Review dan Lokasi Kebun Raya Cibodas Cianjur

0 17

Kabupaten Cianjur

adalah salah satu kota yang ada di kawasan Jawa Barat, kota Cianjur ini banyak memiliki keindahan alamnya yang tersembunyi, yetapi ada beberapa nama wisata saja yang sudah di kenal oleh para wisatawan. Cianjur juga memiliki kawasan wisata alam yang indah, tidak kalah dengan tempata wisata yang ada di kota lain. Kebun Raya Cibodas, mungkin masih terdengar sedikit asing. Sedangkan kebun raya Bogor yang namanya terangkat karena berdekatan dengan Istana Bogor yang saat ini sering digunakan oleh presiden. Nah Bagi Kalian yang ingin berkunjung ke kebun raya cibodas di Cianjur ini, berikut kami bagikan informasi seputar lokasi beserta tiket masuk kebun raya cibodas.

 

 

Seputar Kebun Raya Cibodas

Kebun Raya Cibodas
Photo By : @google

 

Nama Kebun Raya Cibodas sebenarnya sudah mempunyai nama sejak zaman dulu, bahkan para ilmuwan mancanegara pun mengakui bahwa kebun raya ini adalah firdausnya Asia. Nama Firdaus merupakan salah satu nama dari surga yang terkenal dengan sangat indah.

 

Kebun Raya Cibodas ini berada di kaki Gunung Gede pangrango dengan ketinggian sekitar 1.275 MDPL. Dengan suhu kurang lebih 17 – 27 derajat celcius. Menurut catatan sejarah, kawasan ini didirikan oleh Johanes Elias Teijsman seorang botani yang berasal dari Belanda. Pada awalnya tempat ini di buka untuk menanam pohon kina. Tetapi, Kina tidak bisa hidup di kawasan yang mempunyai curah hujan 2.380 mm per tahunnya. Oleh karena itu lah kawasan ini pun dirubah dan fokus untuk menanam tumbuhan dataran tinggi basah tropika, seperti tumbuhan runjung dan paku-pakuan.

 

Pohon kina yang datang pada tanggal 11 april 1852 ini dijadikan sebagai hari lahirnya kebun raya cibodas. Dan setiap tanggal 11 april ini kalian bisa berkunjung ke sini dan masuk ke Kebun Raya Cibodas ini dengan gratis.

 

BACA JUGA : 6 Tempat Wisata yang Paling Populer di Cianjur

 

Daya Tarik Kebun Raya Cibodas

Kebun Raya Cibodas
Photo By : @wulanadelan

 

Di tempat ini kalian bisa melihat begitu banyak jenis pepohonan dan tanaman yang hidup yang menjadi sebuah pesona yang sangat menarik. Di tempat ini sekitar 1.206 jenis tanaman hidup yang bisa dilihat oleh kalian. Ada juga sekitar 350 jenis kaktus dan 360 tanaman anggrek yang sangat mempesona, bahkan keindahannya seperti sebuah gitar spanyol yang mampu menggoda setiap orang yang melihatnya. Tanaman yang ada di sini berada di sebuah ruangan kaca yang menjadi wilayah konservasi bagi tanaman-tanaman ini.

 

BACA JUGA : Review, Lokasi, Dan Harga Tiket Little Venice Cianjur

 

1. Pohon Bunga Sakura

Kebun Raya Cibodas
Photo By : @google

 

Kebun Raya Cibodas
Photo By : @google

 

Photo By : @google

 

Di tempat ini kalian bisa melihat kawasan jepang yaitu taman bunga sakura yang cantik sekali. Niasanya jika musim bunga sakura tiba, kalian seperti berada di negara jepang. Dengan adanya Taman Sakura ini cukup menarik dan unik, karena biasanya pohon sakura hanya bisa hidup di tanah yang mempunyai 4 musim. Sedangkan Indonesia yang mempunyai 2 musim saja pohon ini bisa tumbuh dengan cantiknya. Mungkin karena kawasan cibodas ini yang berada di ketinggian diatas 1500 mdpl, sehingga pohon Sakura ini bisa tumbuh, pada awalnya ada sekitar 300 jenis pohon sakura di Cibodas ini, namun hanya tersisa 7 yang mampu bertahan hidup.
Jika kalian ingin melihat kecantikan bunga sakura ini, kalian bisa berkunjung ke sini pada bulan Januari – Februari dan bulan juli – agustus. Di bulan-bulan itulah kalian akan melihat cantiknya pohon bunga sakura ini.

