Pantai Timang, Wisata Pantai Terkeren di Jogja

0

Pantai Timang

merupakan salah satu pantai tersebar di wilayah Gunungkidul. Pantai Timang ini memiliki pemandangan yang sangat menawan dengan pasir putih yang terhampar bersih disepanjang pesisir pantai. Di tambah di pantai ini terdapat tumbuhan pandan berderet tumbuh subur disekitar pantai menambah pesona keindahan Pantai Timang Gunungkidul ini. Pengunjung yang datang ke pantai ini belum sebanyak pantai lainnya, jadi kalian bila memperhatikan suasana di pantai ini yang masih terkesan alami. Meskipun pantai Timang Jogja ini letaknya cukup jauh dari pusat Kota Yogyakarta, tapi tempat yang satu ini sudah terkenal dengan berbagai macam wisata alamnya. Mulai dari air terjun, waduk, dan pantai-pantai selatan yang memukau dengan pasir putih serta ombak besar.

 

 

Sejarah Pantai Timang Jogja

pantai timang
Photo By : @chentasarahemila

 

Pantai Timang jogja ini memiliki ciri khas, di pantai ini bukanlah suguhan pemandangan hamparan pasir putih maupun keindahan lautan biru. Yang menjadi objek wisata ini adalah iconnya yaitu gondola atau kereta gantung yang digunakan untuk menyeberang ke Pulau Timang atau Pulau Watu Panjang. Pulau Timang ini berbeda dengan pulau pada umumnya, pulau ini hanya berupa bukit karang bertebing batu. Pada awalnya, Pantai Timang ini bukanlah tempat wisata, pantai ini hanya sebagai pusat mata pencaharian nelayan sekitar untuk mencari lobster.

 

Para nelayan menggunakan gondola atau kereta gantung tersebut sebagai alat transportasi untuk menyebrang ke Pulau Timang, lama-kelamaan para wisatawan tertarik dengan wahana ini dan warga sekitar berinisiatif untuk menjadikan tempat ini menjadi tempat wisata. Apalagi Gondolannya atu kereta gangung, ditambah pulai ini semakin terkenal setelah salah satu variety show terkenal asal Korea Selatan, yaitu Running Man, berkunjung ke tempat ini dan mengirimkan dua perwakilan anggotanya untuk mencoba wahana gondola yang ada di pulau ini.

 

Wahana gondola ini tergolong ekstrem, karena di bawah wahana ini merupakan kumpulan air laut biru dengan ombak ganas. Selama cuaca sedang cerah, ombak tersebut akan tenang. Tetapi jika cuacanya kurang baik, kalian bisa saja tersiram ombak meskipun berada di ketinggian 9 – 11 meter di atasnya.Terlebih lagi jarak dari Pantai Timang ke Pulau Timang lumayan jauh, yakni 100 meter.

 

BACA JUGA : Sindu Kusuma Edupark, Review dan Harga Tiket

 

Lokasi

 

Pantai Timang ini lokasinya berada di Dusun Danggolo, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, DIY. Jika kalian dari pusat Kota Yogyakarta waktu tempuhnya sekitar 2- 3 jam, tapi jika kalian pergi sewaktu weekend atau hari libur, kemungkinan jalanan akan macet.

 

BACA JUGA : 13 Wisata Pantai Terbaik dan Terpopuler di Gunungkidul

 

Rute Menuju Pantai Timang

pantai timang
Photo By : @febbyrastanty

 

Biar lebih gampang kaliam bisa mulai perjalanan dari Bandara Adi Sucipto kemudian kalian harus menyewa kendaraan, kalian ambil jalur menuju ringroad timur Yogyakarta kemudian kalian harus ikuti petunjuk jalan ke arah Wonosari. Setelah itu kalian bisa lanjutkan perjalanan sampai bundaran Wonosari, lurus saja.
Setelah melewati Pasar Wonosari, kalian akan menemui pertigaan kedua yang jalannya terbagi menjadi dua arah. Ambil yang kanan menuju Pantai Baron , kemudian kalian akan tiba di pertigaan Mulo, belok ke kiri mengikuti arah Pantai Sieung.

