9 Air Terjun di Jambi Yang Indah dan Mempesona

0

Jambi

merupakan salah satu Provinsi di Indonesia yang letaknya berada di Pulau Sumatera. Jambi ini ternyata memiliki destinasi wisata alam yang begitu indah dan mempesona berupa air terjun. Air terjun yang ada di Jambi ini tentu tak kalah pesonanya dengan air terjun yang ada di wilayah lainnya di Indonesia. Nah berikut ini saya akan membagikan daftar – daftar Objek tempat wisata air terjun yang indah dan mempesona di Jambi, diantaranya:

 

 

1. Air Terjun Dukun Betuah

wisata jambi
Photo By : @acil.strider

 

Objek tempat wisata air terjun yang indah dan mempesona di Jambi pertama adalah Air Terjun Dukun Betuah. Air Terjun Dukun Betuahini merupakan air terjun yang tersembunyi jadi wajar saja jika di sini begitu alami nan asri. Untuk dapat mencapai Air Terjun Dukun Betuah ini kamu harus menempuh perjalanan sekitar 3 jam dari Kota Bangko. Air Terjun Dukun Betuah ini memiliki ketinggian sekitar 100 meter. Untuk lokasi tepatnya, air terjun ini berada di Desa Rantau Suli, Kecamatan Sungai Tenang, Kabutan Merangin.

 

Ketika kamu mengunjungi Air Terjun Dukun Betuah ini, kamu akan disuguhkan dengan air yang jernih dan bersih serta udara yang begitu segar. Untuk dapat memasuki air terjun ini, kamu harus membayar Rp.5.000 saja per orang.

 

2. Air Terjun Pancaro Rayo

wisata jambi
Photo By : @anoqqincaitrip

 

Air terjun yang ini juga merupakan air terjun yang indah dan tersembunyi di Jambi yaitu Air Terjun Pancaro Rayo. Untuk dapat mencapai lokasi Air Terjun Pancaro Rayo ini, kamu harus perjalanan atau pendakian sekitar 1 jam karena lokasinya dekat dengan gunung Kerinci. Walaupun agak melelahkan, tapi di dalam perjalanan kamu akan disuguhkan dengan pemandangan yang begitu mempesona terutama ketika sampai di lokasi.

 

BACA JUGA : 5 Wisata Kuliner di Jambi Yang Paling Terkenal

 

3. Air Terjun Pendung Semurup

wisata jambi
Photo By : @robiadeputra_

 

Objek tempat wisata air terjun yang indah dan mempesona di Jambi selanjutnya adalah Air Terjun Pendung Semurup. Air Terjun Pendung Semurup ini lokasinya berada di Desa Pendung Kecamatan Air Hangat Kabupaten Kerinci. Air Terjun Pendung Semurup ini memiliki ketinggian mencapai hingga sekitar 16 meter. Berbeda dengan air terjun sebelumnya, air terjun yang satu ini memiliki akses yang bisa dikatakan cukup gampang yang mana dapat ditempuh sekitar 1 sampai 2 jam. Pesona yang ada di Air Terjun Pendung Semurup ini tentu begitu mempesona yang mana kamu tak akan menyesal telah mengunjunginya.

 

4. Air Terjun Renah Pametik

Photo By : @tempat.me_

 

Objek tempat wisata air terjun yang indah dan mempesona di Jambi selanjutnya adalah Air Terjun Renah Pametik. Air Terjun Renah Pametik ini lokasinya berada di Renah Pametik Lubuk Tabun, Kabupaten Kerinci. Untuk dapat mencapai lokasi ini, kamu harus menempuh perjalan sekitar 58 km dari Kota Sungai Penuh.  Air Terjun Renah Pemetik ini memiliki ketinggian sekitar 65 meter dengan panorama alam khas Gunung Kerinci yang sejuk dan dingin. Di Air Terjun Renah Pametik ini, kamu akan disuguhkan dengan air terjun yang jernih. Selain itu, di Air Terjun Renah Pametik ini juga kamu akan dapat menikmati udara yang sejuk  nan asri.

