10 Tempat Wisata yang Menarik di Kabupaten Karanganyar

0

Karanganyar

merupakan salah satu kabupaten di Pulau Jawa yang terletak di Provinsi Jawa Tengah. Kabuapaten Karanganyar ini pusatnya berada di Karanganyar Kota, sekitar 14 km sebelah timur Kota Surakarta. Terlepas dari itu, ternyata Kabupaten Karanganyar ini juga memiliki beberapa obyek tempat wisata yang keren dan menarik untuk kalian kunjungi kala menikmati waktu libur di Jawa Tengah tepatnya di Karanganyar. Dan berikut ini saya bagikan daftar – daftar tempat wisata di Kabupaten Karanganyar, diantaranya:

 

 

1. Taman Hutan Rakyat Ngargoyoso

wisata karanganyar
Photo By : @taufikgustiii

 

Obyek tempat wisata di Karanganyar yang menarik pertama yaitu Taman Hutan Rakyat Ngargoyoso. Taman Hutan Rakyat Ngargoyoso ini berlokasikan di Dusun Sukuh, Berjo, Ngargoyoso, Tambak, Girimulyo, Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Adapun untuk memasuki tempat wisata yang satu ini yaitu sekitar Rp 7.000 per orangnya. Taman Hutan Rakyat Ngargoyoso ini cocok untuk kamu yang menginginkan suasana yang tenang jauh dari keriuhan kota. Disini kalian  akan merasakan suasana pegunungan yang sejuk, lengkap dengan teduhnya pepohonan pinus yang tenang dan sangat jauh dari kesan kebisingan kota. Selain itu, disini juga terdapat berbagai wahana menarik dan seru seperti berkuda, memanah, area bermain, fasilitas outbound, wisata religi pun dapat anda lakukan disini.

 

2. Bukit Sekipan Tawangmangu

wisata karanganyar
Photo By : @ashimamill

 

Obyek tempat wisata di Karanganyar yang menarik selanjutnya yaitu Wisata Bukit Sekipan Tawangmangu. Wisata Bukit Sekipan Tawangmangu ini lokasinya terletak di Jl. Sekipan, Kramat, Kalisoro, Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Tiket untuk memasuki Wisata Bukit Sekipan Tawangmangu ini yaitu berkisar sekitar Rp.50.000 per orang. Disini kalian akan menemukan banyak hal yang menyenangkan untuk dilakukan seperti diantaranya seperti bermain air di mini waterpark, menikmati suasana alam serta Rumah Papua dan Kampung Halloween. 

 

BACA JUGA : 6 Museum Bersejarah di Magelang Yang Wajib Dikunjungi

 

3. Telaga Madirda

wisata karanganyar
Photo By : @wh_u32juana

 

Obyek tempat wisata di Karanganyar yang menarik selanjutnya yaitu Telaga Madirda. Lokasi Telaga Madirda ini terletak di Dusun Tlogo, Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Propinsi Jawa Tengah. Kalian hanya perlu membayar Rp 5.000 per orang. Telaga Madirda memilki penorama alam yang cukup menawan. Disini juga kalaian akan menikmati suasana alami khas pegunungan yang sejuk dan menenangkan. Disekitar telaga ini juga kalian dapat melihat hamparan pohon rindang serta sawah yang berundak-undak yang sekilas nampak seperti pemandangan di Ubud, Bali.

 

4. Candi Sukuh

wisata karanganyar
Photo By : @seruni_bodjawati

 

Obyek tempat wisata di Karanganyar yang menarik selanjutnya yaitu Candi Sukuh. Candi Sukuh berlokasikan di Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Kalian hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp.10.000 saja untuk memasuki Candi Sukuh ini.  Candi Sukuh ini memiliki bentuk yang cukup sederhana seperti bentuk trapesium yang mirip dengan kuil Suku Maya Chichen Itza di Meksiko versi tidak rapinya. Satu hal yang unik dari Candi Sukuh ini yaitu konon katanya candi ini memiliki kaitan erat dengan kesetiaan pasangan.

