Taman Laut 17 Pulau Riung, Surga Tersembunyi Yang Indah

0

Flores

merupakan salah satu Pulau di Provinsi Nusa tenggara Timur yang juga menjadi tujuan wisata favorit wisatawan di provinsi tersebut. Seperti yang kita tahu sob, di Flores ini terdapat banyak sekali objek tempat wisata yang begitu menarik untuk dikunjungi. Dimana pesona yang disuguhkan di tiap – tiap tempat wisatanya begitu menakjubkan. Dan salah satu objek tempat wisata di Flores tersebut sob yaitu Taman Laut 17 Pulau Riung. Nah berikut kami bagikan informasinya, mulai dari daya tarik, lokasi, hingga harga tiket masuk ke Taman Laut 17 Pulau Riung Flores ini.

 

 

Mengenal Taman Laut 17 Pulau Riung

Taman Laut 17 Pulau Riung
Photo By : @tasya_nau

 

Taman laut 17 Pulau Riung merupakan salah satu objek tempat wisata di Flores yang wajib kalian kunjungi. Objek tempat wisata yang satu ini menyuguhkan sisi yang berbeda dari Pulau Flores. Ketika kalian menginjakkan kaki di pulau wisata ini sob, kalian seolah diajak untuk merasakan langsung keheningan dan keindahannya. Objek tempat wisata taman laut ini sebenarnya terdiri dari 24 pulau dan sebagian pulau – pulau tersebut merupakan bukit dengan padang savana. Selain keindahan bawah lautnya, daratannya kaya akan fauna eksotir seperti rusa Timor, biawak Mbou, berbagai spesies unggas seperti bangau hitam, parkit dada kuning, burung beo, dan lain-lain.

 

Tak hanya itu saja sob, taman laut yang satu ini juga menyajikan keindahan bawah laut yang sangat sayang untuk dilewatkan. Objek tempat wisata yang satu ini sangat cocok sekali untuk kalian yang senang dengan kegiatan snorkeling. Kondisi perairan wilayah ini bisa dibilang sangat jernih dan didominasi oleh berbagai macam terumbu karang seperti jenis soft coral, karang meja, dan kipas laut.

 

BACA JUGA : 7 Daftar Hotel Terbaik Di Flores Yang Murah & Nyaman

 

Daya Tarik Taman Laut 17 Pulau Riung

Taman Laut 17 Pulau Riung
Photo By : @getlost.magz

 

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya sob, bahwa objek tempat wisata Taman Laut 17 Pulau Riung Flores ini wajib untuk kalian kunjungi. Dimana kalian akan disuguhkan dengan pemandangan yang indah dan mempesona. Dan yang paling menariknya sob, objek tempat wisata ini memiliki banyak sekali pulau dengan daya tarik tersendiri yang dapat kalian kunjungi. Adapun pulau – pulau yang terdapat di objek tempat wisata taman laut ini diantaranya yaitu :

 

  • Pulau Batang

 

Yang pertama ada Pulau Batang Kolong yang mana merupakan yang paling populer.

 

  • Pulau Meja

 

Yang kedua sob yaitu ada Pulau Meja atau Tembaga yang mana merupakan habitat Acropora dan karang lunak yang indah, selain juga habitata hewan laut raksasa.

 

  • Pulau Sui

 

Yang selanjutnya ada Pulau Sui yang mana sering disebut-sebut sebagai lokasi produksi video bawah laut yang ideal. Ada berbagai macam jenis batuan dan ikan di perairan sekitar pulau ini. Di sisi barat Pulau Sui, terdapat karang Acropora berbentuk meja, tumbuh subur di antara banyak tebing dan jurang.

 

  • Pulau Tiga

 

Yang selanjutnya ada Pulau Tiga atau Bampa Timur yang mana merupakan pulau yang paling banyak dikunjungi karena keindahan baik di atas dan di bawah permukaan laut. Selain itu, di pulau ini juga terdapat bukit yang memungkinkan sobat dapat menyaksikan pemandangan dari atas ketinggian yang begitu menakjubkan.

