Lembah Bada, Objek Wisata Sejarah Yang Menarik

0

Poso

merupakan salah satu kabupaten yang ada di Provinsi Sulawesi Tengah. Kabupaten Poso ini sob tentu memiliki banyak sekali objek tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Mulai dari wisata alam hingga wisata sejarah. Dan salah satu objek tempat wisata di Poso ini yang menarik untuk dikunjungi yaitu Lembah Bada. Berikut kami bagikan informasinya, mulai dari daya tarik, lokasi, hingga harga tiket masuk ke Lembah Bada Poso ini.

 

 

Mengenal Lembah Bada

Lembah Bada
Photo By : @ajengkarinasari

 

Lembah Bada merupakan salah satu objek tempat wisata di Poso Sulawesi Tengah berupa sejarah yang menarik untuk dikunjungi. Objek tempat wisata yang satu ini sobpenuh hamparan savana. Hal yang menarik di tempat wisata ini sob, yaitu kalian dapat menemukan patung-patung raksasa terbuat dari batu tersebar di kawasan ini. Nah patung-patung tersebut sob, dipercaya sudah ada semenjak ratusan hingga ribuan tahun dan dipercaya bebetuan tersebut dulunya digunakan untuk ritual pemujaan kepada leluhur. Selain patung tersenyum iconik itu, ada juga lainnya yang berjumlah kurang lebih 400 buah. Selain itu, kalian juga sob akan menemukan Kalamba, sebuah kolam terbuat dari ukiran batu besar.

 

BACA JUGA : 9 Tempat Wisata Populer di Palu Sulawesi Tengah

 

Daya Tarik Lembah Bada

Lembah Bada
Photo By : @sleeplessevan

 

Objek tempat wisata Lembah Bada Poso ini sob tentu memiliki beragam daya tarik yang sangat sayang jika dilewatkan. Apalagi bagi kalian yang senang dengan sejarah, tentu tempat ini wajib kalian kunjungi. Adapun daya tarik yang terdapat di tempat ini sob, yaitu :

 

  • Situs Megalitik Tertua DiIndonesia

 

Daya tarik yang pertama sob, yaitu situs megalitik ini merupakan yang tertua di Indonesia. Berdasarkan penelitian pada tulang-tulang rangka manusia dalam kubur tempayan batu di situs Wineki di Lembah Behoa, diketahui berasal dari 2351-1416 SM yang kemungkinan punah pada sekitar 1452-1527 M.

 

  • Legenda Lokal

 

Daya tarik yang selanjutnya sob, yaitu masyarakat lokal percaya bahwa batu itu dulunya digunakan untuk melakukan pemujaan terhadap leluhur. Tak hanya itu, para penduduk juga mempunyai kisah tentang asal-usul terbentuknya masing masing situs megalit tersebut. Sebuah cerita mengatakan bahwa terdapat megalit bernama Tokala’ea yang dulunya merupakan pemerkosa, akhirnya dikutuk menjadi batu.

 

  • Masyarakat Adat

 

Dan daya tarik yang terakhir yang ada di tempat ini sob yaitu adanya masyarakat adat. Masyarakat tersebut yaitu Suku Lore yang masih memegang kental adat istiadat. Kalau singgah di area ini, mereka akan dengan senang hati mempersilahkan tamu untuk menginap di tempat tinggal tradisional Suku Lore, yaitu rumah Tambi dengan bentuk unik.

 

BACA JUGA : 7 Tempat Wisata Yang Indah dan Mempesona di Poso

 

Fasilitas Di Lembah Bada

Lembah Bada
Photo By : @poeticpicture

 

Mengenai fasilitasnya sob, tentu kalian tak perlu khawatir, karena fasilitas yang ada di objek tempat wisata yang satu ini bisa dikatakan sudah cukup lengkap. Adapun fasilitasnya yaitu diantaranya seperti kantor, pondok jaga, pos jaga, pintu gerbang, pusat informasi, camping ground, wisma tamu, menara pandang, shelter, jalan trail dan lainnya.

 

Lokasi

wisata poso
Photo By : @_agussalim_

 

Nah sob, bagi kalian yang tertarik untuk berkunjung ke objek tempat wisata yang satu ini, kalian dapat mengunjungi lokasinya yang terletak di Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah. Lembah ini termasuk kedalam bagian dari Taman Nasional Lore Lindu. Jika kalian memulai perjalanan dari Kota Palu, maka kalian akan menempuh perjalanan dengan waktu tempuh sekitar 3 jam perjalanan.

 

BACA JUGA : Danau Poso, Danau Terbesar Ke-3 Yang Begitu Indah

 

Jam Operasional

wisata poso
Photo By : @feri_latief

 

Sobat juga yang ingin berkunjung ke objek wisata yang satu ini, tentu tak perlu khawatir mengenai jam operasionalnya. Karena objek wisata yang satu ini buka setiap hari selama 24 jam. Jadi sobat dapat berkunjung kapanpun yang kalian inginkan.

 

BACA JUGA : Review, Lokasi, Dan Tiket Masuk Air Terjun Saluopa Poso

 

Harga Tiket Masuk

wisata poso
Photo By : @kataomed

 

Adapun mengenai harga tiket masuk nya, juga kalian tak perlu khawatir karena harganya cukup murah. Kalian hanya perlu memabayar tiket masuk sebesar Rp 5.000 saja per orangnya.

 

 

Demikian itulah informasi mengenai objek tempat wisata Lembah Bada Poso. Jika ada tambahan, kalian dapat menambahkannya di kolom komentar. Jangan lupa juga untuk share artikel ini ya sob.

 

Selamat berwisata 🙂

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Comments
Loading...