat mata dibikin manja melihatnya, antara lain :

 

 

1. Curug Ceheng

Photo By : @kabut.gelap_

 

Curug Ceheng ini terletak di tengah hutan dan perkebunan yang dekat dengan jalan raya beraspal, tepatnya di desa Gandatapa kecamatan Sumbang di ketinggian 600 meter di atas permukaan laut.
Curug Ceheng ini dapat menarik pata pengunjung dengan keindahan alamnya dan suasananya yang asri. Selain itu, panorama yang amat menakjubkan juga menjadi daya tarik utama para wisatawan.

 

Air terjun ini di kelilingi oleh tanaman-tanaman paku yang tumbuh di sekitarnya, sehingga bagi yang berenang akan merasakan indahnya berenang bersama tanaman paku dan air jernih yang membuat tubuh menjadi segar. Para wisatawan kebanyakan melakukan poto-poto ketika berenang dan mengabadikan pemandangan tersebut.

 

Curug Ceheng juga memiliki beberapa fasilitas, diantaranya adalah Gubuk-gubuk di pinggir air terjun yang dijadikan tempat berdagang warga. Waktu yang ditempuh untuk sampai di curug ini sekitar 15 menit dari pusat kota purwokerto. Dari gerbang masuk menuju air terjun kita perlu berjalan kaki sembari menikmati pemandangan yang di sediakan air terjun ini, kita berjalan kaki sekitar 300 meter.
Untuk masuk ke air terjun ini kita hanya perlu membayar Rp.7.000 untuk 1 motor yang parkir.

 

2. Curug Bayan

Photo By : @mikerahayus

 

Curug yang satu ini juga merupakan curug yang mempesona di Purwokerto. Curug Bayan adalah wisata air yang banyak di minati oleh para wisatawan. Selain pemandanganya yang indah, harga tiket masuk ke curug ini juga sangat murah yaitu Rp.3.000/orang, dan itu yang membuat curug ini selalu di banjiri para wisatawan.
Banyak hal yang bisa di lakukan di curug ini, mulai dari berenang, berendam hingga cliff jumping juga bisa di lakukan di curug ini. Selain orang dewasa, anak-abak juga bisa menikmati enaknya berendam dan berenang karena curug ini memiliki kedalaman yang terpisah.

 

Waktu tempuh yang dibutuhkan untum sampai ke curug ini sekitar 20 menit dengan kendaraan. Curug ini ditempuh melalui rute kota Purwokerto berangkat dari masjid Agung atau alun-alun lurus menuju ke arah utara ke kecamatan Baturaden hingga bertemu dengan lokasi wisata Small Garden di kiri jalan. Setelah itu naik sedikit dan belok ke jalan kecil di kiri jalan.

 

Memang agak ribet, namun kelelahan kita di perjalanan akan terbayar oleh indahnya curug bayan ini.
Jika kalian cape, kalian bisa menyewa Vila yang ada di sekitar curug dengan harga mulai Rp.400.000/kamar.

 

3. Curug Telu

Photo By : @intanfransiskars

 

Curug Telu terletak di Curug ini terletak di Desa Karangsalam, Kecamatan Baturraden-Purwokerto. Curug telu ini merupakan curug selanjutnya di kota purwokerto yang banyak menyita perhatian para wisatawan. Mengapa tidak. Curug ini memiliki tiga curug yang terdiri dari satu curug besar dan dua curug kecil.

Untuk sampai di curug telu ini terbilang lumayan jauh, karena curug ini jauh dari pusat kota purwokerto. Waktu yang di butuhkan sekitar 20-30 menit untuk sampai di curug ini. Namun, dengan waktu tempuh yang cukup lama akan terbayar oleh indahnya pemandangan di curug telu nanti.

 

Karena curug ini memiliki banyak keindahan, diantaranya hiasan tanaman hijau, lumut hijau, tumbuhan-tumbuhan paku yang menghiasi area curug Telu, bebatuan yang menyusun batu besar, indahnya tebing-tebing yang di singgahi kelelawar, semua pemandangan itu akan menjadi bayaran lelahnya anda di perjalanan.

