Review, Dan Tiket Masuk Museum Kereta Api Ambarawa

0 4

Semarang

merupakan ibu kota dari Provinsi Jawa Tengah yang mana terkenal akan julukan Kota Lumpia. Terlepas dari itu, dari segi wisata lainnya, Semarang juga mempunyai objek wisata yang menarik untuk dikunjungi. Salah satu objek tempat wisata di Semarang yang paling populer yaitu Museum Kereta Api Ambarawa. Dan berikut ini kami akan membagikan informasinya, mulai dari fasilitas hingga harga tiket masuk ke Museum Kereta Api Ambarawa Semarang ini.

 

 

Mengenal Museum Kereta Api Ambarawa Semarang

koleksi museum kereta api ambarawa
Photo By : @Kompasiana.com_

 

Museum Kereta Api Ambarawa para pengunjung bisa melihat secara langsung mesin yang digunakan kereta api pada zaman penjajahan Belanda. Pengunjung juga bisa menaiki kereta api lokomotif. Ada 221 jenis lokomotif yang ada di museum ini, tetapi hanya 3 yang bisa dioperasikan. Selain lokomotif ada juga koleksi benda yang bisa dibilang antik yaitu telegram morse,bel, telepon, dan benda lalinnya. Sejarahnya Museum Kereta Api ini adalah stasiun kereta api yang tidak lagi difungsikan di tahun 1970 layaknya stasiun. Padahal stasiun ini telah memenuhi permintaan King William 1 dan digunakan untuk membawa pasukan.

 

BACA JUGA : Review, Lokasi, Dan Tiket Masuk Lereng Kelir Gertas

 

Koleksi Di Museum Kereta Api Ambarawa Semarang

koleksi museum kereta api ambarawa
Photo By : @elvianael

 

Terdapat berbagai macam koleksi diwisata ini antaranya :

 

1. Kereta Api Lokomotif

 

Koleksi yang pertama Kereta Api Lokomotif. Kereta yang dimaksud memiliki nomor lokomtif B 2502 serta B2503. Pengunjung yang berkunjung kewisata ini dapat menaiki kereta api ini. Maschinen fabriek Esslingen adalah tokoh dibalik kereta lokomotif ini. Kereta ini berangkat 2 kali sehari pada pukul 11.00 dan pukul 14.00 WIB.

 

2. Kereta Api B2220

 

Koleksi yang kedua Kereta Api B2220. Kereta yang paling favorit untuk spot foto salah satunya ya B2220. Kereta ini menggunakan bahan bakar Cachisotk MF Chemnits yang beroperasi di tahun 1900 dengan kecepatan 50km/jam.

 

3. Kereta Api Staatsspoorwegen 1110

 

Koleksi yang ketiga Kereta Api Stastsspoorwegen 1110. Kereta dengan nomer seri C 2728 ini diproduksi oleh Weks Spoor Amsterdam dengan kecepatan 80km/jam.

 

4. Kereta Api C 2407

 

Koleksi yang keempat Kereta Api C 2407. Bahan bakar dari kereta yang satu ini menggunakan residu dengan kecepatan 60km/jam dan dioperasikan sejak 1901. Berada di dekaat kereta B2220.

 

5. Kereta Api C 1240

 

Koleksi yang kelima Kereta Api C 1240. Hartman Chemnits memproduksi kereta ini berseri SS (Staatsspoorwegen) dan awal digunakan pada tahun 1896. Kereta ini mempunyai kecepatan 55km/jam.

 

6. Kereta Api C 5417

 

Koleksi yang keenam Kereta Api C 5417. Shassel/Henshel memproduksi kereta ini berseri sama dengan Kereta C1240 dengan bahan bakar residu kereta ini digunakan sejak tahun 1921. Mempunyai kecepatan 90 km/jam. Kereta ini adalah alat angkut bahan mentah dari kebun menuju gudang dekat pelabuhan yang diunggulkan di masanya.

 

7. Mesin Pembuat Tiket Penumpang

 

Koleksi yang terakhir Mesin Pembuat Tiket Penumpang. Thomas Edmunson membuat mesin yang dioperasikan pada tahun 1840. Sebenarnya ia adalah seorang pembuat lemari. Mesin ini dioperasikan di Indonesia pada tahun 1867 yaitu ketika Hindia Belanda mencetak tiket Semarang-Solo-Yogyakarta dan kemudian untuk mencetak tiket Batavia-Bogor di tahun 1867. Tetapi mesin ini digunakan oleh Staatsspoorwegen tujuan Surabaya-Pasuruan.

 

BACA JUGA : Review, Lokasi, Dan Tiket Masuk Eling Bening Ambarawa

 

Fasilitas Di Museum Kereta Api Ambarawa Semarang

koleksi museum kereta api ambarawa
Photo By : @ristywidihasputri

 

Tak hanya wahana tersebut yang dapat kalian rasakan, melainkan juga fasilitas yang akan kalian dapatkan seperti :

– Musholla
– Warung Oleh-oleh
– Warung Makan
– Pusat Informasi
– Toilet
– Area Parkir

 

BACA JUGA : Review, Lokasi, Dan Harga Tiket Candi Gedong Songo

 

Lokasi Museum Kereta Api Ambarawa Semarang

wisata semarang
Photo By : @elvianael

 

Bagi kalian yang ingin mengunjungi Museum Kereta Api Ambawara ini , kalian dapat mengunjungi lokasi ini di Jalan Stasiun No.1, Panjang, Ambarawa, Semarang, Jawa Tengah 50614.

 

BACA JUGA : Nirwana Stable, Tempat Wisata Yang Unik Di Semarang

 

Harga Tiket Masuk Museum Kereta Api Ambarawa Semarang

wisata semarang
Photo By : @winona_amanda

 

Bagi kalian yang ingin mencoba keseruan di Museum Kereta Api Ambawara ini, tentu kalian harus membayar tiket masuk yang cukup terjangkau , dan berikut ini daftar harga tiket masuk Museum Kereta Api Ambawara :

  • Anak-anak : Rp. 5000
  • Dewasa : Rp. 10.000
  • Tarif Sewa K.A : Rp. 10.000.000 sampai Rp. 15.000.000

 

Jam operasional

 

Jam operasional objek tempat wisata di Semarang yang satu ini ialah Senin-Minggu : 08.00 sampai 17.00 WIB

 

 

Bagaimana? Tertarik untuk berwisata kesini? Semoga jadi tujuan kalian saat berlibur. Jangan lupa share artikel ini agar bisa bermanfaat untuk semua.

 

Terimakasih.
Comments