11 Air Terjun di Sumatera Utara yang Begitu Menakjubkan

0

Sumatera Utara

merupakan sebuah provinsi di Indonesia yang letaknya berada di Pulau Sumatera dan ibu kotanya adalah Medan. Sumatera Utara ini memiliki banyak sekali destinasi dan potensi wisata yang begitu indah dan menakjubkan salah satunya adalah air terjun. Air terjun yang berada di Sumatera Utara ini memiliki keindahan – keindahan yang menakjubkan yang juga dapat membuat kamu terpesona. Dan berikut kami bagikan daftar objek tempat wisata air terjun di Sumatera Utara yang mempesona, diantaranya :

 

 

1. Air Terjun Pelangi

wisata sumatera utara
Photo By : @graceetrg

 

Air Terjun yang keindahannya begitu menakjubkan pertama di Sumatera Utara yaitu Air Terjun Pelangi. Air Terjun Pelangi ini merupakan tempat yang begitu populer di Sumatera Utara. Ketika kamu mengunjungi Air Terjun Pelangi ini, kamu akan disuguhkan dengan keindahan serta pesona yang dapat memanjakan mata. Air yang bersih dan jernih serta suasana yang sejuk dan alami akan dapat kamu nikmati disini. Selain itu juga kamu dapat melihat Jembatan Lau Hulung yang merupakan jembatan terpanjang dengan jurang di bawahnya yang berada di Sumatera Utara.

 

Untuk dapat mencapai Air Terjun Pelangi ini, kamu harus menempuh perjalanan sekitar 2 jam lamanya dari kota Medan. Lokasi Air terjun ini berada di Desa Tanjung Timur, Deli Serdang, Sumatera Utara.

 

2. Air Terjun Dua Warna

wisata sumatera utara
Photo By : @sani_travelsumatera

 

Masih di Deli Serdang, air terjun menakjubkan lainnya yaitu Air Terjun Dua Warna. Air Terjun Dua Warna ini merupakan air terjun yang sangat mempesona yang mana air terjun ini memiliki ketinggian mencapai 75 meter. Di Air Terjun Dua Warna ini, kamu dapat melihat air yang begitu bersih yang mana ketika sampai di bawah airnya menjadi biru jernih.

 

Air Terjun Dua Warna ini berlokasikan di Desa Durin Sirugun, Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara. Untuk dapat mencapai Air Terjun Dua Warna ini ,kamu harus menempuh perjalanan 2 jam dari kota Medan.

 

BACA JUGA : 9 Tempat Wisata Terfavorit di Sumatera Utara Yang Wajib Dikunjungi

 

3. Air Terjun Sipiso-piso

wisata sumatera utara
Photo By : @andinividiaputri

 

Objek tempat wisata air terjun di Sumatera Utara yang selanjutnya adalah Air Terjun Sipiso-piso. Air Terjun Sipiso-piso yang memiliki ketinggian yang begitu tinggi yaitu mencapai 120 meter. Air Terjun Sipiso-piso ini letaknya berada di sekitar tepi Danau Toba bagian utara atau lebih tepatnya berada di Desa Tongging, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara. Keindahan serta pesona yang terdapat di Air terjun yang satu ini, tentu saja tak boleh kamu lewatkan begitu saja.

 

Untuk mencapai Air Terjun Sipiso-piso ini, kamu harus menempuh perjalanan sekitar 2 hingga 3 jam lamanya dari Kota Medan.

 

4. Air Terjun Sampuren Putih

wisata sumatera utara
Photo By : @lisalstr29

 

Air Terjun Sampuren Putih ini juga mempunya pesona menakjubkan yang tak kalah dengan air terjun lainnya. Air Terjun Sampuren Putih ini memiliki ketinggian yang bisa di katakan sangat kecil yaitu kurang lebih hanya 3 meter saja. Terlepas dari itu, Air yang ada di Air Terjun Sampuren Putih ini begitu bersih dan jernih , selain itu kamu juga dapat berenang di sini karena kedalaman kolam dekat air terjun nya juga begitu luas dan cukup dalam.

 

Air Terjun Sampuren Putih berlokasikan di Desa Cinta Rakyat/Bas Ukum, Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang. Untuk dapat menuju air terjun ini , maka kamu akan menempuh perjalanan yang memakan waktu sekitar 2 jam dari Medan.

 

BACA JUGA : 7 Tempat Wisata Menarik di Medan dan Sekitarnya

 

5. Air Terjun Tongkat

wisata sumatera utara
Photo By : @lingkarsumut

 

Objek tempat wisata air terjun di Sumatera Utara yang selanjutnya yaitu Air Terjun Tongkat. Air Terjun Tongkat ini lokasinya berada  di Desa Rumah Galuh, Kecamatan Sei Bingei, Kabupaten Langkat. ketika kamu mengunjungi Air Terjun Tongkat ini, maka kamu dapat melihat di air terjun ini terdapat satu batang kayu besar yang menyerupai tongkat yang tertancap ditebing air terjun sesuai dengan namanya. Air Terjun Tongkat ini memiliki ketinggian mencapai hingga 30 meter.

 

Perjalanan yang akan kamu tempuh untuk dapat menuju lokasi Air Terjun Tongkat ini, kamu akan menghabiskan waktu sekitar 1 jam dari Medan.

 

6. Air Terjun Teroh-teroh

Photo By : @desym

 

Air Terjun Teroh-teroh ini merupakan air terjun yang keindahan alamnya begitu menakjubkan yang mana wajib untuk dikunjungi. Keindahan alam di  Air Terjun Teroh-teroh dapat kamu nikmati seperti pepohonan yang hijau nan asri, air yang begitu bersih dan jernih serta deburan air terjun yang mengalir begitu deras membuat suasana semakin menarik. Selain itu disini juga kamu dapat melakukan kegiatan lainnya yaitu berenang. Jika kamu hobi dengan foto – foto, maka tempat ini juga cocok untuk itu yang mana spot foto yang dihasilkan begitu mempesona indahnya.