 

BACA JUGA : 10 Tempat Wisata Paling Populer di Jambi

 

5. Air Terjun Renah Sungai Besar

Photo By : @fitra

 

Objek tempat wisata air terjun yang indah dan mempesona di Jambi selanjutnya adalah Air Terjun Renah Sungai Besar. Air Terjun Renah Sungai Besar ini berlokasikan di Desa Renah Sungai Besar, Kecamatan Limbur Lubuk Mengkuang, Kabupaten Muara Bungo. Untuk dapat mencapai lokasi Air Terjun Renah Sungai Besar ini, kamu harus menempuh jarak sekitar 1, 5 jam perjalanan dari pusat Kota Muara Bungo. Akses untuk menuju lokasi juga cukup mudah, selain itu kamu tak perlu mengeluarkan biaya untuk menikmati keindahan dari air terjun ini.

 

6. Air Terjun Segerincing

Photo By : @tegarbentario_5

 

Objek tempat wisata air terjun yang indah dan mempesona di Jambi selanjutnya adalah Air Terjun Segerincing. Air Terjun Segerincing ini lokasinya berada di Dusun Tuo Kecamatan Lembah Masurai, Kabupaten Merangin. Air Terjun Segerincing ini memiliki ketinggian sekitar 62 meter dengan lebar sekitar 6 meter. Air terjun ini berasal dari Sungai Siau di Gunung Masurai. Ketika kamu mengunjungi Air Terjun Segerincing ini, kamu dapat menikmati air yang jernih nan segar karena berasal dari gunung. Selain itu, kamu juga dapat menikmati udara dan suasana yang sejuk nan asri disini.

 

BACA JUGA : 6 Tempat Wisata Yang Populer di Kota Sungai Penuh

 

7. Air Terjun Parentak

air terjun di jambi
Photo By : @niatiirma

 

Air Terjun Parentak ini juga memiliki ketinggian yang cukup tinggi yaitu sekitar 70 meter. Untuk lokasinya berada di Desa Bukit Perentak, Kecamatan Pangkalan Jambu, Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi. Untuk dapat mencapai lokasi, kamu harus menempuh perjalanan sekitar 56 km Kota Bangko. Ketika kamu mengunjungi Air Terjun Parentak ini, kamu akan disuguhkan dengan udara dan suasana yang sejuk karena di lokasi ini masih alami.

 

8. Air Terjun Talang Kemulun

air terjun di jambi
Photo By : @desipurwanti25

 

Objek tempat wisata air terjun yang indah dan mempesona di Jambi selanjutnya adalah Air Terjun Talang Kemulun. Air Terjun Talang Kemulun ini memiliki tingkatan sebanyak 12 yang mana masuk dalam kawasan hutan Taman Nasional Kerinci Seblat. Karena itulah air terjun yang satu ini masih sangat asri dan sejuk. Keindahan dan pesona yang ada di lokasi ini benar – benar mempesona.

 

BACA JUGA : 9 Tempat Wisata Yang Populer di Kabupaten Kerinci

 

9. Air Terjun Rantau Suli

air terjun di jambi
Photo By : @miranda_saragih

 

Nah bagi kamu yang ingin berendam atau bermain di air terjun, maka kamu tak boleh melewatkan Air Terjun Rantau Suli ini, Lokasi tepatnya berada di Desa Rantau Suli, Sungai Tenang, Jangkat, Kabupaten Merangin. Air Terjun Rantau Suli ini memiliki ketinggian sekitar 60 meter. Kolam yang ada di sekitaran air terjun ini begitu luas, selain itu kamu juga akan dimanjakan dengan air nya yang jernih nan segar serta debit airnya yang besar.

 

 

Demikian itulah daftar – daftar air terjun indah dan mempesona di Jambi yang dapat saya bagikan. Jika kamu ingin menambahkan, kamu dapat menambahkannya dikolom komentar. Jangan lupa juga untuk membagikan artikel ini ya !

 

Selamat liburan ^_^

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Comments
Loading...