Review, Lokasi, Dan Tiket Masuk Taman Ujung Sukasada

0

Karangasem

merupakan salah satu Kabupaten di Provinsi Bali. Kabupaten ini memiliki tempat wisata yang sangat indah dan mempesona. Maka tak heran jika banyak wisatawan lokal maupun asing berdatangan kesini. Salah satu tempat wisata yang banyak di kunjungi di Karangasem ini yaitu Taman Ujung Sukasada. Berikut kami bagikan informasinya., mulai dari lokasi, fasillitas hingga harga tiket masuk  ke objek tempat wisata Taman Ujung Sukasada Karangasem Bali ini.

 

 

Mengenal Taman Ujung Sukasada

taman ujung sukasada
Photo By : @travelapak.id_

 

Objek tempat wisata Taman Ujung Sukasada Karangasem Bali merupakan salah satu objek wisata yang mempunyai daya tarik tersendiri untuk menarik para pengunjung. Taman ini dibangun pada tahun 1909. Pembangunan Taman Ujung Karangasem ini dilakukan dengan menggunakan jasa arsitektur Belanda van Den Hentz dan arsitektur dari Cina bernama Loto Ang. Meski begitu, bangunan istana air ini dibuat dengan menggunakan desain arsitektur khas Bali. Taman ini memiliki keindahan tersendiri yang tak kalah indah oleh taman-taman lain.

 

Disini terdapat kolam dengan tatanan yang rapih dan arsitektur yang unik. Kolam ini sering menjadi swafoto yang instagramable dan populer sebagai tempat berfoto. Untuk sampai ke lokasi ini kalian harus melewati dan menaiki anak tangga. Kalian dapat menikmati pemandangan yang sangat indah dari atas pilar tanpa atap yang berada di atas bagian barat. Kalian akan disuguhi pemandangan yang sangat mempesona dari berbagai sudut. Jika kalian melihat ke arah tenggara kalian akan melihat indahnya pemandangan hamparan laut biru yang menyejukan mata dan jika kalian melihat ke arah timur kalian akan melihat bukit bibis yang menyajikan pemandangan indah dengan nuansa yang hijau.

 

BACA JUGA : 7 Tempat Wisata di Karangasem Yang Keren dan Menarik

 

Daya Tarik Taman Ujung Sukasada

 

 

Objek wisata Taman Ujung Sukasada ini sangat ramai dikunjungi, hal ini karena pemandanganya yang sangat indah dan suasananya yang masih sangat alami. Disini kalian dapat menikmati pemandanganya yang indah dari setiap sudut.

 

1.Struktur Taman

taman ujung sukasada
Photo By : @paulannister

 

Taman sukasada ini diabngun diatas lahan seluas 9,5 hektare. Pembangunan diawali oleh pura manikan, lalu apura I di pintu masuk utama bagian barat, Gapura II di bagian selatan berupa candi bentar, Gapura III terletak di bagian timur. Taman ini menyediakan beberapa bale untuk kalian nuikmati. Mulai dari bale kapal, bale bundar, bale lunjuk, dan bale warak. Bale kapal terletak di bagian barat paling atas.

 

Bale Bundar merupakan perpaduan arsitektur Bali dan Belanda berbentuk prisma. Bale Lunjuk dengan ciri khas dikelilingi 107 anak tangga, Bale Warak dibangun di areal perbukitan, Terasering, tiga Kanopi, Air mancur, Tugu tiang bendera, Balai Kambang, Bale Gili dan lima kolam. Hampir semua bangunan disini di kelilingio oleh kolam. Dan terdapat satu kolam unik yang terletak paling timur berukuran 65 meter x 26 meter. Koam ini dipercaya memiliki kekuatan magis tersendiri.