 

  • Pulau Rutong

 

Yang kelima sob yaitu ada Pulau Rutong atau Tangil yang mana akan menyuguhkan pengunjungnya dengan hamparan pasir yang luas. Kalian juga di pulau ini dapat menaiki bukit di dekatnya, yang ditumbuhi semak dan rumput. Pulau ini juga sangat cocok bagi kalian yang senang menyelam.

 

  • Pulau Kawat

 

Yang ke enam yaitu ada Pulau Kawat yang mana merupakan sebuah pulau kecil yang terletak tepat di depan Kampung Orang Bajo, sebuah desa di sebelah timur Nagamese. Di sepanjang pantai ini sob terdapat kelompok-kelompok mangrove. Di lokasi menyelam ada banyak karang Acropora dan ikan, dengan sedikit arus laut. Bagi kalian yang senang hunting foto, pulau ini cocok untuk dikunjungi.

 

  • Pulau Ontologi

 

Dan yang terakhir sob, yaitu ada Pulau Ontologi atau dikenal juga pulau kelelawar. Pulau ini merupakan pulau yang terbesar dan memiliki cincin hijau hutan mangrove. Bagian tengah cincin hutan mangrove adalah rumah bagi kelelawar raksasa yang hidup dalam koloni besar. Saat senja mereka menjadi lebih aktif.

 

Taman Laut 17 Pulau Riung
Photo By : @v_johni

 

BACA JUGA : 7 Tempat Wisata Yang Menarik di Maumere

 

Fasilitas Di Taman Laut 17 Pulau Riung

wisata flores
Photo By : @andrants

 

Mengenai fasilitasnya sob, tentu kalian tak perlu khawatir, karena fasilitas yang ada di objek tempat wisata yang satu ini bisa dikatakan sudah cukup lengkap. Adapun fasilitasnya yaitu diantaranya seperti hotel dan homestay yang tentu juga dilengkapi dengan fasilitas memanjakan.

 

Lokasi

wisata flores
Photo By : @travelling.indo

 

Nah sob, bagi kalian yang tertarik untuk berkunjung ke objek tempat wisata yang satu ini, kalian dapat mengunjungi lokasinya yang terletak di Kecamatan Riung, Kabupaten Ngada, Flores, Nusa Tenggara Timur. Jika kalian memulai perjalanan dari Kota Bajawa, maka kalian akan menempuh perjalanan dengan waktu tempuh sekitar 75 km perjalanan.

 

BACA JUGA : 6 Tempat Wisata di Flores Yang Menarik di Kunjungi

 

Jam Operasional

wisata flores
Photo By : @marlynwona

 

Sobat juga yang ingin berkunjung ke objek wisata yang satu ini, tentu tak perlu khawatir mengenai jam operasionalnya. Karena objek wisata yang satu ini buka setiap hari selama 24 jam. Jadi sobat dapat berkunjung kapanpun yang kalian inginkan.

 

BACA JUGA : 7 Wisata Pantai di Nusa Tenggara Timur yang Begitu Cantik

 

Harga Tiket Masuk

Photo By : @yuntex_23

 

Adapun mengenai harga tiket masuk nya, juga kalian tak perlu khawatir karena harganya cukup murah. Kalian hanya perlu memabayar tiket masuk sebesar Rp 2.000 saja per orangnya. Dan untuk perahu sob yaitu Rp.10.000 per orangnya.

 

 

Demikian itulah informasi mengenai objek tempat wisata Taman Laut 17 Pulau Riung Flores. Jika ada tambahan, kalian dapat menambahkannya di kolom komentar. Jangan lupa juga untuk share artikel ini ya sob.

 

Selamat berwisata 🙂

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Comments
Loading...