4 Wisata Kuliner Yang Khas Dan Lezat di Lamongan

0 5
4 Wisata Kuliner Yang Khas Dan Lezat di Lamongan
5 (100%) 1 vote[s]

Lamongan

merupakan suatu daerah yang terletak di Jawa Timur. Lamongan banyak sekali menyimpan Wisata alam, wisata sejarah, wisata religi, maupun wisata kuliner. Banyak wisatawan asing yang datang ke lamongan untuk berlibur. Selain berlibur, para wisatawan juga memburu berbagai makanan-makanan khas lamongan yang populer untuk disantap maupun di jadikan oleh-oleh. Berikut saya akan membahas makanan-makanan khas lamongan yang rasanya menggitu menciut di lidah. Diantaranya :

 

 

1. Soto Lamongan

kuliner lamongan
Photo By : @dapurlarose

 

Kuliner khas yang populer dan khas di Lamongan yang pertama adalah  Soto Lamongan. Makanan khas lamongan yang satu ini sudah terkenal ke seluruh pelosok indonesia bahkan ke luar negeri juga. Rasa soto ayam Lamongan tidak kalah dengan hidangan-hidangan mewah. Rasanya yang gurih diperoleh dari bumbu-bumbu rempah seperti jahe, merica, ketumbar, dan kemiri. Kuah soto ini berwarna bening kekuningan karena menggunakan kunyit. Ciri khas kuliner ini terletak pada daging ayam kampung empuk dan koya, yaitu serbuk kerupuk udang. Jika anda ingin mencicipi soto lamongan ini, anda cukup datang ke Depot Asih Jaya yang terletak di Jalan Panglima Sudirman No. 4.

 

2. Nasi Boranan

kuliner lamongan
Photo By : @eattemptationsby

 

Kuliner khas yang populer dan khas di Lamongan yang pertama adalah Nasi Boranan. Nasi boran menjadi salah satu kuliner khas Lamongan yang akan dipatenkan oleh Pemkab Lamongan. Nasi Boran adalah racikan nasi khas dari Lamongan yang banyak ditemukan jika kita berkunjung ke Lamongan. Hampir di setiap sudut kota Lamongan ada penjaja nasi boran ini. Ada kenikmatan tersendiri di nasi boranan ini, sajian Untuk lauknya selalu ditawarkan beragam pilihan. Diantaranya daging ayam, jeroan, ikan bandeng, telur dadar, telur asin, tahu, tempe. Lauk lain yang tidak ditemukan di makanan lainnya adalah ikan Sili yang harganya lebih mahal dibandingkan dengan harga lauk lainnya. Untuk satu porsinya biasanya Rp 10 ribu, tapi khusus untuk ikan Sili satu porsinya bisa Rp 15 ribu hingga Rp. 25 ribu tergantung besar kecilnya ikan Sili.

 

BACA JUGA :

 

12 Tempat Wisata di Surabaya yang Populer Hingga Sekarang

 

11 Tempat Wisata Populer di Malang yang Selalu Diserbu Wisatawan

 

10 Tempat Wisata di Yogyakarta yang Tak Boleh Kamu Lewatkan

 

10 Tempat Wisata yang Terpopuler dan Terindah di Bengkulu

 

 

3. Tahu Campur

Photo By : @phiphi_chan

 

Kuliner khas yang populer dan khas di Lamongan yang pertama adalah Tahu Campur. Tahu campur Lamongan menggunakan bahan-bahan pembuatan yang terdiri dari sop daging sapi kenyal, tahu goreng, perkedel singkong, tauge segar, salada air, mie kuning, dan kerupuk udang. Perpaduan antara bahan-bahan tersebut membuat tahu campur Lamongan memiliki rasa cukup menarik di lidah, rasa nikmat tersebut adalah gurih-gurih segar.

Terlebih bahan-bahan tersebut masih dicampur lagi dengan bumbu petis, bawang goreng, dan juga sambal. Sehingga menghasilkan rasa gurih dan sedikit pedas di lidah. Untuk menemukan kuliner khas Indonesia ini sebenarnya cukup mudah, anda cukup datang ke Jalan Panglima Sudirman. Tidak hanya mudah didapat, tetapi kuliner ini juga dibanderol dengan harga cukup murah meriah. Hanya berkisar mulai dari Rp. 10 – 20 ribuan saja Anda sudah bisa menikmatinya. Dijamin, perut Anda akan langsung kenyang setelah memakannya.

 

4. Wingko Babat Lamongan

kuliner lamongan
Photo By : @stella_erditya02

 

Kuliner khas yang populer dan khas di Lamongan yang pertama adalah Wingko Babat Lamongan. Wingko babat merupakan Sejenis kue yang terbuat dari kelapa muda dan beras ketan. Wingko babat ini bisa anda dapatkan di Depot Loe Lan Ing yang terletak di Jalan Raya Babat No. 205. Wingko Babat Loe Lan Ing ini cukup kenyal (pulen), gurih dan juga manis, terasa sekali kelapa dan ketannya yang murni tanpa campuran.

Resep wingkonya juga masih dipertahankan dari dulu. Sehingga Wingko Babat Loe Lan Ing kepadatannya pas, tidak terlalu keras dan tidak terlalu lembek, juga tidak nempel di gigi saat digigit. Kemasannya yang masih cukup sederhana, biasanya dijual dalam kemasan kantong plastik berisi 20 bungkus. Tapi bagi yang ingin mencoba dengan membeli bijian, juga tetap akan dilayani dengan baik. Kalau masalah harga cukup bersaing, untuk sekantong dibandrol dengan harga 45ribu rupiah. Sedangkan untuk bijian, 2.500 rupiah untuk ukuran kecil dan 12ribu rupiah untuk ukuran besar.

 

 

Nah, itulah beberapa makanan khas lamongan yang wajib kamu coba jika anda berkunjung ke Lamongan. Rasanya sangat enak dan menggugah selera. Dijamin anda akan ketagihan.

 

Selamat menikmati ^_^
Comments