 

Air Terjun Teroh-teroh dapat kamu capai dengan menempuh perjalanan sekitar 1 jam dari Binjai. Lokasi Air Terjun Teroh-teroh ini terletak di Desa Rumah Galuh, Kecamatan Sei Bingai, Kabupaten Langkat.

 

BACA JUGA : 6 Wisata Pantai yang Populer di Tapanuli Tengah

 

7. Air Terjun Sikulikap

Photo By : @raden_m_r

 

Nah jika kamu ingin mengunjungi Air Terjun dengan perjalanan yang tidak ribet adalah Air Terjun Sikulikap. Air Terjun Sikulikap ini selain aksesnya yang mudah, keindahan serta pesona nya juga tak kalah dengan air terjun lainnya. Ketinggian Air Terjun Sikulikap ini mencapai tinggi sekitar 30 meter. Di Air Terjun Sikulikap ini, kamu dapat menikmati indahnya air terjun serta deburan air terjut yang keras mengahantam bebatuan di bawahnya.

 

Air Terjun Sikulikap ini berlokasikan di Jalan Jamin Ginting KM 5,4 Desa Doulu, Kec. Berastagi, Martelu, Kabupaten Karo, Sumatera Utara.

 

8. Air Terjun Tarunggang

Photo By : @sondang_hanna

 

Objek tempat wisata air terjun di Sumatera Utara yang selanjutnya adalah Air Terjun Tarunggang. Air Terjun Tarunggang ini memiliki Ketinggian yang mencapai 15 meter. Ketika kamu mengunjungi Air Terjun Tarunggang ini, kamu dapat menemukan keunikan ditempat ini, yaitu pasir putih yang mana dapat membuat nuansa seperti di pantai. Selain itu juga, disini kamu akan menemukan sebuah gua yang berada di balik air terjunya yang mana menjadi daya tarik tersendiri Air Terjun Tarunggang ini.

 

Air Terjun Tarunggang ini berlokasikan di Deli Serdang tepatnya berada di Ranggitgit, Sinembah Tj. Muda Hulu, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara.

 

BACA JUGA : 5 Tempat Wisata Terbaik dan Menarik di Tapanuli Utara

 

9. Air Terjun Namo Belanga

Photo By : @mentarirambe

 

Nah air terjun yang satu ini merupakan air terjun yang begitu populer dan sering dikunjungi oleh banyak pengunjung yaitu Air Terjun Namo Belanga. Keindahan di Air Terjun Namo Belanga ini dapat kamu nikmati yang diantaranya air yang yang begitu bersih dan jernih di sekitaran kolam yang mana kamu dapat melihat dasarnya. Selain itu juga disini kamu selain disuguhkan dengan pemandangan yang memukai, kamu juga dapat melakukan kegiatan seperti di air terjun Tero-teroh yaitu berenang.

 

Untuk dapat mencapai Air Terjun Namo Belanga ini, kamu harus menempuh perjalanan sekitar 2 higga 3 jam dari kota Medan. Adapun lokasi tepatnya yaitu berada di Namu Ukur Utara, Sei Bingai, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara.

 

10. Air Terjun Siluman

Photo By : @irwanvanda

 

Jika dilihat dari namanya air terjun yang satu ini terkesan menyeramkan, tapi memang seperti itulah. Disini kamu dapat menemukan keuinikan Air Terjun Siluman ini, yang mana air terjun nya tiba – tiba dapat menghilang begitu saja. Air Terjun Siluman ini  ini terletak di tebing curam. Di air terjun ini, kamu akan disuguhkan dengan keindahan airnya yang begitu bersih serta bebatuan- bebatuan yang tersusun yang begitu indah. Selain itu, kamu juga dapat berenang di air terjun siluman ini.

 

Air Terjun Siluman Air terjun ini  merupakan tetangga dari Air Terjun Namo Belango yang mana untuk mencapai Air terjun siluman ini membutuhkan perjuangan yang kuat. AIr terjun Siluman berlokasikan di Desa Garunggang kecamatan Sei Binge, Langkat.

 

11. Air Terjun Lau Lutih

Photo By : @ahmadyusufbatubara

 

Objek tempat wisata air terjun di Sumatera Utara yang selanjutnya adalah Air Terjun Lau Lutih.  Air terjun ini sering juga disebut dengan Air Terjun Tanjung Raja. Air Terjun Lau Lutih ini berlokasikan di Kecamatan Sinembah, Tanjung Muda Hulu, Kabupaten Deli Serdang. Ketika kamu mengunjungi Air Terjun Lau Lutih ini, kamu akan melihat keunikan air terjun yang seperti tirai.  Air Terjun Lau Lutih ini ketinggiannya tidak begitu tinggi tapi lebarnya cukup melebar maka dari itu mirip tirai

 

Untuk dapat mencapai Air Terjun Lau Lutih ini, kamu akan menempuh perjalanan sekitar 2 jam dari Kota Medan.

 

 

Demikian itulah yang dapat saya bagikan mengenai daftar tempat- tempat air terjun di Sumatera Utara yang mana sayang jika kamu lewatkan. Semoga artikel ini dapat menjadi sumber referensi. Bagi kamu yang ingin menambahkan pendapatmu , silahkan berpendapat di kolom komentar serta membagikan artikel ini.

 

Selamat Liburan ^_^

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Comments
Loading...