 

BACA JUGA : 5 Wisata Alam Di Brebes yang Wajib Kamu Kunjungi

 

5. Air Terjun Jumog

wisata karanganyar
Photo By : @ariesieass

 

Obyek tempat wisata di Karanganyar yang menarik selanjutnya yaitu Air Terjun Jumog. Kalian dapat menemukan Air Terjun Jumog ini di desa Gandu, Berjo, Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Dengan tiket masuk yang begitu murah yaitu Rp.5.000 per orangnya, kalian akan mendapatkan fasilitas yang cukup lengkap seperti wahana permainan, jungkat jungkit, ayunan, bola panjat, dan juga kios makanan. Di Air Terjun Jumog ini, kalian akan disuguhi dengan pemandangan yang sangat indah engan atmosfer dan nuansa yang sejuk dan menenangkan.

 

6. Grojogan Sewu

Photo By : @paltiasr

 

Obyek tempat wisata di Karanganyar yang menarik selanjutnya yaitu Grojogan Sewu. Grojogan Sewu berlokasikan di Jl. Raya Tawangmangu Tawangmangu Beji, Beji, Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.  Berbeda dengan air terjun sebelumnya, untuk dapat menikmati air terjun ini, kalian harus memerlukan perjuangan yang sedikit lebih ekstra melelahkan serta harga tiket yang agak mahal yaitu Rp20.000 per orangnya. Grojogan Sewu ini memiliki ketinggian lebih dari 20 meter dengan debit air yang besar. Dengan deburan airnya yang menggelegar dan efek embun yang terjadi memberikan sensasi yang asik untuk dinikmati.

 

BACA JUGA : 8 Tempat Wisata di Grobogan yang Paling Populer

 

7. Bukit Hope

wisata karanganyar
Photo By : @claraolgareal

 

Obyek tempat wisata di Karanganyar yang menarik selanjutnya yaitu Bukit Hope. lokasi Bukit Hope ini terlteak di Jalan Dusun Tawang, Wonorejo, Jatiyoso, Sawah, Wonorejo, Jatiyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Kalian hanya perlu membayar Tiket Masuk sebesar Rp 5.000 per orangnya. Kalian akan disuguhkan dengan keindahan panorama alam Karanganyar. Disini juga kalian akan mendapatkan fasilitas lengkap seperti spot berswafoto yang kekinian dan keren tentunya.

 

8. Paralayang Kemuning

Photo By : @nanangtofik

 

Obyek tempat wisata di Karanganyar yang menarik selanjutnya yaitu Paralayang Kemuning. Bagi kalian pecinta adrenalin, maka Paralayang Kemuning ini cocok untuk kalian tuju. Berlokasi di Segorogunung, Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah dengan harga tiket masuk Rp 300.000 (Paralayang) kalian bisa merasakan keseruan terbang layaknya burung. Kalian juga dapat melihat panorama alam Karanganyar dari atas ketinggian.

 

BACA JUGA : Water Blaster, Taman Air Keluarga Yang Seru di Semarang

 

9. Taman Bintang

wisata karanganyar
Photo By : @vickyvarro

 

Obyek tempat wisata di Karanganyar yang menarik selanjutnya yaitu Taman Bintang. Taman Bintang ini terletak di desa Kemuning, Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.  Dengan harga tiket masuk yang murah yaitu Rp.2.000 per orang, kalian dapat menjelajahi Taman Bintang yang dipenuhi dengan wahana berselfie seperti gardu pandang yang menyuguhkan pemandangan alam yang sangat menawan.

 

10. Tenggir Park

Photo By : @rofihidayat16

 

Obyek tempat wisata di Karanganyar yang menarik terakhir yaitu Tenggir Park. Tenggir Park ini berlokasi di desa Kemuning, kampung tenggir, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Kalian hanya perlu membayar Tiket Masuk sebesar Rp 10.000 per orang saja. Fasilitas yang ada di Tenggir Park ini cukup lengkap, kalian dapat menemukan rumah adat honai dari khas Papua dengan bentuknya yang kerucut dan terbuat dari jerami yang disusun rapi. Selain itu, di Tenggir Park ini juga kalian dapat menikmati suasana alam yang begitu sejuk dan segar.

 

 

Demikian itulah daftar – daftar tempat wisata yang keren dan menarik di Kabupaten Karanganyar Jawa Tengah. Jangan lupa juga untuk berkomentar dan membagikan artikel ini ya !!

 

Selamat berwisata 🙂

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Comments
Loading...