5 Kuliner di Buleleng Dengan Makanan Khas dan Enak

1 30

Buleleng

merupakan sebuah kabupaten di provinsi Bali. Buleleng sangat banyak menyimpan tempat wisata. Baik itu wisata alam maupun kuliner. Mulai dari pemandian air panas, gunung maupun pantai. Buleleng juga terkenal dengan Pantai Lovina dan lumba-lumbanya yang cantik. Selain wisata alam, ada juga wisata kuliner yang lezat dan enak yang mana selalu banyak diburu oleh warga setempat maupun wisatawan. Sekarang saya akan bahas beberapa kuliner dengan makanan khas dan enak di Buleleng Bali yang antara lain :

 

 

1. Blayag buleleng

kuliner buleleng
Photo By : @pinggirjalanbali

 

Wisata kuliner yang khas dan enak di Buleleng Bali pertama adalah Blayag buleleng. Blayag merupakan makanan yang terdiri dari tipat blayag, Kacang atau Kedele, Saur kelapa serta Kuah ayam nyat-nyat serta sayur. Cita rasa makanan ini enak dan khas karena makanan ini tidak menggunakan bumbu kacang melainkan kuah kuning dengan Bumbu Bali. Selain bumbu, kuah Ayam nyat-nyat dengan bumbu Bali atau Base Genep yang kaya akan rempah-rempah pun menjadi ciri khas tersendiri bagi biayang ini.

 

Dalam proses pembuatannya,tipat Blayag biasanya direbus minimal hingga tiga jam. Cara membuatnyapun terbilang sangat mudah, pertama masukkan potongan ketupat ke dalam piring lalu masukkan sayuran seperti tauge dan bayam (urap sayuran), kemudian taburi dengan suwiran ayam dan kacang tanah yang telah digoreng, setelah itu siram hidangan dengan kuah bumbu Bali berwarna kuning. Untuk menikmati kuliner ini anda hanya perlu datang ke Jalan Surapati No.124, Kampung Baru, Kp. Baru, Kec. Buleleng, Kabupaten Buleleng, Bali. Harga yang perlu anda bayar mulai dari Rp 15.000.

 

BACA JUGA : 8 Wisata Kuliner di Bali yang Ramai di Kunjungi Wisatawan

 

2. Sudang lepet

Photo By : @abonikan_sudanglepet_bali

 

Wisata kuliner yang khas dan enak di Buleleng Bali selanjutnya adalah Sudang lepet. Sudang lepet merupakan salah satu makanan tradisional khas Buleleng dan tentunya sudah sangat familiar di kalangan masyarakat. Sudang lepet merupakan Ikan yang digoreng garing menggunakan tepung dan disajikan bersama dengan jukut udis (kacang hitam). Sudang lepet paling digemari masyarakat namun bahan bakunya kerap seret karena ikan yang digunakan untuk membuat sudang lepet adalah ikan khusus.

 

Makanan ini biasanya di hidangkan bersama nasi campur atau nasi urap, sehingga menambah kenikmatan tersendiri bagi yang memakanya. Untuk mencicipi 1 porsi hidangan ini kocek yang di keluarkan mulai dari Rp.10.000-Rp.20.000. Makanan ini mudah didapat, anda cukup datang ke Warung Jukut Undis di berbagai tempat di Buleleng.

 

BACA JUGA : 12 Tempat Wisata Yang Mempesona di Bali Selain Pantai

 

3. Sate Plecing

Photo By : @sateplecing_dharma

 

Wisata kuliner yang khas dan enak di Buleleng Bali selanjutnya adalah Sate Plecing. Sate merupakan makanan khas indonesia yang sudah sangat mendunia. Di berbagai daerah banyak yang jualan sate. Makanan ini menjadi makanan favorit karena bumbunya yang khas. Nah di Buleleng sendiri ada sate yang rasanya sangat gurih, enak, bumbu yang khas, dagingnya yang empuk dan rasanya begitu wah yaitu Sate Plecing.

 

Sate plecing merupakan sate yang di olah dari daging babi. Yang menjadi ciri khas dari sate ini adalah sate ini disajikan dengan sambal pedas berwarna merah dan paduan rasanya yang gurih dan manis. Sate plecing ini terletak di Singaraja di kawasan Pantai Lovina atau di kedai Sate Plecing Babi “Bli Made” di Jalan Laksmana, Buleleng. Jika anda ingin mencicipi sate ini, kocek yang perlu anda keluarkan sebesar Rp 15.000.

 

BACA JUGA : 9 Hotel Di Bali Murah Yang Cocok Untuk Bulan Madumu

 

4. Jukut undis

makanan khas bali
Photo By : @deliciousbali

 

Wisata kuliner yang khas dan enak di Buleleng Bali selanjutnya adalah Jukut undis. Jukut undis merupakan makanan khas Bali yang banyak di gemari. Jukut undis ini berupa sup yang menggunakan bahan utama berupa kacang hitam sehingga sup ini pun terlihat begitu mencolok dengan kuah berwarna hitam. kacang hitam yang disajikan dalam sup ini juga terkenal sebagai bahan yang kaya akan protein nabati sehingga menjadikan jukut undis ini sangat amat enak. Kacang hitam yang dibuat sebagai bahan utama kuliner ini biasa disebut dengan kacang gude atau juga kacang bali.

 

Kacang ini juga dipercaya bisa mengobati beragam jenis penyakit, termasuk di antaranya adalah batuk berdahak, demam, serta herpes sehingga baik bagi anda jika mencicipi makanan ini.
Selain kacang hitam, bahan-bahan untuk membuat makanan inipun cukup banyak. Diantaranya ada kaldu sapi, bawang merah dan bawang putih, serai, daun salam, lengkuas, serta beragam jenis rempah. Dan proses pembuatanya pun cukup lama. Jika anda ingin mencicipi makanan ini anda tak perlu pusing mencarinya, karena makanan ini banyak di jajakan di buleleng. Harga untuk 1 porsi jukut undis sekitar Rp.10.000-Rp.20.000

 

BACA JUGA : 12 Wisata Air Terjun Yang Indah dan Menawan di Bali

 

5. Syobak Khe Lok

makanan khas bali
Photo By : @dedi_kristiana

 

Wisata kuliner yang khas dan enak di Buleleng Bali terakhir adalah Syobak Khe Lok. Syobak Khe Lok merupakan makanan khas tionghoa yang sudah ada di bali sejak tahun 60-an. Syobak Khe Lok merupakan makanan yang berbahan daging babi. Tidak hanya dagingnya, hampir keseluruhan tubuh babi ini dijadikan bahan utama.Makanan ini memiliki rasa yang khas karena bumbunya merupakan bumbu racikan khas buleleng Bumbunya merupakan campuran antara ngo hiang, taoco yang dimasak dengan campuran tepung sehingga saat disajikan sausnya begitu kental. Sausnya yang pekat dan hitam menjadi ciri khas tersendiri.
Syobak Khe Lok ini terletak di kampung tinggi, Singaraja dekat dengan Pantai Lovina.

 

 

Nah itulah beberapa kuliner di Buleleng yang memiliki citarasa yang berbeda. Jika ada tambahan, kamu dapat menambahkannya di kolom komentar. Jangan lupa juga untuk membagikan artikel ini.

 

Selamat mencicipi ^_^
Comments