Review, Lokasi, Dan Tiket Masuk Air Terjun Sri Gethuk

0

Gunungkidul

memang terkenal dengan wisata pantainya yang indah. Selain pantai Yogyakarta juga memiliki Wisata alam lainnya yang berupa air terjun yang tak kalah indah dari pantai-pantainya. Salah satu objek tempat wisata alam air terjun di Gunungkidul yang indah yaitu Air Terjun Sri Gethuk, Nah bagi kalian yang sedang berada di Jogja tepatnya di Gunungkidul ini, maka objek wisata air terjun yang satu ini dapat kalian nikmati dan juga harga tiket masuk ke Air Terjun Sri Gethuk Jogja ini sangat murah. Berikut informasinya.

 

 

Mengenal Air Terjun Sri Gethuk Jogja

air terjun sri gethuk
Photo By : @photoparse.blogspot.com_

 

Air Terjun ini adalah duplikat dari air terjun Grand Canyon yang ada di utara Arizon Amerika Serikat. Arti nama dari Sri Gethuk adalah berasal dari kata kethuk yang berarti alat musik tehuk yang ada di salah satu gamelan yang dimiliki oleh Jin Anggo Meduro dan dahulu di simpan di lokasi wisata. Terdapat bebatuan yang tersusun secara rapi dan alami, serta air sungai yang sangat bening. Itulah yang menjadi daya tarik dari air terjun ini. Panorama kejernihan air terjun Sri Gethuk mengalir diantara tebing – tebing tinggi yang kurang lebih memiliki ketinggian sekitar 50 m. Air tersebut berasal dari 3 mata air yaitu mata air Ngandong, Ngumbul, dan Dong Poh.
Tak jarang ada pengunjung yang menemukan atau dapat melihat keindahan pelangi yang melintas tepat di atas aliran air terjun yang cukup deras.

 

BACA JUGA : 9 Tempat Wisata Yang Populer di Gunungkidul

 

Wahana Di Air Terjun Sri Gethuk Jogja

 

Terdapat berbagai macam wahana diwisata ini antaranya :

 

1. Menyusuri Sungai Oya

air terjun sri gethuk
Photo By : @tiwi_tiwii

 

Wahana yang pertama Menyusuri Sungai Oya. Air terjun yang mengalir dengan derasnya dari puncak bukit melewati 6 tingkat lebih bebatuan sebelum akhirnya sampai ke sungai ini. Ketika melihatnya saja kita sudah akan merasakan kesegaran yang tercipta dari percikan air yang ada walaupun belum sempat menyentuhnya. Apalagi jika pengunjung sudah menyentuh airnya, pengunjung akan merasakan kesegaran yang tiada tara.

 

Selain itu kalian juga dapat menyusuri Sungai Oya dari hilir ke hulu atau melawan arus dengan menggunakan rakit yang terbuat dari papan dan drum bekas. Terdapat juga bebatuan dengan kurang lebih 6 tingkatan dengan berbagai bentuk dan ukuran seperti ornamen yang dipahat oleh alam dan terhampar di sungai. Terdapat pula batu halus dengan warna pualam mirip dengan yang menghiasi kolam di kolam renang mewah.

 

2. Tracking

 

Wahana yang kedua Tracking. Sebelum sampai ke lokasi utama air terjun Sri Gethuk pengunjung sudah harus melakukan aktifitas trecking yang seru yang dapat kalian nikmati mulai dari tempat parkir kendaraan.Kira-kira sejauh 450 m yang akan ditempuh melalui sungai kecil, hamparan pepohonan yang asri, dan pohon kelapa.

 

3. Berenang

air terjun sri gethuk
Photo By : @enaknyakemana.com_

 

Wahana yang ketiga Berenang. Tak lengkap jika berkunjung ke air terjun tanpa mencoba kesegaran airnya. Maka di sini kalian di perbolehkan untuk berenang di kolam bawah air terjun atau di sungainya sekalipun. Namun pengunjung tetap harus tetap berhati-hati.

