5 Wisata Kuliner Khas Yang Wajib di Coba di Magetan

0 13

Magetan

adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Timur. Magetan mempunyai beberapa tempat wisata yang selalu banyak dikunjungi. Mulai dari gunung, talaga, air terjun, candi dan masih banyak lagi. Selain terkenal dengan tempat wisatanya, magetan juga memiliki beberapa wisata kuliner nya yang khas yang enak dan lezat. Makanan tersebut antaralain :

 

 

1. Bakso Granat Barat

kuliner magetan
Photo By : @hobi_bakso

 

Wisata kuliner khas Magetan yang wajib dicoba pertama adalah asdaas. Jika berbicara tentang bakso maka telinga kita sudah tak asing mendengarnya. Magetan punya bakso khas sendiri yang rasanya begitu wah. Bakso granat merupakan bakso yang berukuran besar. Mugkin untuk sekarang sudah banyak bakso yang berukuran besar. Namun yang pertama kali ada yaitu bakso granat khas magetan ini. Bakso granat mempunyai rasa yang khas dan kuahnya yang kental, rasa dagingnya yang begitu terasa menjadikan bakso ini semakin lezat.

 

2. Ayam Panggang Bu Setu Gandu

kuliner magetan
Photo By : @kulinerhaujekrek

 

Wisata kuliner khas Magetan yang wajib dicoba selanjutnya adalah asdaas. Ayam Panggang Bu Setu Gandu terletak di Jl. Cokroaminoto 165, di Desa Gandu, Kecamatan Karangrejo, Kabupaten Magetan, Jawa Timur. Buka dari pagi sekitar pukul 08:00 sampai malam 21:00. Ayam panggang bu setu gandu ini menyajikan ayam kampung asli dan ayam pedaging. Ayam panggang bu setu gandu ini sudah legendaris dari tahun 1991. Yang membuat rasa ayam panggang ini beda dari yang lain yaitu proses memasaknya masih begitu tradisional. Menggunakan tungku tanah dan api yang berasal dari kayu. Dan kayu yang digunakan adalah khusus seperti halnya kayu jati ataupun yang memiliki tekstur keras.

Proses pembuatan ayam panggang ini pun di lakukan dengan dua kali proses, yaitu Pertama, ayam dipanggang pada tungku khusus di lokasi terpisah. Selanjutnya saat ayam setengah matang, dibumbu. Lalu dipanggang di tungku lain sampai matang dengan merata. Untuk mencicipi ayam panggang ini andaharga yang di bandrol mulai dari Rp75.000 sampai – Rp85.000 per ekor.

 

3. Tepo Tahu

kuliner magetan
Photo By : @kulinerhitsmagetan

 

Wisata kuliner khas Magetan yang wajib dicoba selanjutnya adalah asdaas. Tepo tahu magetan merupakan makanan yang dibbuat dari lontong dengan campuran sayur seperti taoge, sayur bayam, kangkung, kubis dan lainnya. Tepo ini memiliki cita rasa yang khas. Tepo ini ada dua jenis penyajian, yang pertama menggunakan sayur sambal dan yang kedua menggunakan sambal pecel. Di dalam tepo ini juga dikasih irisan tahu, kerupuk dan kikil sappi.

 

Tepo Tahu memiliki rasa yang khas yaitu manis, asam dan gurih saat mencicipi kuahnya. Makanan tersebut, hasil perpaduan dari berbagai macam bahan baku seperti tahu, tepo atau lontong, kacang tanah goreng, cabai, bawang putih, garam, daun jeruk, air gula dan kecap.

 

BACA JUGA :

 

6 Destinasi Wisata Yang Menarik di Kutai Barat

 

5 Tempat Wisata Yang Paling Populer di Mukomuko

 

5 Tempat Wisata Yang Menarik Dikunjungi Di Kepahiang

 

9 Tempat Wisata Yang Menarik di Bengkulu Utara

4. Sempolan

kuliner magetan
Photo By : @bubblepipi_group

 

Wisata kuliner khas Magetan yang wajib dicoba selanjutnya adalah asdaas. Sempolan yaitu cilok ayam yang ditusuk pakai tusukan sate dan digoreng menggunakan telur. Berbahan utama tepung terigu dan tepung kanji yang dijadikan adonan ditambah dnegan bumbu-bumbu rempah seperti garam dan cabai, dalam adonan tepung bisa juga ditambahakan daging ayam giling.Setelah digoreng setengah matang, sempolan dicelupkan kedalam kocokan telur kemudian digoreng kembali. Sempolan disajikan seperti sate karena ditusuk pada tusuk bambu. Rasanya kenyal dan enak, lebih nikmat ditambah kecap dan saus lalu dinikmati.

 

5. Sate Kelinci

kuliner magetan
Photo By : @sate_kelinci_kumandang

 

Wisata kuliner khas Magetan yang wajib dicoba selanjutnya adalah asdaas. Jika pada umumnya sate menggunakan daging ayam, kambing dan sapi namun berbeda dengan kota magetan. Magetan punya sate khas sendiri yang terbuat dari daging kelinci. Sate kelinci tersaji dengan irisan bawang merah mentah pada satu porsinya. Dengan didukung perpaduan bumbu sate yang agak kehitaman karena porsi takaran pemberian kecap yang lebih banyak. Mengenai rasa daging pada sate kelinci mirip dengan daging ayam. Namun, yang bikin sate kelinci ini berbeda rasa dan lebih nikmat dari sate ayam, adalah pada tekstur lembut daging kelinci.

 

Nah itulah beberapa makanan khas magetan yang mampu membuat anda ketagihan. Jika anda sedang berada di magetan, jangan lupa kunjungi tempat-tempat tersebut untuk mencicipi makananya. Jangan lupa juga untuk membagikan artikel ini.

 

Selamat menikmati 🙂
Comments