Review, Lokasi, Dan Tiket Masuk Desa Budaya Pampang

0

Samarinda

merupakan salah satu kota di Provinsi Kalimantan Timur sekaligus menjadi ibu kota dari provinsi tersebut. Terlepas dari itu, Samarinda ini dari segi pariwisata memiliki banyak sekali objek wisatanya mulai dari wisata alam hingga wisata budayanya. Nah berbicara mengenai objek tempat wisata budaya di Samarinda, ada salah satu tempat yang menarik untuk dikunjungi yaitu Desa Budaya Pampang. Dan berikut kami bagikan informasinya, mulai dari daya tarik, lokasi, hingga harga tiket masuk ke Desa Budaya Pampang Samarinda ini.

 

 

Mengenal Desa Budaya Pampang Samarinda

Desa Budaya Pampang
Photo By : @nativeindonesia.com_

 

Desa Budaya Pampang merupakan salah satu objek tempat wisata di Samarinda berupa pemukiman atau tempat tinggal suku Dayak Kenyah. Suku tersebut bermigrasi pada tahun 1960 an dari tempat asli mereka di dataran tinggi Apo Kayan, dekat perbatasan Indonesia dan Malaysia. Nah konon sob, perpindahan mereka disebabkan karena ada aksi Ganyang Malaysia pada tahun 1963 hingga 1966 yang akhirnya membuat kehidupan mereka menjadi tidak menentu. Berjarak sekitar 23 kilometer dari pusat kota Samarinda, melalui jalan yang menghubungkan Samarinda dan Bontang, Desa Pampang diresmikan sebagai desa budaya pada bulan Juni 1991.

 

BACA JUGA : 12 Tempat Wisata di Samarinda Yang Populer 2019

 

Hal Menarik di Desa Budaya Pampang

Desa Budaya Pampang
Photo By : @elennamarubessy

 

Ketika kalian berkunjung ke objek tempat wisata Desa Budaya Pampang Samarinda ini sob, tentu kalian akan menemukan berbagai hal yang menarik. Adapun hal menarik yang dapat kalian temukan di objek tempat wisata Desa Budaya di Samarinda ini diantaranya :

 

  • Arsitektur Tradisional

 

Yang pertama sob kalian akan menemukan arsitektur tradisional dengan suasana khas Suku Dayak. Seperti, rumah-rumah khas Suku Dayak yang material utama adalah kayu dengan bentuk yang unik memanjang ke arah belakang.

 

  • Aksesoris Tubuh

 

Yang selanjutnya sob yaitu kalian akan melihat para penduduk desa yang masih setia mempertahankan aturan adat soal cara berpakaian dan aksesoris. Baik penduduk perempuan maupun penduduk pria.

 

  • Pentas Budaya

 

Dan hal menarik yang terakhir sob, kalian dapat berkesempatan menyaksikan pertunjukan tarian adat Suku Dayak. Dan pagelaran tari ini hanya digelar setiap hari Minggu dari pukul 14.00 – 15.00.

 

BACA JUGA : Review, Lokasi, dan Harga Tiket Bumi Sempaja Waterpark

 

Fasilitas Di Desa Budaya Pampang Samarinda

Desa Budaya Pampang
Photo By : @imajinalvie

 

Mengenai fasilitasnya sob, tentu kalian tak perlu khawatir, karena fasilitas yang ada di objek tempat wisata yang satu ini bisa dikatakan sudah cukup lengkap. Adapun fasilitasnya yaitu diantaranya seperti area parkir yang luas, Toilet yang cukup bersih, tempat sampah, hingga tempat penjualan souvenir untuk oleh – oleh khas Suku Dayak.

 

Lokasi

wisata samarinda
Photo By : @desy_edison

 

Nah sob, bagi kalian yang tertarik untuk berkunjung ke objek tempat wisata yang satu ini, kalian dapat mengunjungi lokasinya yang terletak di Desa Budaya Pampang Kalimantan Timur, ada di Sungai Siring, Kota Samarinda, Kalimantan Timur. Jika kalian memulai perjalanan dari pusat Kota Samarinda, maka kalian akan menempuh perjalanan dengan jarak tempuh sekitar 23 Km perjalanan.

 

BACA JUGA : Review Wisata Caribbean Island Waterpark Balikpapan

 

Jam Operasional

wisata samarinda
Photo By : @bintangbenderang

 

Sebelum berkunjung ke objek tempat wisata yang satu ini, tentu alangkah baiknya sobat mengetahui terlebih dahulu jam operasionalnya. Adapun untuk jam operasional tempat wisata yang satu ini yaitu setiap hari mulai jam 14.00 sampai jam 17.00.

 

BACA JUGA : 9 Tempat Wisata Yang Populer di Balikpapan

 

Harga Tiket Masuk

wisata samarinda
Photo By : @andiwaty_hj

 

Adapun mengenai harga tiket masuk nya, juga kalian tak perlu khawatir karena harganya cukup murah. Kalian hanya perlu memabayar tiket masuk sebesar Rp 25.000 saja per orangnya bagi yang ingin menikmati kunjungan penuh keelokan budaya lama ini.  Namun sob, bagi kalian yang membawa handy cam atau kamera DSLR, kalian akan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp 50.000.

 

 

Demikian itulah informasi mengenai objek tempat wisata Desa Budaya Pampang Samarinda. Jika ada tambahan, kalian dapat menambahkannya di kolom komentar. Jangan lupa juga untuk share artikel ini ya sob.

 

Selamat berwisata 🙂

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Comments
Loading...