Review, Lokasi, Dan Tiket Masuk Candi Ratu Boko Jogja

0

Yogyakarta

merupakan salah satu Provinsi dan menjadi Daerah Istimewa di Indonesia. Jogja ini terkenal akan objek wisata alam nya yang begitu indah dan mempesona. Tapi selain itu juga, Jogja ini mempunyai banyak sekali objek  tempat wisata sejarah berupa candi, salah satunya yaitu Candi Ratu Boko. Dan berikut ini kami bagikan informasi nya, mulai dari lokasi, fasilitas hingga tiket masuk ke Candi Ratu Boko Jogja ini.

 

 

Mengenal Candi Ratu Boko Jogja

candi ratu boko
Photo By : @rdwitiara

 

Candi Ratu Boko masih bisa terlihat dengan jelas walau bangunannya sudak tidak utuh lagi. Candi ini memiliki 3 pintu masuk yang berbeda. Pertama pintu dari arah barat, kedua pintu dari arah timur, dan yang ketiga pintu dari arah tenggara. Dalam sejarah, candi ini diyakini sebagai istana atau keraton dari Raja Mataram yang mempunyai nama Ratu Boko. Ratu Boko ini dipercaya merupakan ayah dari Roro Jonggrang. Candi ini memiliki lahan seluas 160.898 m2 atau setara dengan 16 hektar. pengunjung dapat menemukan peninggalan sejarah seperti gapura, ruang pembakaran, ruang pemandian, dan arca yang meliliki cerita histori tersendiri.

 

BACA JUGA : Review, Lokasi, Dan Tiket Masuk Candi Sambisari Jogja

 

Objek Di Candi Ratu Boko Jogja

wisata jogja
Photo By : @rdwitiara

 

Terdapat berbagai macam objek diwisata ini antaranya :

 

1. Pintu Sebelah Barat

 

Yang pertama Pintu Sebelah Barat. Pintu sebelah barat ini merupakan pintu masuk utama wisata Candi. Jika masuk melalui pintu sebelah barat maka pengunjung akan menemukan sebuah candi bernama Candi Batu Putih. Selain itu di area ini juga terdapat area pembakaran dan tempat penampungan air, serta prasasti Panabwara yang menceritakan kisah dari Rakai Panabwara yang merupakan keturunan dari Rakai Panangkaran.

 

2. Pintu Sebelah Tenggara

 

Yang kedua Pintu Sebelah Tenggara. Disini Pengunjung akan melihat sisa-sisa istana yang telah runtuh akibat gempa Jogja dan juga faktor usia. Di area ini pengunjung dapat melihat pendopo, kolam keputren, batur keputren, dan batur candi.

 

3. Pintu Sebelah Timur

 

Yang ketiga Pintu Sebelah Timur. Dari sebelah timur pengunjung akan menemukan pondasi yang berasal dari bebatuan kapur. Pengunjung juga akan melihat gua wadon dan gua lanang serta area kolam penampungan. Serta ada benda yang terbuat dari batu andesit dengan panjang 22,6 meter dan lebar 22,3 meter serta memiliki tinggi 3,82 meter.

 

4. Sumur

 

Yang keempat Sumur. Terdapat sumur berukuran 2,3 meter dan lebar 1,8 meter dengan kedalaman mencapai sekitar 2 meter.

 

5. Paseban

 

Yang kelima Paseban. Objek ini terdiri dari 2 batur. Batur yang pertama 24,6 meter dan lebar 13,3 meter serta tinggi sekitar 1 meter. Batur yang kedua 24,4 meter dan lebar 13,34 meter dan memiliki tinggi sekitar 0,8 meter. Paseban ini dijadikan ruang tunggu bagi para tamu yang ingin menemui sang raja.

 

6. Keputren

 

Yang keenam Keputren. Kuputren atau biasa disebut sebagai kolam.

 

7. Sunset

 

Yang ketujuh Sunset. Kita juga dapat melihat sunset dari Candi ini.

 

8. Camping Ground

 

Di Candi Ratu Boko ini disediakan tempat Camping bagi pengunjung yang ingin bermalam diwisata ini.

 

BACA JUGA : Candi Prambanan – Review, Lokasi, Dan Harga Tiket Masuk

 

Fasilitas Di Candi Ratu Boko Jogja

candi ratu boko
Photo By : @evlnlarisa

 

Tak hanya wahana tersebut yang dapat kalian rasakan, melainkan juga fasilitas yang akan kalian dapatkan seperti :

 

– Musholla
– Ratu Boko Resto
– Toko Souvenir
– Pusat Informasi
– Toilet
– Plaza Anrawina
– Area Parkir

 

BACA JUGA : The Lost World Castle Jogja, Review dan Harga Tiket

 

Lokasi Candi Ratu Boko Jogja

candi ratu boko
Photo By : @debbieserafina15

 

Bagi kalian yang ingin mengunjungi objek tempat wisata sejarah di Jogja yang satu ini , kalian dapat mengunjungi lokasi ini di Desa Sambirejo, Bokoharjo, Prambanan, Sleman, Yogyakarta.

 

BACA JUGA : 11 Tempat Wisata Yang Keren dan Menarik di Sleman

 

Harga Tiket Masuk Candi Ratu Boko Jogja

wisata jogja
Photo By : @rdwitiara

 

Bagi kalian yang ingin memasuki objek tempat wisata sejarah di Jogja yang satu ini, tentu kalian harus membayar tiket masuk yang cukup terjangkau , dan berikut ini daftar harga tiket masuk Candi Ratu Boko :

 

  • Anak-anak : Rp. 20.000
  • Dewasa : Rp. 40.000
  • Parkir Motor : Rp. 3000
  • Parkir Mobil : Rp. 5000

 

Jam operasional

 

Jam operasional objek tempat wisata sejarah di Jogja yang satu ini ialah : Senin-Minggu : 06.00 sampai 17.00 WIB.

 

 

Bagaimana? Tertarik untuk berwisata kesini? Semoga jadi tujuan kalian saat berlibur. Jangan lupa share artikel ini agar bisa bermanfaat untuk semua.

 

Terimakasih.
Comments