Wisata Situ Patenggang, Review dan Harga Tiket Masuk

0

Situ Patenggang

terletak di daerah Bandung selatan merupakan salah satu objek wisata alam yang berada di Ciwidey. Situ Patenggang ini berdekatan dengan tempat wisata favorit lainnya di daerah Bandung selatan, yaitu kawah putih dan Glamping Lakeside Rancabali. Letak tempat wisata yang satu ini memang amat menarik. Terletak di dataran ketinggian dan dikelilingi oleh perkebunan teh yang luas hamparan hijau daun teh menjadikan tempat ini sangat indah mulai dari perjalanan sampai ke lokasi . Berikut kami bagikan informasi mengenai Situ Patenggang beserta harga tiket masuk nya:

 

Situ Patenggang
Photo By : @nizaramrullah

 

1.Legenda Situ Patenggang

 

Situ Patenggang bandung memiliki legenda. Nama situ patenggang sendiri berasal dari kata pateang-teang ( saling mencari) . Seperti biasa, legenda ini bersangkut-paut dengan hubungan cinta . Disebutkan dua orang titisan dewa bernama raden Santang dan dewi rengganis yang terpisahkan sekian lama. Mereka pun saling mencari, dan akhirnya bertemu di tempat yang sekarang bernama batu cinta. Dewi Rengganis mengajukan permohonan kepada raden santang untuk dibuatkan danau dan perahu agar mereka bisa berlayar. Perahu inilah yang kemudian menjadi pulau di tengah situ patenggang.

 

2.Lokasi

Situ Patenggang
Photo By : @husna_gendis

 

Untuk lokasinya, tempat wisata alam yang satu ini berada di daerah Bandung selatan, berdekatan dengan kebun teh ciwalini. Posisi tempat wisata yang satu ini sendiri terletak kurang lebih 5 KM setelah kawah putih. Tempat wisata yang satu ini sendiri dikelilingi oleh perkebunan teh yang hijau dan pemandangan nya yang indah sekali.

 

BACA JUGA : Review dan Harga Tiket Masuk Ranca Upas Ciwidey

 

3.Hal-hal Yang Bisa Dilakukan

Situ Patenggang
Photo By : @zulfha16_

 

Di tempat wisata alam ciwidey ini, kalian bisa mengelilingi situ dengan menyewa perahu. Disini juga terdapat beberapa tempat spot yang asyik banget buat menikmati keindahannya. Ada satu hal yang harus kalian ketahui gerbang masuk resmi ke Situ ini berbeda dengan gerbang Glamping Lakeside. Tapi ada jalan dari glamping untuk menuju ke area resmi patenggang.

 

BACA JUGA : 20 Tempat Wisata Bandung yang Populer dan Indah

 

4.Transportasi

objek wisata ciwidey
Photo By : @aryasandyaw

 

Untuk menuju ke Situ Patenggang, kalian bisa menggunakan angkutan umum dari terminal leuwi panjang – ciwidey, terus perjalanan bisa dilanjutken menggunakan angkutan desa. Jika kalian ingin menggunakan kendaraan pribadi, kalian bisa ke menuju lokasi tempat wisata yang satu ini melewati jalur kopo-soreang-ciwidey-situ patenggang.

 

BACA JUGA : 9 Tempat Wisata yang Populer dan Terkenal di Ciwidey

 

5.Akomodasi

Situ Patenggang
Photo By : @buruhphoto

 

Tiket masuk ke situ patenggang terbilang cukup murah kalian hanya mengeluarkan bajet sebeaar Rp 18.000 per orang saja. Fasilitas yang ada di tempat ini cukup lengkap, di sana sudah ada tempat parkir cukup luas, dilengkapi dengan tempat ibadah serta telah di sediakan toilet umum. Selain itu, di tempat ini juga terdapat villa tempat menginap yang berada di pinggir situ dan berada dibawah pengelolaan perhutani.

 

BACA JUGA : Tiket Masuk dan Review Pantai Pangandaran

 

6.Tiket Masuk

 

Untuk informasi mengenai harga tiket masuk objek wisata ciwidey yang satu ini, berikut daftarnya:

 

Senin – Jum’at

  • Wisatawan Lokal Rp.18.000/orang
  • Wisatawan Mancanegara Rp.135.000/orang

Sabtu – Minggu

  • Wisatawan Lokal Rp.20.500/orang
  • Wisatawan Mancanegara Rp.185.000/orang

Tarif Parkir

  • Roda 2 Rp.3.500
  • Roda 4 Rp.11.500
  • Bus/Truk Rp.22.000

 

 

Nah bagaimana? Apakah kalian tertarik untuk berwisata Kesitu Patenggang?

 

Selamat berwisata πŸ™‚

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Comments
Loading...