7 Tempat Wisata di Kabupaten Buol Yang Menarik

0

Buol

merupakan salah satu kabupaten di Indonesia yang terletak di Pulau Sulawesi tepatnya di Provinsi Sulawesi Tengah. Kabupaten Buol ini ternyata memiliki beberapa tempat wisata yang tak kalah menariknya dengan di kota lainnya di Sulawesi Tengah. Nah bagi kamu yang ingin atau sedang berkunjung di Sulawesi Tengah ini, maka tak ada salahnya mengunjungi Objek tempat wisata menarik di Kabupaten Buol Sulawesi Tengah ini yang diantaranya:

 

 

1. Pelabuhan Leok

Sulawesi Tengah
Photo By : @fadli4768

 

Objek tempat wisata menarik di Kabupaten Buol Sulawesi Tengah yang pertama yaitu Pelabuhan Leok. Pelabuhan Leok yang satu ini cukup ramai dikunjungi oleh wisatawan karena memiliki panorama yang cukup indah dan mempesona.  Pelabuhan Leok ini dikelilingi oleh pegunungan. Pemandangan senja di Pelabuhan Leok juga cukup menawan, sehingga sering kali dikunjungi oleh muda mudi hanya untuk sekedar menghabiskan waktu. Lokasi Pelabuhan Leok ini berada di Leok I, Biau, Kabupaten Buol, Sulawesi Tengah.

 

2. Pemandian Kumaligon

Sulawesi Tengah
Photo By : @kumis.panjang

 

Objek tempat wisata menarik di Kabupaten Buol Sulawesi Tengah yang selanjutnya yaitu Pemandian Kumaligon. Pemandian Kumaligon ini lokasinya terletak di Desa Kumaligon, Kecamatan Biau, Sulawesi Tengah. Akses menuju ke lokasi Pemandian Kumaligon ini juga tidak terlalu sulit, karena kamu hanya perlu menempuh perjalanan selama 10 menit dari Kelurahan Leok. Di Pemandian Kumaligon ini kamu dapat menikmati air yang cukup dingin. Karena letaknya yang tidak jauh dari keramaian, pemandian ini selalu ramai dikunjungi wisatawan di setiap akhir pekan.

 

BACA JUGA : 9 Tempat Wisata Populer di Palu Sulawesi Tengah

 

3. Pulau Busak

Sulawesi Tengah
Photo By : @suzanadorothea

 

Objek tempat wisata menarik di Kabupaten Buol Sulawesi Tengah yang selanjutnya yaitu Pulau Busak. Pulau Busak ini merupakan sebuah pulau yang terletak di Desa Busak, Kecamatan Karamat, Kabupaten Buol, Sulawesi Tengah. Untuk dapat mencapai lokasi Pulau Busak ini, kamu harus menempuh perjalanan sejauh 15 km dari pusat kota, dan kemudian melanjutkan perjalanan dengan menaiki perahu dengan waktu tempuh 10 menit. Di Pulau Busak ini kamu akan disuguhkan dengan hamparan pasir putih yang sangat indah, dan lautnya yang masih berwarna biru bersih.

 

BACA JUGA : 5 Tempat Wisata di Sigi Yang Menarik Dikunjungi

 

4. Pantai Batu Susun Lakea

wisata buol
Photo By : @google

 

Objek tempat wisata menarik di Kabupaten Buol Sulawesi Tengah yang selanjutnya yaitu Pantai Batu Susun Lakea. Pantai Batu Susun Lakea ini lokasinya  terletak di Desa Lakea 2, Kecamatan Lakea, Sulawesi Tengah. Di Pantai Batu Susun Lakea ini, kamu akan menemukan keunikannya berupa keberadaan batu karang yang seolah-olah tersusun secara rapi di tepi pantai.

 

5. Bendungan Air Terang

wisata buol
Photo By : @sirlawati_96

 

Objek tempat wisata menarik di Kabupaten Buol Sulawesi Tengah yang selanjutnya yaitu Bendungan Air Terang. Bendungan Air Terang ini lokasinya berada di Desa Air Terang, Kecamatan Tiloan, Sulawesi Tengah. Untuk dapat mencapai lokasi Bendungan Air Terang ini, kamu harus menempuh perjalanan sekitar 2 jam ke arah selatan pusat keramaian Kota Buol. Di Bendungan Air Terang ini kamu dapat menikmati indahnya arsitektur bendungan ditambah lagi dengan adanya jembatan gantung berwarna biru di atasnya. Kamu pun bisa bersantai di sana sambil menghabiskan waktu dengan teman maupun kekasih.

 

BACA JUGA : 5 Destinasi Wisata yang Indah dan Mempesona di Morowali

 

6. Pulau Boki

Photo By : @mhylaa

 

Objek tempat wisata menarik di Kabupaten Buol Sulawesi Tengah yang selanjutnya yaitu Pulau Boki. Pulau Boki ini lokasinya berada di Kecamatan Paleleh Barat. Untuk bisa ke sana, kamu harus menempuh perjalanan selama kurang lebih 3 jam dari pusat kota. Pulau Boki ini suasana alamnya masih sangat alami karena belum diketahui banyak orang. Di Pulau Boki ini kamu akan disuguhkan dengan hamparan pasir putih yang indah serta batu karang yang masih alami. Selain itu, keberadaan beberapa bukit di Pulau Boki juga semakin menambah indah suasananya.

 

BACA JUGA : 6 Tempat Wisata Yang Populer di Tolitoli

 

7. Pulau Panjang Paleleh

wisata buol
Photo By : @novitahanapi

 

Objek tempat wisata menarik yang terakhir yaitu Pulau Panjang Paleleh. Sesuai dengan namanya, pulau yang satu ini bentuknya memanjang. Ketika kamu mengunjungi Pulau Panjang Paleleh ini, kamu akan menemukan hamparan bukit yang diselimuti oleh hijaunya pohon dan rerumputan. Dari atas bukit, kamu dapat melihat dan menikmati pemandangan keindahan alam Buol, berupa laut dan beberapa pulau yang ada di sekitarnya dari atas ketinggian.

 

 

Demikian itulah daftar – daftar tempat wisata yang menarik di Kabupaten Buol, Sulawesi Tengah. Semoga artikel ini dapat bermanfaat serta dapat menjadi sumber referensi. jangan lupa berkomentar dan membagikan artikel ini ya.

Selamat berwisata 🙂

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Comments
Loading...