 

Selain pemandangan di atas, ada 1 lagi yang membuat wisatawan tercengang melihat pemandangan ini. pemandangan itu adalah curug Lawang dan curug Sendang Bidadari yang terdapat di dua curug di kiri jalan dan ada sungai atau danau seperti kolam yang alami. Tiket masuk ke Curug ini adalah Rp.3.000/orang.

 

BACA JUGA :

 

13 Tempat Wisata Terbaik dan Terpopuler di Semarang

 

12 Tempat Wisata yang Paling Asik dan Menarik di Jakarta

 

8 Air Terjun di Yogyakarta yang Begitu Mempesona dan Menakjubkan

 

8 Destinasi Wisata Menarik di Pekanbaru yang Harus Kamu Kunjungi

 

4. Curug Cipendok

Photo By : @nh_anisaa

 

Curug Cipendok ini terletak di desa Karang Tengah, Kecamatan Cilongok. Letaknya sekitar 7 Km jauhnya dari Pusat Kota Purwokerto. Curug ini pemadangannya begitu mempesona dan indah. Awalnya, pada zaman dahulu ada seorang Raden Ranusentika dari Ajibarang yang diberikan tugas untuk melakukan kerja rodi. Kerja rodi itu dilakukan dengan tujuan membuka lahan hutan untuk perkebunan hingga menebang banyaknya pohon-pohon yang berada di hutan. Namun, rencananya selalu mengalami gangguan dan akhirnya gagal. Pada suatu saat iapun bertapa, namun sayang tapanya tidak menghasilkan apapun. Iapun agak kecewa hingga pada akhirnya ia menghibur diri dengan cara memancing di air terjun.

 

Ketika Raden memancing ia mendapati pancingnya melengkung lalu ia angkat. Sayangnya bukan ikan yang ia dapat, melainkan sebuah cincin warangka keris. Ia sangat heran dan mencoba untuk memakai cincin ini, beberapa detik kemudian ia terkejut dengan adanya makhluk-makhkuk halus di sekitarnya yang sering menggagalkan aksinya membedah hutan.

 

Nah Nama Cipendok sendiri diambil dari kejadian itu, Cipendok berarti Ci yaitu cincin dan Pendok yaitu cicin dari sebilah keris.

 

Rute untuk sampai di curug ini bisa dimulai dari pusat kota Purwokerto melalui jalan Jendral Sudirman ke arah alaun-alun, Lalu lurus menuju ke jalan raya Losari, sekitar 7 km jauhnya dari Puwokerto. Lalu bertemu dengan tanda jalan masuk ke curug di kiri jalan raya. Kemudian mengikuti jalan utama dan melihat penunjuk jalan. Jalan yang dilalui naik turun dan berkelok namun sudah di aspal dan halus.

 

Untuk pergi ke Curug ini sebaiknya anda menggunakan alat transportasi pribadi, karena fasilitas transportasi untum sampai ke curug ini belum ada yang mampu mengantarkan menuju ke lokasi.
Tiket Masuk Ke Curug Ini hanya Rp.6.000 dan harga ini sudah menjamin anda dengan asuransi jiwa dan tempat parkir.

 

5. Curug Kembar

Photo By : @anissaanf_

 

Curug kembar ini memiliki dua aliran air terjun setinggi 7 meter dan Kedalaman yang dimiliki curug ini hanya sedalam 2 meter.  Curug ini berdekatan dengan curug telu yaitu berada di desa Karang Salam. Untuk masuk ke curug ini kita hanya perlu membayar Rp.2.000-, dengan harga segitu kita sudah dapat menikmati indahnya pemandangan, hijaunya dedauanan, sejuknya suasana hutan, jernihnya air terjun, dan adanya ikan-ikan kecil yang bisa kamu tangkap.

 

Wisatawan yang berdatangan kesini rata-rata adalah rombongan keluarga. Karenan curug ini menyuguhkan pemandangan dan fasikitas yang lumayan aman untuk anak-anak.

 

 

Itulah daftar – daftar curug yang mempesona di Purwokerto yang dapat saya bagikan. Jangan lupa untuk berkomentar dan membagikan artikel ini ya!

 

Semoga Bermanfaat ^_^
Comments