 

4. Cliff Jumping

 

Wahana yang keempat Cliff Jumping. Pengunjung dapat melakukan Cliff Jumping yang dapat memacu adrenalin anda. Caranya kalian naik ke batu yang ada dengan hati-hati lalu melompat dan menceburkan diri di kedalaman Sungai Oya. Ketinggiannya pun antara 3 – 5 meter.

 

5. Body Rafting atau River Tubing

 

Wahana yang kelima Body Rafting atau River Tubing. Aktifitas ini adalah aktifitas menceburkan diri di permukaan air sunggai dengan menggunakan pelampung. Pengunjung diam dan hanyut mengikuti arus sungai. Saat yang tepat melakukan aktifitas ini adalah ketika kalian akan pulang. Dengan melakukan ini pengunjung dapat sampai ke lokasi keberangkatan dan tidak perlu susah-susah untuk melewati jalan tracking tadi.

 

6. Canyoning

 

Wahana yang keenam Canyoning. Canyoning merupakan aktifitas turun tebing menggunakan tali kernmantledi. Aktifitas untuk pengunjung yang menykai tantangan dan memacu adrenalin karena ada tantangan dan ketegangan tersendiri yang dapat tercipta.

 

7. Spot Foto

 

Wahana yang ketujuh Spot Foto. Ada pula beranekaragam spot foto bertemakan alam yang dapat digunakan sebagai background foto.

 

8. Perahu

 

Wahana yang terakhir Perahi. Perahu ini ada untuk memfasilitasi para pengunjung yang ingin mengexplor air terjun Sri Gethuk lebih dalam dengan mengelilinginya.

 

BACA JUGA : Menikmati Keindahan Objek Wisata Goa Pindul Jogja

 

Fasilitas Di Air Terjun Sri Gethuk Jogja

wisata jogja
Photo By : @rohaeni5210

 

Tak hanya wahana tersebut yang dapat kalian rasakan, melainkan juga fasilitas yang akan kalian dapatkan seperti :

– Musholla
– Toilet
– Warung Makan
– Toko Oleh-Oleh

 

BACA JUGA : Indahnya Objek Wisata Pantai Baron Yogyakarta

 

Lokasi Air Terjun Sri Gethuk Jogja

wisata jogja
Photo By : @dedekurniawan_24

 

Bagi kalian yang ingin mengunjungi Air Terjun Sri Gethuk ini , kalian dapat mengunjungi lokasi ini di Dusun Menggoran, Desa Bleberan, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta 55783.

 

BACA JUGA : Review Dan Lokasi Queen of South Resort Jogja

 

Harga Tiket Masuk Air Terjun Sri Gethuk Jogja

wisata jogja
Photo By : @dedekurniawan_24

 

Bagi kalian yang ingin mencoba keindahan di objek tempat wisata alam Jogja ini, tentu kalian harus membayar tiket masuk yang cukup terjangkau , dan berikut ini daftar harga tiket masuk Air Terjun Sri Gethuk :

  • Tiket Masuk : Rp. 15.000
  • Parkir Motor : Rp. 3000
  • Parkir Mobil : Rp. 5000
  • Perahu : Rp. 10.000
  • Pelampung : Rp. 10.000
  • Canyoning : Rp. 15.000
  • Menyusuri Sungai : Rp. 30.000
  • Paket Lengkap : Rp. 50.000

 

Jam operasional

Untuk Jam operasional, objek tempat wisata alam di Gunungkidul Jogja ini ialah Senin-Minggu : 08.00 sampai 16.00 WIB.

 

 

Bagaimana? Tertarik untuk berwisata kesini? Semoga jadi tujuan kalian saat berlibur. Jangan lupa share artikel ini agar bisa bermanfaat untuk semua.

 

Terimakasih.
Comments
Loading...