Kampung Naga, Wisata Budaya Favorit di Tasikmalaya

0

Tasikmalaya

merupakan salah satu Kota di Provinsi Jawa Barat yang mana lokasinya cukup berdekatan dengan Kabupaten Garut. Nah di Tasikmalaya ini juga sob terdapat banyak sekali objek tempat wisata yang cukup menarik. Ada salah satu objek tempat wisata di Tasikmalaya ini yang merupakan perkampungan tradisional yang terkenal karena kearifan lokalnya, dan kampung tersebut bernama Kampung Naga. Langsung saja sob, berikut kami bagikan informasinya, mulai dari daya tarik, lokasi, hingga harga tiket masuk ke Kampung Naga di Tasikmalaya ini.

 

 

Mengenal Kampung Naga

Kampung Naga
Photo By : @yudirisdianto

 

Kampung Naga merupakan salah satu objek tempat wisata di Tasikmalaya yang mana masih mempertahankan kearifan lokal dan budayanya. Pada awalnya sob, objek tempat wisata Kampung Naga di Tasikmalaya yang satu ini ditutup untuk orang luar, karena mereka tidak mau kehidupan mereka dipengaruhi oleh gaya kehidupan luar. Namun karena banyaknya orang – orang yang tertarik dan sangat suka dengan tempat ini, lama  kelamaan mereka sedikit menerima.

 

Nah di objek tempat wisata yang satu ini sob, terdapat 2 hutan, yaitu hutan larangan yang terletak di sebelah timur pemukiman dan hutan keramat di arah barat. Jadi lokasi objek tempat wisata Kampung Naga ini sob diapit oleh dua bukit dan di sisi Sungai Ciwulan. Hutan Larangan ini sob merupakan tempat yang sama-sekali dilarang untuk diinjak oleh siapa pun, khususnya warga Kampung Naga. Jangankan memasukinya, menginjakkan sebelah kaki pun merupakan merupakan pantangan yang sangat keras. Sedangkan hutan Keramat merupakan sumber kekuatan sakral kehidupan keseharian mereka.

 

BACA JUGA : Pantai Karang Tawulan, Review dan Harga Tiket Masuk

 

Hal Menarik di Kampung Naga

Kampung Naga
Photo By : @aji_ghani89

 

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya sob, bahwa Kampung Naga ini merupakan tempat yang unik dan menarik. Nah hal menarik tersebut akan kalian temukan kala berkunjung kesini. Adapun hal menarik yang dapat kalian temukan disini yaitu :

 

  • Kampung Di Bawah Bukit

 

Hal menarik yang akan kalian temukan kala berkunjung ke tempat ini sob yaitu bahwa lokasinya berada di bagian tebing. Namun disini kalian akan disuguhkan dengan suasana alami dan penuh ketenangan. Ditambah lagi, mayoritas warga di kampung ini bermata pencaharian sebagai petani. Sehingga hamparan sawah hijau yang luas akan menyambut pengunjung ketika datang ke tempat ini.

 

  • Tidak Ada Jaringan Listrik

 

Hal menarik selanjutnya yang akan kalian temukan disini sob yaitu tidak adanya aliran listrik. Suasana malam yang remang-remang menjadi hal yang biasa di sini. Kondisi kampung tanpa penerangan listrik memang menjadi pilihan masyarakat setempat. Hal ini mereka lakukan sebagai cara untuk menjaga tradisi para leluhurnya.

 

  • Desain Rumah Yang Unik

 

Hal menarik selanjutnya sob yaitu desain rumahnya yang begitu unik. Dimana terbuat dari bahan-bahan, seperti kayu, bambu, dan atap dari daun nipah ataupun ijuk. Selain itu sob, didalam rumahnya itu kalian tidak akan menemukan kursi, meja, tempat tidur, atau perabotan lain. Dan yang paling menariknya lagi sob yaitu rumah hanya diperbolehkan menghadap ke arah utara dan selatan sehingga jika kita saksikan cukup rapih.

 

  • Jumlah Bangunan Yang Tetap

 

Yang terakhir sob yaitu kalian hanya akan menemukan bangunan dengan sebanyak 113 bangunan saja. Dimana 110 bangunan merupakan tempat tinggal serta, 3 bangunan untuk fasilitas umum, seperti; balai pertemuan, lumbung padi, dan masjid.

 

BACA JUGA : 9 Tempat Wisata Yang Terfavorit di Tasikmalaya

 

Lokasi

Kampung Naga
Photo By : @wimalayatour

 

Nah sob bagi kalian yang tertarik untuk berkunjung ke objek tempat wisata yang satu ini, kalian dapat menemukan lokasinya yang terletak di desa Neglasari, Kecamatan Salawu, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat.

 

BACA JUGA : 8 Curug Yang Begitu Mempesona di Tasikmalaya

 

Harga Tiket Masuk Kampung Naga

wisata tasikmalaya
Photo By : @willynugrahaa

 

Adapun mengenai harga tiket masuknya sob, karena sebenarnya tempat yang satu ini bukanlah objek wisata jadi tidak ada tiket masuk alias gratis. Namun alangkah baiknya sobat yang berkunjung kesini membeli oleh-oleh berupa cenderamata khas dari Kampung Naga sebagai bentuk kontribusi untuk perekonimian mereka.

 

BACA JUGA : 9 Tempat Kuliner Favorit dan Legendaris di Tasikmalaya

 

Jam Operasional

wisata tasikmalaya
Photo By : @amanda.fadiaa

 

Sedangkan untuk jam operasionalnya sob, tempat yang satu ini dibuka setiap hari, selama 24 jam. Kalian juga dapat menginap, dengan terlebih dahulu meminta ijin.

 

 

Demikian itulah informasi mengenai objek tempat wisata Kampung Naga di Tasikmalaya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat serta dapat menjadi sumber referensi. Jangan lupa juga untuk share artikel ini ya sob.

 

Selamat berwisata 🙂
Comments