Review, Lokasi, Dan Tiket Masuk Air Terjun Matayangu

0

Sumba

merupakan salah satu pulau di Provinsi Nusa Tenggara Timur  mana lokasinya berbatasan dengan Sumbawa di sebelah barat laut dan Flores di timur laut.  Pulau Sumba ini juga merupakan pulau wisata yang cukup populer dikunjungi wisatawan. Karena di pulau Sumba ini sob, terdapat banyak sekali objek tempat wisata yang begitu menarik untuk dikunjungi. Dan salah satu objek tempat wisata di Sumba yang menarik tersebut sob yaitu Air Terjun Matayangu. Berikut kami bagikan informasinya, mulai dari daya tarik, lokasi, hingga harga tiket masuk ke Air Terjun Matayangu Sumba ini.

 

 

Mengenal Air Terjun Matayangu

Air Terjun Matayangu
Photo By : @jm_adventour

 

Air terjun Matayangu merupakan salah satu objek tempat wisata di Sumba yang tak boleh dilewatkan begitu saja. Objek tempat wisata air terjun yang satu ini memiliki pesona dan pemandangan yang begitu menawan. Dimana Air terjun ini memiliki dua air terjun dengan airnya yang berwarna biru dengan ketinggian yang berbeda. Air terjun pertama berketinggian 75 meter dengan air yang berasal dari sungai di dalam gua. Sedangkan yang kedua, air terjun yang hanya akan muncul saat musim hujan. Air yang ada di air terjun Matayangu  berasal dari sungai yang ada di atasnya setinggi 130 meter. Tepat di bawahnya, terdapat kolam kecil dengan air berwarna biru menawan yang digunakan sebagai pemandian.

 

BACA JUGA : Review, Lokasi, Dan Harga Tiket Masuk Tanjung Mareha

 

Daya Tarik Air Terjun Matayangu

Air Terjun Matayangu
Photo By : @zevhinny

 

Objek tempat wisata Air Terjun Matayangu Sumba ini sob tentu memiliki daya tarik tersendiri. Dimana seperti yang sudah dikatakan diatas sob, bahwa sangat disayangkan jika kalian berkunjung ke Sumba tapi tidak mengunjungi air terjun ini. Adapun daya tarik yang dimiliki air terjun ini yaitu :

 

  • Trekking

 

Daya tarik yang pertama sob yaitu trekking. Dimana kalian untuk dapat mencapai lokasi air terjun yang memiliki ketinggian 100 meter ini harus menempuh 1 jam perjalanan. Dan tentu nya jalan yang akan kalian lewati cukup menarik.

 

  • Air Terjun Ganda

 

Keunikan Air Terjun Matayangu adalah saat musim kering, airnya muncul dari lubang goa. Ketika daerah aliran Sungai Matayangu besar maka air muncul dari dua arah, dari mulut tebing Matayangu dan lubang goa. Air terjun pertama Yang satu adalah air terjun dengan tinggi 75 meter, dan yang satu lagi setinggi 130 meter. Yang berada pada ketinggian 130 meter ini, yang baru akan memunculkan debit air saat musim hujan.

 

  • Legenda Lokal

 

Dan daya tarik yang terakhir sob, bahwa bagi warga setempat air terjun ini merupakan tempat yang dikeramatkan. Tempat ini sering digunakan warga Merapu untuk beribadah. Mereka percaya bahwa air terjun ini adalah tempat bersemayam arwah-arwah leluhur Merapu.

 

BACA JUGA : Review, Lokasi, Dan Harga Tiket Masuk Waikelo Sawah

 

Fasilitas Di Air Terjun Matayangu

Air Terjun Matayangu
Photo By : @gungafif

 

Mengenai fasilitasnya sob, fasilitas untuk pengunjung masih sangat terbatas. Fasilitas yang tersedia berupa homestay yang dikelola oleh masyarakat sekitar taman nasional.

 

Lokasi

wisata sumba
Photo By : @davidamaya19

 

Nah sob, bagi kalian yang tertarik untuk berkunjung ke objek tempat wisata yang satu ini, kalian dapat mengunjungi lokasinya yang terletak di Manurara, Katikutana Selatan, Kabupaten Sumba Tengah, Nusa Tenggara Timur. Jika kalian memulai perjalanan dari Sumba Tengah, maka kalian akan menempuh perjalanan dengan waktu tempuh sekitar 29 Km perjalanan.

 

BACA JUGA : Pantai Watu Parunu, Wisata Sumba Yang Unik & Menarik

 

Jam Operasional

wisata sumba
Photo By : @indahnesiaid

 

Sobat juga yang ingin berkunjung ke objek wisata yang satu ini, tentu tak perlu khawatir mengenai jam operasionalnya. Karena objek wisata yang satu ini buka setiap hari selama 24 jam. Jadi sobat dapat berkunjung kapanpun yang kalian inginkan. Namun demikian tidak disarankan untuk berkunjung di saat hari sudah gelap karena demi keamanan bersama.

 

BACA JUGA : Pantai Mbawana, Pantai Cantik Yang Wajib Dikunjungi

 

Harga Tiket Masuk

wisata sumba
Photo By : @sholikhul_amik

 

Adapun mengenai harga tiket masuk nya, juga kalian tak perlu khawatir karena harganya cukup murah. Kalian hanya perlu memabayar tiket masuk sebesar Rp 15.000 saja per orangnya.

 

 

Demikian itulah informasi mengenai objek tempat wisata Air Terjun Matayangu Sumba. Jika ada tambahan, kalian dapat menambahkannya di kolom komentar. Jangan lupa juga untuk share artikel ini ya sob.

 

Selamat berwisata 🙂

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Comments
Loading...