 

2. Kolam

taman ujung sukasada
Photo By : @titantika

 

Taman ini memiliki 3 kolam besar yang terletak di satu tempat. 1 kolam ada di bagian selatan dan 2 kolam lagi berada di sebelah utara. Kolam-kolam ini menyuguhkan pemandangan yang sangat indah dan air jernih yang menyejukan mata. Kolam di bagian selatan memiliki bangunan yang terletak di tengah kolam yang diberi nama bale bengong. Bangunan ini terlihat indah dan tidak memiliki dinding. Sedangkan di kolam bagian utara pada tengah-tengah kolam terdapat jembatan yang digunakan untuk melintasi kolam. Dan di tengah kolam yang dihubungkan oleh jembatan terdapat bangunan yang dulunya di gunakan sebagai tempat peristirahatan raja karangasem yang diberi nama istana gantung.

 

3. Istana Peirstirahatan

wisata bali
Photo By : @masitahanifiyah

 

Arsitek istana peristirahatan ini merupakan gabungan arsitektur eropa jaman pertengahan dan arsitektur Bali. Istana ini juga memiliki ciri khas tersendiri yaitu dinding bangunan peristirahatan raja mirip seperti desain dari gereja yang ada di Eropa. Selain itu, dari jendela dalam kamar kalian akan melihat kolam dengan bunga teratai yang bermekaran dengan warna putih dan merah.

 

4. Spot Foto

wisata bali
Photo By : @jess__vlz

 

Taman ujung sukasada ini memiliki banyak tempat swafoto yang instagramable dan sangat populer. Tempat ini juga sering dijadikan sebagai tempat foto pre-weding. Di tempat ini terdapat kolam yang sangat luas yang dipadukan dengan arsitektur bangunan bergaya eropa dan Bali. Tak hanya dekat kolam, poto pre-weding ini juga sering diambil di bagian sisi barat atas pada reruntuhan pintu gerbang yang tiang-tiangnya bergaya Eropa yang masih berdiri kokoh namun atapnya sudah hilang. Selain itu, terdapat swafoto favorit lainya seperti Patung lembu putih raksasa yang berada di sisi utara taman dan balai adat panjang yang panjangnya lebih dari 20 meter.

 

BACA JUGA : Review, Lokasi, Dan Harga Tiket Masuk Pura Besakih Bali

 

Fasilitas Taman Ujung Sukasada

wisata bali
Photo By : @arickfitrio

 

Fasilitas di Taman Ujung Sukasada ini sudah cukup memadai mulai dari tempat parkir sampai toilet. Di sekitar taman juga di sediakan warung sehingga kalian tidak akan kehausan dan kelaparan.

 

BACA JUGA : Review, Lokasi, Dan Harga Tiket Pura Lempuyang Luhur

 

Lokasi

 

Taman Ujung ini terletak di Banjar Ujung yang masuk dalam wilayah Desa Tumbu di Kecamatan Karangasem, Bali. Untuk menuju ke tempat wisata yang satu ini jaraknya sekitar 60 Km dari Denpasar. Untuk mencapai lokasi wisata Taman Ujung sukasada dari Denpasar memerlukan waktu sekitar satu setengah jam perjalanan. Untuk sampai ke lokasinya kalian dapat menggunakan motor maupun mobol karena akses jalan menuju ke Taman Ujung ini sudah sangat bagus dan memadai..

 

BACA JUGA : Menikmati Pesona Dan Lumba-Lumba di Pantai Lovina

 

Harga Tiket Masuk Taman Ujung Sukasada

 

 

Jika kalian ingin memasuki tempat wisata di Bali yang satu ini kalian tak perlu khawatir mengenai tiket masuknya, karena tiketnya relatif murah hanya Rp.10.000-, Dan kalian juga hanya perlu membayar uang parkir motor Rp.2000 atau mobil Rp.5000.

 

Jam Operasional

 

Objek wisata Taman Ujung dibuka untuk kunjungan umum setiap mhari, mulai jam 6:00 sampai jam 18:00.

 

 

Demikian itulah informasi mengenai objek tempat wisata Taman Ujung Sukasada Karangasem Bali. Jika ada tambahan, teman – teman dapat menambahkannya di kolom komentar. Jangan lupa juga untuk membagikan artikel ini ya.

 

Selamat berwisata 🙂
Comments