 

Setelah sampai di Pantai Siung kalian akan menemui banyak papan petunjuk menuju pantai-pantai Gunung Kidul. Kalian harus melihatnya dengan teliti. Jangan lupa bahwa kalian harus menuju daerah Purwodadi, begitu berada di pertigaan Pantai Siung, ambil jalan yang kanan dan kalian akan sampai di pos retribusi Pantai Timang.

 

BACA JUGA : 5 Pantai di Yogyakarta yang Dapat Membuatmu Terpesona

 

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk Pantai Timang

 

Pantai Timang di buka setiap hari selama 24 jam. Tetapi untuk menikmati wahana gondola atau kereta gantung, biasanya wisatawan datang di pagi hingga sore hari. Karena kalu malam hati daerah ini gelap gulita dengan penerangan seadanya, sehingga kalian tidak akan bisa menikmati suasana sekeliling pantai.

 

Sistem pembayaran di Gunung Kidul biasanya menggabungkan beberapa pantai dalam satu kawasan menjadi satu. Jadi, kalian hanya membayar satu kali saja untuk beberapa tempat wisata. Satu kali bayar dikenakan biaya: Rp 10.000,00- per orangnya.

 

Tetapi biaya tersebut belum termasuk dengan biaya lain yang dikenakan ketika kalian menikmati wahana-wahana yang ada di Pantai Timang. Kalian harus naik ojek (PP) sebesar: Rp 50.000,00-, Atau menyewa jeep sekitar: Rp 350.000,00-

 

Untuk tiket wahana gondola sebesar: Rp 150.000,00- per orangnya.
Untuk tiket wahana jembatan sebesar: Rp 100.000,00- per orangnya.

 

BACA JUGA : 6 Wisata Bukit Yang Mempesona di Yogyakarta

 

Daya Tarik Pantai Timang Jogja

 

1. Gondola

pantai timang
Photo By : @google

 

Daya tarik yang pertama ada Gondolan atu kereta gantung ini, merupaknan salah satu wahana yang menjadi daya tarik Pantai Timang. Ditambah keunikan wahana ekstrem ini cukup berbeda dibandingkan wahana lainnya. Gondola di Pantai Timang ini masih sangat tradisional, Gondolan oni masih berbahan dasar kayu dan ditarik secara manual oleh manusia menggunakan tali tambang.

 

Inilah yang menjadikan gondola Pantai Timang tergolong wahana ekstrem, karena jika kalian ingin mencoba Gondolan ini kalian harus membutuhkan mental dan nyali besar untuk melewati keganasan ombak di bawah wahana ini.

 

2. Pulau Timang

Photo By : @google

 

Daya tarik yang kedua yaitu Pulau Timang, untuk menuju pulau ini kalian menyeberang dengan gondola dari Pantai Timang. Saat menaiki Gondolan kalian pasti akan terpukau dengan pesona keindahan di sekitar pantai, bahkan rasa takut saat menaiki gondola akan hilang seketika setelah kalian melihan pesona pantai ini.

 

3. Jembatan Gantung

pantai timang
Photo By : @monicaflaviana05

 

Daya tarik yang ke tiga ada Jembatan Gantung, Selain wahana gondola, disini juga terdapat jembatan gantung sebagai sarana lain untuk menyeberang ke Pulau Timang. Bila kalin tertarik, cobalah rasakan ketegangan berjalan melewati jembatan gantung yang terbuat dari kayu dan tali tambang ini.

 

4. Lobster Hasil Tangkapan Nelayan

Photo By : @google

 

Daya tarik yang terakhir adalah Lobster tangkapan para nelayan yang tinggal di sekitar Pantai Timang. Lobster hasil para nelayan ini dapat diolah menjadi seafood super lezat dengan gizi tinggi.

 

Jika kalian ingin mencoba Lobster ini, kalian bisa mengambil paket kuliner lobster yang diolah oleh warga setempat. Harga paket lobster ini sekitar Rp 250.000,00- per kilogramnya. Dalam satu paket ini kalian akan mendapatkan nasi hangat, olahan lobster, krupuk, rempeyek dan teh hangat. Kenikmatan seperti ini mungkin sangat jarang didapatkan ditempat lain wisata lain.

 

 

Nah bagaimana? Apa kalian tertarik untuk mengunjungi Pantai Timang Jogja? Jangan lupa Like and share agar lebih bermanfaat, Terima kasih.

 

Selamat berwisata 🙂
Comments