 

2. Curug Cibeureum

Photo By : @google

 

Ternyata buka hanya pepohonan dan bunga saja yang ada di Kebun Raya Cibodas ini, di kebun ini juga ada sebuah air terjun yang bernama Curug Ciebeureum. Untuk menuju curug ini ada sebuah jalan batu yang bisa dinikmati keindahannya oleh kalian. Jalan batu ini akan mengarahkan kalian menuju ke sebuah kolam besar yang berada di kawasan jalan batu yang bernama arauvaria avenue. Saat kalian berjalan melintas ke kawasan ini, disebelah kirinya menjulang tinggi sebuah pohon yang bernama Araucaria. Menurut warga setempat, pohon ini merupakan pohon tertua di kawasan ini dengan usia sekitar 150 tahun, atau sudah berada di kebun ini sejak tahun 1866.

 

3. Taman Lumut

Photo By : @google

 

Di tempat ini juga ada Taman lumut, taman yang ditumbuhi banyak lumut sekitar 235 jenis lumut yang bisa kalian lihat di tempat ini, dengan adanya tanaman ini membuat tempat ini terlihat masih asri dengan keindahan alamnya.

 

4. Taman Rhododendron

Kebun Raya Cibodas
Photo By : @google

 

Di tama ini ada semua tanaman dari negara seperti Tanaman dari Indonesia, Jepang, dan Cina. Pastinya kalian juga tidak mau melewatkan kawasan inikan. Di tempat ini ada juga jalan air yang merupakan arus dari sungai cibogo, air sungai ini begitu jernih, begitu sejuk dan menjadi tempat bermain anak-anak. Di taman ini juga ada Bunga bangkai yang berbunga 4 tahun sekali. Bunga ini terakhir berbunganya pada tahun 2000. Bungan bangkai ini tumbuh dengan tinggi lebih dari 3 meter. Bukan hanya Bunga bangkai, di tempat ini juga ada setidaknya 34 tumbuhan paku yang bisa dimanfaatkan sebagai obat-obatan, bahan makanan, dan bisa juga di jadikan bahan media tanam. Di tempat ini juga ada sebuah kolam besar yang didirikan pada tahun 1901.

 

Alamat Kebun Raya Cibodas

Photo By : @wulanadelan

 

Jika kalian ingin berkunjung ke Kebun Raya Cibodas Cianjur, lokasi tempat wisata yang satu ini berada di jalan kebun raya cibodas, Cimacan, Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa barat.

 

BACA JUGA : 8 Curug Yang Cantik dan Mempesona di Cianjur

 

Cara Menuju Lokasi

 

Jika kalian menggunakan kendaraan umu kalian bisa menggunakan kerata api listrik menuju ke stasiun Bogor, dari Stasiun Bogor naik angkot dari bubulak-baranansiang. Dari terminal ini kalian bisa naik colt dan turn di pertigaan cibodas. Setelah itu kalian bisa lanjutkan perjalanan lagi naik angkot kuning yang akan mengantarkan kalian menuju ke Kebun raya Cibodas.

 

Jika kalian ingin menggunakan kendaraan pribadi, kalian bisa memilih rute bogor – perkebunan teh dan Puncak Pas. Setelah sampai di pertigaan paragajen, arahkan kendaraan kalian menuju kearah cibodas. Apabila kalian berasal dari bandung kalian bisa mengikuti jalan menuju kearah cibodas melalui jalan menuju ke rumah sakit cimacan, setelah pertigaan paragajen belok ke kiri hingga menuju ke lokasi.

 

BACA JUGA : 6 Wisata Kuliner Cianjur Yang Khas dan Lezat

 

Harga Tiket masuk Kebun Raya Cibodas

 

Untuk dapat memasuki taman ini kalian harus membayar tiket masuk terlebih dahulu yang bisa dikatakan cukup murah. Dan berikut harga tiket masuk ke kebun raya cibodas:

 

  • Tiket masuk sebesar Rp 16.500,00- per orangnya.
  • Untuk parkir mobil sebesar Rp 10.000,00-
  • Untuk parkir motor sebesar Rp 5000,00

 

Biaya tiket ini sudah termasuk dengan biaya asuransi jasa raharjanya.

 

 

Nah bagaimana? Apa kalian tertarik untuk berwisata ke Kebun Raya Cibodas? Jangan lupa Like and share agar menjadi lebih bermanfaat, Terima kasih.

Selamat berwisata 🙂
Comments